BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 9 Jam 58 Menit 31 Detik 

Teknik Analisis Data dengan Tools Data Storytelling dalam Dunia Data

Belajar Data Science di Rumah 08-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/fc3808f8cb4b26b375ccf9c80e63a4c6_x_Thumbnail800.jpg

Visualisasi merupakan salah satu teknik analisis dengan bercerita dengan jelas. Namun dalam bervisualisasi pasti memerlukan alat visualisasi yang bisa digunakan dengan mudah dan cepat. Alat visualisasi data memberi desainer visualisasi data cara yang lebih mudah untuk membuat representasi visual dari kumpulan data besar. Ketika berhadapan dengan kumpulan data yang mencakup ratusan ribu atau jutaan titik data, mengotomatiskan proses pembuatan visualisasi, setidaknya sebagian, membuat pekerjaan seorang desainer menjadi lebih mudah secara signifikan. Visualisasi data ini kemudian dapat digunakan untuk berbagai tujuan: dasbor, laporan tahunan, materi penjualan dan pemasaran, dek slide investor, dan hampir di mana pun informasi perlu ditafsirkan segera.


Alat visualisasi data terbaik di pasar memiliki beberapa kesamaan. Pertama adalah kemudahan penggunaan mereka. Ada beberapa aplikasi yang sangat rumit yang tersedia untuk memvisualisasikan data. Beberapa memiliki dokumentasi dan tutorial yang sangat baik dan dirancang dengan cara yang terasa intuitif bagi pengguna. Yang lain kurang di area itu, menghilangkannya dari daftar alat "terbaik", terlepas dari kemampuan mereka yang lain.


Alat terbaik juga dapat menangani kumpulan data yang sangat besar. Faktanya, yang terbaik bahkan dapat menangani beberapa set data dalam satu visualisasi. Alat terbaik juga dapat menampilkan berbagai jenis bagan, grafik, dan peta. Sebagian besar alat di bawah ini dapat menampilkan gambar dan grafik interaktif. Namun, ada pengecualian untuk berbagai kriteria keluaran. Beberapa alat visualisasi data berfokus pada jenis bagan atau peta tertentu dan melakukannya dengan sangat baik. Alat-alat itu juga memiliki tempat di antara alat-alat "terbaik" di luar sana.


Akhirnya, ada pertimbangan biaya. Meskipun label harga yang lebih tinggi tidak serta merta mendiskualifikasi alat, label harga yang lebih tinggi harus dibenarkan dalam hal dukungan yang lebih baik, fitur yang lebih baik, dan nilai keseluruhan yang lebih baik.


Yuk perhatikan 4 tools data story telling untuk praktisi data!


1. Tableau

Tableau adalah alat visualisasi data yang dapat digunakan untuk membuat grafik, bagan, dan peta interaktif. Ini memungkinkan sahabat data untuk terhubung ke sumber data yang berbeda dan membuat visualisasi dalam hitungan menit. sahabat data juga dapat berbagi pekerjaan sahabat data dengan orang lain dan berkolaborasi dalam proyek. Tableau Desktop adalah produk asli. Itu dibuat untuk membuat visualisasi statis yang dapat dipublikasikan di satu atau beberapa halaman web, tetapi tidak membuat peta interaktif. Tableau Public adalah distribusi gratis dari produk Desktop  dengan beberapa batasan. Mempelajari Tableau membutuhkan waktu dan latihan, tetapi ada banyak sumber di luar sana untuk membantu sahabat data mempelajari cara menggunakannya. Sebagai ilmuwan data, Tableau harus menjadi alat nomor satu untuk sahabat data pelajari dan gunakan dalam tugas sehari-hari sahabat data.


Baca juga: Implementasi Teknik Analisis Data dalam Dunia Content Creator


2. QlikView

QlikView bukan hanya alat visualisasi data lainnya, Ini adalah platform penemuan data yang memberdayakan pengguna untuk membuat keputusan yang lebih cepat dan lebih tepat dengan mempercepat analitik, mengungkapkan wawasan bisnis baru, dan meningkatkan akurasi hasil.

Ini telah menjadi kit pengembangan perangkat lunak intuitif yang telah digunakan dalam organisasi di seluruh dunia selama bertahun-tahun. Itu dapat menggabungkan berbagai jenis sumber data dengan visualisasi dalam tabel kode warna, diagram batang, grafik garis, diagram lingkaran, dan bilah geser. Ini telah dikembangkan pada antarmuka visualisasi "seret dan jatuhkan", memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menambahkan data dari berbagai sumber, seperti database atau spreadsheet, tanpa harus menulis kode apa pun. Karakteristik ini juga membuatnya menjadi alat yang relatif lebih mudah untuk dipelajari dan dipahami.


3. Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah alat visualisasi data yang memiliki antarmuka yang mudah, sehingga tidak harus sulit untuk digunakan. Ada banyak cara berbeda untuk memvisualisasikan data di Excel. Salah satunya adalah dengan menggunakan scatter plots, Scatter plots menampilkan hubungan antara dua dataset yang ingin sahabat data bandingkan. sahabat data juga dapat melihat bagaimana variabel yang berbeda terkait satu sama lain untuk menentukan apakah mereka terhubung atau tidak. Banyak analis data menggunakan plot sebar untuk menganalisis data statistik, ilmiah, medis, dan ekonomi untuk tujuan seperti riset pasar atau perencanaan keuangan.


4. Plotly

Plotly adalah alat visualisasi data yang digunakan untuk membuat grafik, bagan, dan peta interaktif. sahabat data juga dapat menggunakan Plotly untuk membuat visualisasi kumpulan data, lalu membagikan tautan visualisasi tersebut kepada pembaca sahabat data di media sosial atau di blog sahabat data. Grafik yang dibuat di Plotly bersifat interaktif dan memiliki URL yang unik, sehingga mudah untuk sahabat data bagikan. Pembaca dapat menjelajahi cara sahabat data membuatnya dengan mengarahkan kursor ke titik data dan melihat informasi tentangnya. Pembaca juga dapat menjelajahi semua data secara interaktif alih-alih mencoba menguraikan kode sahabat data, yang membuatnya sempurna untuk berbagi plot dan kumpulan data interaktif dengan audiens sahabat data.

Antarmuka Plotly mudah digunakan, sehingga sahabat data dapat membuat grafik yang indah dalam waktu yang lebih singkat daripada sebelumnya. Juga, Plotly memiliki perpustakaan besar jenis visualisasi sumber terbuka, memungkinkan sahabat data untuk memilih dari berbagai plot dan peta.


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


5. Belajar Data Otodidak dan Mandiri Bersama DQLab

Halo sahabat data, Yuk Belajar dirumah aja bersama DQLab. Nikmati modul interaktif dan pembelajaran aplikatif bersama DQLab dan tentunya kamu tidak perlu melakukan instalasi environment anti ribet. DQLab sudah menyediakan semua yang kamu butuhkan untuk belajar. Mulai dari Modul sampai ke sertifikat Completion. Yuk Mulai Karir Datamu bersama DQLab.


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :