Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Teknik Analisis Data : Kenali Jenis dan Contohnya Yukk!

Belajar Data Science di Rumah 24-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3ef46fd8d36865f5dedc3b3a50f145c4_x_Thumbnail800.jpg

Analisis data adalah suatu proses mengumpulkan, menyeleksi dan mengolah data sehingga menjadi informasi. Kegiatan analisis data merupakan langkah penting dalam penelitian, hal ini dikarenakan setelah melalui proses analisis data maka akan didapatkan kesimpulan sebagai penentu langkah keputusan perusahaan. Untuk mendapatkan hasil analisis data yang sesuai maka perlu memilih teknik analisis data yang tepat pula. Pada artikel ini akan diberi beberapa contoh teknik analisis data yang telah diterapkan di berbagai bidang.


Teknik analisis data merupakan salah satu poin penting dalam proses analisis data. Dengan penggunaan teknik analisis data yang sesuai dengan jenis data dan tujuan penelitian, maka hasil analisis pun akan menjadi solusi dari permasalahan yang akan diselesaikan. Teknik analisis data terbagi menjadi dua yaitu teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Lalu selanjutnya apa saja teknik analisis data yang dapat digunakan dan bagaimana contohnya? Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Teknik Analisis Data Kualitatif

Menurut Sugiyono (2005), penelitian kualitatif merupakan penelitian yang digunakan untuk meneliti kondisi objek alamiah . Pada penelitian kualitatif ini peneliti memanfaatkan teori yang ada sebagai penjelas dan dapat digunakan sebagai solusi penyelesaian masalah dengan pembahasan yang lebih detail. Sesuai dengan jenis penelitiannya, penelitian kualitatif menggunakan data kualitatif dan teknik analisis data kualitatif. Teknik analisis data kualitatif yang dapat digunakan antara lain analisis konten, analisis naratif, analisis wacana, grounded theory, dll.


Baca juga : Teknik Analisis Data : Kenali 4 Tahapannya Yuk!


2. Contoh Penerapan Teknik Analisis Data Kualitatif

Setelah mengetahui pengertian dari teknik analisis data kualitatif maka selanjutnya kita akan mengenali beberapa contoh penelitian yang menggunakan teknik analisis data kualitatif antara lain seperti karya ilmia atau skripsi yang meneliti mengenai pengaruh broken home terhadap kondisi mental anak. Dalam studi kasus tersebut peneliti dapat mengumpulkan data melalui beberapa metode seperti wawancara, observasi langsung atau menyebarkan kuesioner. 


3. Teknik Analisis Data Kuantitatif

Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang menjelaskan hubungan antar variabel, menguji teori, dan melakukan generalisasi, dll. Data yang digunakan dalam penelitian kuantitatif adalah data kuantitatif yaitu data yang dapat diukur dengan angka atau bersifat numerik. Pada penelitian kuantitatif inipun menggunakan teknik analisis data kuantitatif seperti analisis statistik deskriptif, analisis statistik inferensial, analisis diskriminan, dll.


4. Contoh Penerapan Teknik Analisis Data Kuantitatif

Sesuai dengan jenis data dan teknik analisis data yang digunakan, penelitian kuantitatif pada umumnya menggunakan perhitungan statistik. Sebagai contoh jika penelitian memiliki data penelitian berupa jumlah pelanggan dalam suatu toko selama tahun 2020, dengan menggunakan analisis deskriptif peneliti dapat mengetahui nilai rata-rata, nilai maksimum dan minimum, nilai modus, dll. Selain menggunakan analisis deskriptif, peneliti juga dapat melanjutkan penelitian jika ingin meneliti lebih lanjut menggunakan algoritma machine learning seperti Decision Tree, Naive Bayes Classifier, K-Means, dll.


Baca juga : Penelitian Kualitatif : Teknik Analisis Data Deskriptif


5. Yuk, Belajar Teknik Analisis Data di DQLab!

Teknik analisis data merupakan salah satu skill yang harus dikuasai saat ini, terutama bagi para praktisi data maupun akademis dan peneliti. Dengan menguasai teknik analisis data tentunya hasil analisis data akan lebih valid. Dasar-dasar teknik analisis data dapat kita pelajari di DQLab . DQLab menyediakan materi berupa modul dan bisa langsung dipelajari secara live code. Caranya cukup mudah loh,  yaitu langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!