SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

0 Hari 14 Jam 43 Menit 30 Detik

Tak Bisa Dihindari, Yuk Kenali Machine Learning

Belajar Data Science di Rumah 07-Juni-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-07-2024-06-07-205804_x_Thumbnail800.jpg

Teknologi saat ini hadir untuk memudahkan berbagai macam aktivitas kita sehari-hari. Dengan seiring perkembangan zaman yang semakin pesat, muncul berbagai macam teknologi yang memiliki istilah-istilah asing. Contohnya seperti AI (Artificial Intelligence) dan juga Machine Learning. Kedua teknologi ini saat ini ramai sekali diperbincangkan oleh banyak orang. Machine learning dan AI ini adalah satu kesatuan yang sulit untuk dipisahkan. Hal ini karena mereka berdua adalah bagian dari ilmu komputer yang saling terkait. 


Walaupun sering sekali dibicarakan tetapi hanya ada beberapa orang saja yang bisa membedakan kedua hal ini. Meskipun kedua teknologi ini memiliki hubungan namun ada beberapa kasus yang bisa kita lihat perbedaannya. Mau tau apa saja perbedaan dari AI dan machine learning. Untuk itulah artikel ini ada, jadi tunggu apalagi mari kita lihat perbedaan antara kedua teknologi ini!


1. Pengertian AI dan Machine Learning

AI atau Artificial Intelligence adalah bidang studi yang berfokus pada pembuatan komputer atau sistem yang bisa melakukan berbagai macam tugas yang biasanya membutuhkan kecerdasan manusia. Pasangan Machine learning adalah cabang dari AI yang berfokus pada pengembangan algoritma dan model statistik yang memungkinkan komputer untuk belajar dari data tanpa harus diprogram secara eksplisit. Di dalam machine learning, sistem komputer akan diberikan data pelatihan dan mampu mengenali pola dan membuat keputusan dengan berdasarkan pola-pola tersebut.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Tujuan

Teknologi kecerdasan buatan memiliki tujuan utama untuk meningkatkan kemungkinan terjadinya keberhasilan. Selain itu, AI juga digunakan sebagai stimulan kecerdasan alamiah dalam menyelesaikan permasalahan yang kompleks, memungkinkan AI untuk mempermudah pekerjaan manusia dan memiliki kecerdasan yang hampir mirip dengan manusia.


Sementara itu, teknologi machine learning lebih berfokus pada kecermatan daripada meningkatkan peluang keberhasilan sebuah sistem. Selain itu, machine learning juga digunakan untuk memahami data pada sebuah tugas, sehingga dapat meningkatkan performa mesin menjadi lebih optimal.


3. Fokus

Perbedaan selanjutnya adalah fokus kedua teknologi ini. AI ini biasanya dipakai untuk mengambil sebuah keputusan, sementara machine learning dipakai untuk mendukung sebuah sistem sehingga bisa belajar dari semua langkah yang sudah pernah ia kerjakan. Teknologi AI ini diciptakan untuk membuat sistem mampu untuk menirukan kecerdasan milik manusia dalam melakukan atau merespon sesuatu. Beda halnya dengan machine learning yang dirancang untuk membantu sebuah algoritma untuk bisa bekerja sendiri atau bisa dibilang otomatis. 


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


4. Luas Lingkup dan Cara kerja

AI ini memiliki cakupan dan lingkup kerja yang sangat luas. AI ini bekerja untuk bisa menciptakan sistem cerdas yang bisa melakukan berbagai tugas kompleks. Sudah ada beberapa contoh produk AI ini seperti Siri, chat bot, Google Home, dan juga Alexa. Sementara itu, luas lingkup machine learning bisa dibilang lebih terbatas karena lebih mengarah pada pola dan akurasi. Beberapa aplikasi yang menggunakan konsep machine learning ini adalah Google Search Algorithms dan Facebook Auto Friend Tagging Suggestions.


Gimana sahabat DQ? Ngga perlu khawatir jika kamu belum memiliki pengalaman tentang machine learning sebelumnya, kamu tetap bisa mengasah pemahaman mendasar kamu tentang machine learning, kamu bisa bergabung dalam modul DQLab yang berjudul “Basic Feature Discovering for Machine Learning” Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn.


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab dan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner!



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login