PROMO KILAT 2 DAYS ONLY!!
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 100K!

1 Hari 17 Jam 38 Menit 48 Detik

Task Data Scientist Secara Umum di Perusahaan

Belajar Data Science di Rumah 17-Juli-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/417f67be-8cc4-4deb-b828-9ba371c6abae-2023-07-18-015344_x_Thumbnail800.jpeg

Data Scientist adalah salah satu profesi yang cukup banyak peminatnya beberapa tahun belakangan ini adalah profesi data scientist. Profesi ini memegang tanggung jawab yang cukup penting di sebuah perusahaan, tanggung jawab ini adalah data milik perusahaan. Seperti yang sudah ketahui bahwa data adalah salah satu komponen yang cukup penting bagi perusahaan untuk membuat perusahaan semakin hari semakin berkembang bisnisnya. Dengan memiliki data, perusahaan dapat memperbaiki sistem ataupun strategi bisnis. 


Secara garis besar, data scientist ini merupakan seorang yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengolah data di suatu perusahaan yang bertujuan untuk mendapatkan informasi baru yang berguna bagi perusahaan. Maka dari itu, seorang data scientist harus memiliki skill analisis yang kuat, pemahaman akan data, dan juga memiliki skill dalam berkomunikasi untuk memberikan penjelasan atas hasil yang sudah ditemukan pada saat proses pengolahan data tersebut. Selain itu data scientist ini memiliki tugas dan tanggung jawab lain yang tidak kalah penting, apa sajakah itu? Yuk simak artikel di bawah ini!


1. Mengumpulkan Data dan Mengolah Data

Salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang data scientist adalah bisa mengumpulkan dan juga mengolah data yang berasal dari berbagai sumber. Setelah data diperoleh maka langsung bisa dilakukan formating dan juga pembersihan data terlebih dahulu untuk bisa memastikan hanya data-data yang berkualitas saja yang akan dipakai. Setelah mengumpulkan data telah selesai maka langkah selanjutnya adalah mengolah data tersebut ke dalam format tertentu yang membuat data menjadi lebih mudah untuk dilakukan analisis. Untuk mempercepat proses ini, kalian bisa menggunakan tools tambahan seperti Spark, Apache Hadoop, ataupun bisa menggunakan NoSQL Databases.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Melakukan Analisis Data

Analisis data adalah tugas yang wajib dilakukan oleh seorang data scientist. Data scientist dalam perusahaan skala menengah memiliki peran sebagai pengambil data yang berasal dari database dengan menggunakan query SQL, membuat tabel pivot dengan menggunakan Microsoft Excel, Melakukan visualisasi data dalam bentuk grafik dan beberapa juga menggunakan bantuan dari bahasa pemrograman seperti R dan juga MATLAB. Analisis data ini memiliki tujuan untuk melihat pola dan tren seperti apa yang ada di dalam sebuah data yang kemudian dilakukanlah prediksi dari hasil yang telah dianalisa dengan menggunakan algoritma yang sesuai. Prediksi inilah yang harus ditafsirkan oleh data analyst dengan membuat sebuah pemetaan, visualisasi, dan juga prototype untuk bisa mengetahui langkah seperti apa yang harus dilakukan oleh perusahaan. 


3. Visualisasi Data

Visualisasi data ini menjadi salah satu tugas yang cukup penting lainnya, karena dengan melakukan visualisasi data, orang umum akan lebih memahami tujuan dari data diolah ini seperti apa. Selain itu visualisasi data ini dapat merepresentasikan hasil dari analisis yang sudah dilakukan sebelumnya dengan menggunakan bentuk grafik, bagan, ataupun dengan menggunakan bentuk informasi lainnya yang memudahkan orang umum ataupun perusahaan dapat memahami maksud dari data tersebut.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Merancang Machine Learning

Machine learning adalah salah satu metode pembelajaran mesin yang dimana mesin dapat mempelajari sebuah data dengan sendirinya tanpa bantuan dari seorang manusia, contohnya seperti menganalisis dan juga membuat sebuah keputusan. Selain mengolah data, data scientist ini juga memiliki tugas dan tanggung jawab untuk merancang sebuah machine learning. Dengan menerapkan machine learning ini pada suatu perusahaan akan mempermudah dalam pemrosesan data dan dapat melakukan prediksi dengan berdasarkan data yang sudah ada.


DQLab juga menyediakan beberapa macam modul pembelajaran secara gratis loh, jadi untuk kalian para pemula kalian bisa mencoba mempraktekannya secara langsung. Sehingga kalian akan memiliki beberapa gambaran umum bagaimana cara belajar di DQLab ini.


Yuk, mulai belajar dan kuasai skill data scientist dari nol hingga advanced. Jangan khawatir jika kamu pemula yang tidak memiliki background STEM karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data analyst agar bisa berkarir di industri 4.0. Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login