SUPER MID-YEAR SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K!

0 Hari 2 Jam 36 Menit 48 Detik

Switch Karir Jadi Data Engineer dengan 5 Skill Ini

Belajar Data Science di Rumah 22-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/kv-2-banner-longtail-selasa-04-2023-09-23-093637_x_Thumbnail800.jpg

Pernahkah Anda merasa bahwa saatnya untuk mencari arah karir yang baru dan menantang? Salah satu bidang yang semakin populer dan menawarkan peluang yang menarik adalah Data Engineer.


Anda mungkin bertanya-tanya, apakah mungkin beralih ke bidang ini jika Anda tidak memiliki latar belakang teknis yang kuat? Jawabannya adalah ya!


Dalam artikel ini, DQLab akan membahas keterampilan penting yang dapat Anda kembangkan untuk beralih ke karir sebagai seorang Data Engineer, dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh pemula!


Selamat membaca!


1. Pemahaman Dasar Tentang Data

Data Engineer

Sebelum Anda memasuki dunia Data Engineering, penting untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang data secara umum. Ini mencakup pemahaman tentang apa itu data, jenis data yang ada, dan bagaimana data digunakan dalam bisnis.


Anda perlu tahu perbedaan antara data terstruktur dan tidak terstruktur, serta bagaimana data ini digunakan untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik. Pemahaman dasar tentang data akan memberikan landasan yang kuat untuk peran Data Engineer Anda nantinya.


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Bahasa Pemrograman dan SQL

Data Engineer

Salah satu keterampilan dasar yang diperlukan oleh seorang Data Engineer adalah pemrograman. Anda perlu memiliki pengetahuan tentang salah satu bahasa pemrograman seperti Python atau Java, yang sering digunakan dalam pengembangan perangkat lunak dan analisis data.


Selain itu, Anda juga perlu memiliki keterampilan dalam SQL (Structured Query Language), yang digunakan untuk mengakses dan mengelola basis data. SQL adalah alat yang sangat penting dalam pekerjaan sehari-hari seorang Data Engineer, karena memungkinkan Anda untuk mengambil, mengubah, dan mengintegrasikan data dari berbagai sumber.


3. Memahami Teknologi Basis Data

Data Engineer


Sebagai seorang Data Engineer, Anda akan bekerja dengan berbagai jenis basis data. Oleh karena itu, penting untuk memahami berbagai teknologi basis data seperti basis data relasional (misalnya, MySQL atau PostgreSQL), basis data NoSQL (misalnya, MongoDB atau Cassandra), dan sistem pengolahan data besar (seperti Hadoop dan Spark). Anda perlu tahu bagaimana mengelola dan mengintegrasikan data di berbagai platform ini.


4. Alat ETL (Extract, Transform, Load)

ETL adalah singkatan dari "Extract, Transform, Load," dan ini adalah proses penting dalam Data Engineering. Anda perlu memahami alat-alat ETL seperti Apache NiFi atau Talend yang digunakan untuk mengambil data dari berbagai sumber, membersihkannya, dan memindahkannya ke basis data atau sistem lain yang sesuai.


Kemampuan untuk memahami dan mengoperasikan alat-alat ETL ini akan sangat membantu Anda dalam pekerjaan sebagai Data Engineer.


5. Keterampilan Soft Skills

Selain keterampilan teknis, seorang Data Engineer juga perlu memiliki keterampilan soft skills yang kuat. Ini termasuk kemampuan komunikasi yang baik untuk berkolaborasi dengan tim, kemampuan pemecahan masalah, dan kemampuan untuk bekerja dengan data yang besar dan kompleks. Kemampuan berpikir kritis juga sangat penting dalam mengidentifikasi dan memecahkan masalah teknis yang mungkin muncul.


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


Jika Anda tertarik untuk beralih ke karir sebagai Data Engineer, jangan ragu untuk memulai. Mulailah dengan memahami dasar-dasar data, belajar bahasa pemrograman, dan memahami teknologi basis data. Anda juga dapat mengikuti kursus online atau sumber daya belajar lainnya yang tersedia untuk mengasah keterampilan Anda.


DQLab sebagai platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti Python dan SQL, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT siap membantu kamu menggeluti karir di industri data. 


Metode HERO (Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based) yang ramah pemula juga membantu kamu untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif! Tunggu apa lagi? sign up sekarang di DQLab.id!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login