2 DAYS ONLY FLASH SALE 5.5
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 99K!

1 Hari 12 Jam 56 Menit 7 Detik

Step Tugas Data Scientist yang Perlu Diketahui

Belajar Data Science di Rumah 13-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-senin-02-2024-05-13-203519_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman, apakah kalian mengetahui belakangan ini profesi apa saja yang sedang naik daun? Ya, salah satunya adalah data scientist. Selain data scientist tent masih ada banyak profesi yang berkaitan dengan hal itu, seperti data analyst, data engineer, software engineer, dan masih banyak lainnya. Untuk menjadi data scientist profesional, tentu kita perlu mengetahui apa saja tugas data scientist agar bisa menentukan langkah tepat apa yang bisa diambil selanjutnya.


Data scientist atau biasa dikenal dengan ilmuwan data merupakan sebuah profesi yang secara umum bertanggung jawab terhadap data mulai dari mengumpulkan data sampai proses pengambilan keputusan. Profesi data scientist ini banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan. Pada artikel kali ini kita akan mengetahui apa saja tugas data scientist yang perlu dilakukan. Yuk, simak bersama-sama!


1. Mengumpulkan Data

Data adalah bagian penting dalam suatu perusahaan. Saat ini proses pengumpulan data bisa diperoleh dari mana saja, baik secara online maupun offline. Pengumpulan data dapat dilakukan menggunakan berbagai cara seperti observasi (melakukan pengamatan dan pencatatan), kuesioner atau angket (mengajukan beberapa pertanyaan kepada responden), interview atau wawancara (secara tatap muka), dan mengambil dari dokumen atau catatan tertentu.

Data Scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Melakukan Penelitian

Seorang data scientist juga memiliki tugas untuk melakukan kegiatan penelitian yang salah satunya berguna untuk update terhadap perkembangan data. Kegiatan penelitian memiliki berbagai manfaat seperti menyelidiki keadaan diri, mendapatkan dan memberikan informasi untuk memecahkan masalah, dapat mengembangkan ilmu data scientist atau lainnya. Bagi seorang data scientist, melakukan kegiatan penelitian ini bisa bermanfaat dalam proses pengembangan data dan mencoba beberapa hal terkait algoritma data scientist yang bisa diterapkan.

Data Scientist


3. Menganalisis Data

Data scientist merupakan suatu profesi yang bertugas untuk menganalisis big data dengan menggunakan algoritma machine learning tertentu. Algoritma yang digunakan pun terdiri dari berbagai macam namun dipilih dan disesuaikan dengan jenis data dan tujuan penelitian. Dengan menganalisis data, data scientist akan dapat mengetahui kesimpulan atau poin penting yang nantinya dapat digunakan untuk memenuhi tujuan perusahaan dan mengembangkan bisnis perusahaan. 

Data Scientist


4. Visualisasi Data

Visualisasi data adalah suatu bentuk tampilan visual hasil analisis data yang dibuat agar lebih mudah dimengerti oleh pembaca. Walaupun saat ini trend data scientist meningkat, masih banyak orang yang belum paham atau belum bisa membaca hasil analisis data. oleh karena itu hasil analisis data tersebut perlu dikelola dengan sebaik mungkin dan dikemas dengan tampilan yang menarik dan mudah dipahami. Saat ini tools visualisasi data untuk data scientist pun telah banyak tersedia dengan berbagai fitur yang menarik.

Data Scientist


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


Data scientist merupakan suatu profesi yang kini banyak diperlukan di berbagai bidang. Untuk menjadi seorang data scientist tentu perlu menguasai beberapa skill yang perlu digunakan. Kamu bisa mempelajari beberapa skill data scientist di DQLab


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login