GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 58 Menit 4 Detik 

Tahukah Kamu, Kenapa Data Science Penting Untuk Dipelajari?

Belajar Data Science di Rumah 27-Mei-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8b1daa4fa46ad9cc66cee0bd34e268ad_x_Thumbnail800.jpg

Data science merupakan irisan dari beberapa bidang keilmuan seperti statistika, ilmu komputer, dan juga bisnis dengan tujuan untuk menggali data serta mencari pola dibalik suatu data agar dapat menghasilkan sebuah informasi yang lebih bermanfaat untuk mendukung keputusan di perusahaan atau suatu bisnis. 


Era internet yang mulai booming di tahun 2005, dimana pengguna internet itu mencapai 1 Milyar pengguna dan lima tahun setelahnya berkembang menjadi 20 Exabyte per bulan. Menjadi salah satu faktor terkuat munculnya era big data sekaligus sebagai cikal bakal eksistensi nya data science itu sendiri.


Oleh karena itu, banyak fresh graduate dan profesional yang ingin memulai karir sebagai praktisi data ataupun beralih profesi. Tetapi, terlepas dari itu semua tahukah kamu kenapa data science penting untuk kamu pelajari dan kamu tambahkan sebagai salah satu skill wajib yang kamu pelajari di era industri 4.0? Yuk, simak jawabannya dibawah ini!


1. Sebagai Kompetensi Wajib di Era Digital

data science

Seperti yang sudah disinggung di awal paragraf, bahwa boomingnya era internet di tahun 2005 dimana penggunanya bisa mencapai 1 Milyar pengguna dan hingga saat ini pengguna internet akan terus berkembang, hal tersebut selaras dengan membludaknya data. Oleh sebab itu, munculah era yang disebut “Big Data”. 


Eksistensi big data membuat data science menjadi kompetensi yang wajib dikuasai di era digital ini, karena dengan menerapkan data science maka sekumpulan data tersebut dapat diolah dengan melalui proses sedemikian rupa agar dapat dimanfaatkan untuk keperluan bisnis. 


Baca juga: Mengenal Naive Bayes Sebagai Salah Satu Algoritma Data Science


2. Sebagai Bekal untuk Beralih Profesi

data science

Jike kebetulan kamu ingin beralih profesi menjadi seorang praktisi data baik itu data scientist, data engineer, ataupun data analyst mempelajari data science bisa menjadi bekal untuk kamu. 


Ketika kamu mempelajari data science kamu akan mengetahui seluk beluk mulai dari bagaimana cara mengumpulkan data, melakukan data cleaning, membuat pemodelan dengan algoritma machine learning dengan menggunakan bahasa pemgrograman python ataupun R. Selain itu juga kamu akan mempelajari bagaimana cara memvisualisasikan data dengan menggunakan library python.


3. Sebagai Data Driven Semua Lini Bisnis

data science

Alasan berikutnya mengapa penting untuk mempelajari data science karena data science bisa menjadi data driven di semua lini bisnis. Data driven sendiri merupakan salah satu pendekatan yang bisa dilakukan saat mengerjakan pekerjaan yang berorientasikan dengan data sebagai landasannya. 


Data driven akan fokus pada proses analisis, interpretasi, dan penyajian data sesuai yang dibutuhkan. Adapun cara untuk menerapkan data driven yaitu tentukan tujuan untuk apa menerapkan data driven, ketahui sumber-sumber data yang akan digunakan, pilih data yang sesuai dengan tujuanmu menerapkan data driven, lakukan analisis pada data yang sudah dikumpulkan, dan lakukan pekerjaanmu berdasarkan hasil analisis yang diperoleh. 


Baca juga: Memahami Keunggulan dan Manfaat Data Science dalam Dunia Bisnis


4. Sebagai Salah Satu Tools untuk Memprediksi Tren yang Ada

Dilain sisi data science bisa digunakan sebagai senjata atau tools untuk mencari pola pola untuk mencari kebutuhan bisnis atau bisa juga digunakan untuk mengambil keputusan sehingga dapat menghasilkan output seperti prediksi tren diberbagai lini bisnis. 


Contohnya adalah dengan menggunakan data science untuk membuat sistem rekomendasi untuk online shop atau ecommerce, atau bisa digunakan untuk melihat perilaku konsumen dari histori belanja meraka dan masih banyak lagi.


data science


Kamu pemula yang tidak memiliki background STEM? Jangan khawatir, karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data analyst agar bisa berkarir di industri 4.0. Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup atau isi form dibawah ini ya!

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium! cukup dengan Sign up sekarang di DQLab.id untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan!


Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!