FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 76 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 4 Jam 1 Menit 56 Detik 

String Split dalam Python untuk Membagi Data Teks

Belajar Data Science di Rumah 18-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/c3f46f7328fec56b9ee534dde412ce22_x_Thumbnail800.jpeg

Salah satu hal yang menarik dari Python adalah kemampuan untuk melakukan manipulasi data. Proses manipulasi data menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan agar bisa menyiapkan data untuk dianalisis. Ada banyak jenis data yang bisa diolah dalam Python, salah satunya adalah string. Python memiliki banyak fungsi yang bisa digunakan untuk mengolah data string, mulai dari yang digunakan untuk menggabungkan data, mengubah huruf kapital, memisahkan data, dan masih banyak lagi.


Fungsi split pada Python merupakan salah satu fungsi yang akan sering digunakan untuk mengolah data dalam bentuk teks. Fungsi split dapat membantu kita untuk membagi string yang panjang menjadi ukuran yang lebih kecil. Hasilnya pun akan berbentuk list. Dalam artikel ini kita akan membahas berbagai fungsi split yang bisa digunakan tergantung dengan keadaannya. Penasaran apa aja? Yuk, simak pembahasan berikut!


1.Cara Kerja Fungsi Split pada Python

Untuk menggunakan split pada Python, kita tentu saja harus memahami cara kerja nya, yaitu:

  • Fungsi split() bekerja dengan memindai string atau baris yang diberikan berdasarkan pemisah yang diteruskan sebagai parameter ke fungsi split().

  • Jika pemisah tidak diteruskan sebagai parameter ke fungsi split(), spasi putih dalam string atau baris yang diberikan dianggap sebagai pemisah oleh fungsi split().

  • Kita bisa menentukan berapa kali string atau baris tertentu harus dipecah menggunakan fungsi split(). Jika kita tidak menentukan nilai ini, seluruh string atau baris akan dipindai dan dipisahkan berdasarkan separator yang digunakan.

  • Fungsi split() mengembalikan substring sebagai elemen list.


Baca juga : Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


2.Fungsi Split()

Fungsi split dalam Python akan mengubah string berdasarkan spesifik separator, dan outputnya akan dihasilkan dalam bentuk list. Bentuk umum syntax split() adalah:


str.split(separator, maxsplit)


Dimana,


Separator (opsional): merupakan pemisah antar kata, bisa berbentuk koma, titik, dll. Jika tidak ada maka akan digantikan dengan whitespace.


Maxsplit (opsional): Jumlah maksimum split akan dilakukan.


Kita bisa mulai dengan coba praktekkan fungsi split dengan spasi tanpa mendefinisikan maxsplit. Kita bisa menuliskan spasi diantara tanda petik atau separatornya.


Python

Python


Kita bisa melihat bahwa data awal akan dibagi menjadi 4 kata sesuai dengan jumlah kata yang dimiliki oleh kalimat yang ada di data awal. 


Sekarang kita coba bandingkan dengan penggunaan maxsplit, misalkan kita menentukan maxsplitnya di angka 2.


Python


Maka pada outputnya kita akan melihat bahwa kalimat yang ada akan dibagi menjadi 3 bagian, dimana dua kata awal akan dipisah, sementara sisanya akan digabungkan. Untuk lebih lengkapnya kita bisa lihat di output berikut ini:


Python


3.Fungsi rsplit()

Pada split, kita akan memisahkan data dari kiri. Hal ini akan terasa jelas ketika kita menggunakan maxsplit. Lalu bagaimana jika kita ingin memisahkan data dari kanan? Kita bisa memanfaatkan fungsi rsplit(). Bentuk dari syntax rsplit mirip dengan fungsi split().


Mari kita lihat perbedaan jika kita memisahkan data dengan menggunakan rsplit() dengan maxsplitnya adalah 2.


PythonPython


Kita bisa melihat disini, jika hasil split tetap akan dibagi menjadi 3 bagian, namun dipisahkan dari kanan, sehingga kata “banyak” dan “orang” akan berdiri sendiri, namun dua kata di awal, yaitu “Python disukai” masih menjadi satu kesatuan.


4.Fungsi Splitlines()

Pada fungsi split() dan rsplit() yang ada di poin 2 dan 3, kita melihat bahwa data yang digunakan berada dalam satu baris yang sama. Tapi kalau barisnya berbeda apakah masih bisa menggunakan cara yang sama? Tenang saja, kita bisa memanfaatkan fungsi splitlines() untuk memisahkan data berdasarkan line nya.


Misalkan kita menuliskan data awal yang ada di line 2 sampai 4, kita akan mencoba memisahkannya bedasarkan barisnya, sehingga outputnya akan berupa list yang isinya 3 item.


PythonPython


Dilihat dari output ini, kita bisa melihat bahwa data terpisah menjadi 3 bagian sesuai dengan barisnya masing-masing.


Baca juga : Array Python : Array VS List Serupa Namun Tak Sama, Yuk, Kenali Perbedaannya


Python bisa melakukan banyak sekali pekerjaan, mulai dari pekerjaan sederhana seperti ini hingga yang lebih rumit seperti penggunaan Machine Learning, Deep Learning, dll. Sehingga tidak heran jika bahasa ini menjadi favorit banyak orang.


Sahabat DQ bisa mempelajari coding Python yang lebih mendalam dan detail dengan mengakses modul Premium yang tersedia di DQLab. Ada banyak sekali pembahasan yang dituang dalam berbagai modul dengan menggunakan bahasa pemrograman Python. Tidak hanya itu, begitu Sahabat DQ berlangganan modul premium, maka kalian juga bisa menikmati modul pembelajaran dengan menggunakan bahasa pemrograman lainnya, seperti R dan SQL.


Namun bagi kamu si pecinta gratisan, tenang saja. DQLab juga sudah menyediakan free modul yang bisa kamu jadikan dasar pembelajaran Python mu. Yuk, tunggu apa lagi? Buruan sign up di DQLab!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :