GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 11 Jam 51 Menit 15 Detik 

Teknik Analisis Data Deskriptif Kualitatif untuk Tipe Data Non Numerik

Belajar Data Science di Rumah 05-Agustus-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4cf84a2141100b0e50f6e5de77e4e2b1_x_Thumbnail800.png

Setiap penelitian pasti membutuhkan data. Untuk meningkatkan kualitas penelitian biasanya menggunakan data dari berbagai sumber yang relevan dengan penelitian yang dilakukan. Metode pengumpulan data pun beragam seperti dengan wawancara, observasi, studi pustaka, dan lainnya.


Setelah data dikumpulkan kemudian dibersihkan dan dianalisis untuk mendapatkan informasi yang berguna dari balik kumpulan data. Nantinya informasi tersebut dapat digunakan sebagai pedoaman dalam pengambilan keputusan.


Teknik analisis data deskriptif adalah salah satu teknik yang sering digunakan dalam penelitian. Data terdiri dari berbagai macam jenis, contohnya data nominal, data interval, data primer, data sekunder, dan data kualitatif. Nah, data kualitatif ini cukup sering digunakan dalam penelitian.


Teknik yang dapat digunakan adalah teknik analisis kualitatif. Apa itu teknik analisis kualitatif? Bagaimana cara penerapannya? Yuk, simak pembahasannya dibawah ini!


1. Apa Itu Teknik Analisis Data Deskriptif Kualitatif?

teknik analisis data

Teknik analisis data yang sering digunakan dalam penelitian adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif. Teknik ini digunakan untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisis, serta menyajikan data secara deskriptif. Teknik analisis data deskriptif kualitatif bertujuan untuk mendapat gambaran lengkap dari suatu kumpulan data yang berkaitan dengan penelitian yang kita lakukan. 


Dalam teknik ini data dapat disajikan dalam bentuk grafik seperti plot atau diagram dan juga bisa dalam bentuk numerik misalnya perhitungan rata-rata atau standar deviasi. Teknik analisis deskriptif kualitatif biasanya berhubungan erat dengan penelitian terkait fenomena-fenomena sosial yang tidak hanya bisa diukur dengan data angka.


Contoh metode analisis deskriptif antara lain melihat jumlah minat mahasiswa terhadap mata kuliah pilihan, melihat persebaran suatu penyakit pada daerah tertentu seperti yang sedang dialami dunia saat ini yaitu covid-19.


Baca juga: Tutorial Implementasi Teknik Analisis Data, Ini Dia Langkah-Langkahnya


2. Tahap Analisis Deskriptif Kualitatif

teknik analisis data

Mirip dengan teknik analisis lainnya, ada tahapan yang harus dilalui ketika menerapkan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Tahapannya adalah sebagai berikut:

  • Sebelum mulai melakukan penelitian, sebaiknya buat rumusan masalah terlebih dahulu. Tahap ini merupakan kegiatan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berguna sebagai  landasan penelitian yang memudahkan untuk mencari jawabannya di lapangan atau objek penelitian. Perumusan masalah juga akan membuat peneliti lebih fokus pada masalah yang ingin diselesaikan.

  • Tahap selanjutnya peneliti dapat menentukan jenis data yang akan digunakan. Peneliti harus memperhatikan sumber datanya apakah dapat dipercaya atau tidak. Pastikan juga datanya relevan dengan permasalahan atau rumusan masalah yang sudah dibuat sebelumnya. 

  • Pengumpulan data dapat dilakukan dengan berbagai metode. Tentukanlah metode pengumpulan data yang efektif yang sesuai dengan penelitian.

  • Data yang sudah terkumpul kemudian dilakukan pembersihan data sehingga layak untuk analisis. Tentukan teknik analisis yang sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian agar informasi yang didapatkan maksimal. 

  • Tahap terakhir yaitu melakukan pengambilan keputusan berdasarkan data yang sudah diolah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sudah dirumuskan. 


3. Jenis-Jenis Teknik Analisis Deskriptif

teknik analisis data

Pada analisis deskriptif, ada beberapa teknik yang bisa digunakan berdasarkan kasus dan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian. Jenis-jenisnya adalah sebagai berikut: 

  • Metode survei adalah metode yang dapat digunakan untuk populasi besar maupun kecil dimana penelitiannya dilakukan dengan mengambil sampel populasi suatu data. 

  • Metode deskriptif kesinambungan adalah metode yang dapat digunakan ketika ingin memperoleh pengetahuan secara menyeluruh terhadap suatu fenomena yang terjadi.

  • Penelitian studi kasus adalah metode yang dilakukan dengan fokus pada suatu kasus. Tujuannya yaitu untuk mendapatkan gambaran secara rinci terhadap kasus tersebut seperti latar belakang, karakter, dan sebagainya.

  • Penelitian tindakan merupakan metode yang berfokus untuk meningkatkan mutu dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan objek penelitian. 

  • Penelitian komparatif merupakan metode dimana peneliti akan membandingkan setiap data yang diperoleh di lapangan. 


4. Alasan Menggunakan Teknik Analisis Deskriptif Kualitatif

teknik analisis data

Mungkin muncul pertanyaan di benak sahabat data, mengapa menggunakan teknik analisis deskriptif? Penelitian deskriptif adalah model analisis yang sederhana dan mudah untuk diterapkan.


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, teknik ini dapat menggambarkan secara sistematis objek penelitian secara akurat. Analisis deskriptif meliputi beberapa hal, yaitu sebagai berikut: 

  • Distribusi frekuensi yaitu susunan data mentah yang sulit dibaca akan dibuat lebih rapi berdasarkan kategori-kategori tertentu agar lebih mudah dipahami. 

  • Pengukuran variabilitas berguna untuk menjelaskan derajat pencaran data kuantitatif dan mengetahui karakteristik data.

  • Pengukuran tendensi pusat berfungsi untuk mendapatkan gambaran jelas tentang data dan menentukan letak bagian paling besar dalam distribusi. 


Baca juga: Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


Teknik analisis deskriptif kualitatif hanyalah salah satu dari berbagai teknik analisis yang sering digunakan dalam penelitian. Ketika kamu ingin melakukan penelitian, kamu harus paham berbagai teknik analisis sehingga bisa tepat penggunaannya untuk penelitian. Kompetensi ini juga berlaku jika kamu ingin menjadi Data Analyst. 


Tidak hanya tekniknya saja, namun tools yang digunakan wajib dikuasai. Salah satunya yaitu Python yang menjadi bahasa pemrograman populer untuk data science. Kamu bisa mempelajari analisis data menggunakan Python dengan bergabung di DQLab.id. Dapatkan sertifikat gratis di setiap penyelesaian modulnya serta wadah sharing bersama member dan instruktur data di Discord. Yuk, gabung sekarang!


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya




Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :