DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 8 Jam 45 Menit 57 Detik 

Teknik Analisis Data, Kenali Macam Jenisnya Yuk

Belajar Data Science di Rumah 24-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/7e10609c268770c7803a9645183429eb_x_Thumbnail800.jpg

Ketika melakukan penelitian baik itu dalam bentuk karya ilmiah, skripsi, maupun bentuk lainnya tentunya kita memerlukan data baik itu data kuantitatif maupun data kualitatif. Data yang kita gunakan dalam penelitian tentunya akan dianalisis menggunakan teknik-teknik tertentu. Jenis teknik analisis data yang digunakan pun menyesuaikan dengan jenis data dan rumusan masalah serta tujuan penelitian. Pemilihan teknik analisis data ini merupakan salah satu bagian yang tidak boleh dianggap sepele dikarenakan jika peneliti salah memilih teknik maka hasil analisis data pun tidak sesuai.


Berdasarkan jenis datanya, teknik analisis data terdiri dari dua jenis, yaitu teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Oleh karena itu penting bagi peneliti untuk mengetahui jenis data apa yang digunakan agar dapat memilih teknik analisis data yang sesuai. Beberapa teknik analisis data kuantitatif antara lain analisis statistik deskriptif, analisis statistik inferensial, dan analisis diskriminan. Sedangkan beberapa contoh teknik analisis data kualitatif adalah analisis konten, analisis naratif, analisis wacana, analisis kerangka kerja, dan analisis teori beralas. Pada artikel kali ini kita akan menjelaskan beberapa jenis teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Yuk, simak bersama DQLab!


1. Analisis Konten

Analisis konten merupakan salah satu teknik analisis data kualitatif yang biasanya digunakan untuk menggambarkan atau mendefinisikan isi suatu pesan atau informasi. Ketika menggunakan teknik analisis konten, peneliti harus memiliki pemahaman secara utuh dan mendalam terhadap konten atau isi yang menjadi inti penelitian. Pada analisis konten biasanya data bersumber dari hal-hal yang terdokumentasi seperti majalah, surat kabar, buku, rekaman, video, dll.


Baca juga : Teknik Analisis Data : Kenali 4 Tahapannya Yuk!


2. Analisis Naratif

Pada penelitian adakalanya peneliti diminta untuk menjelaskan secara singkat, padat dan jelas terkait data yang digunakan. Dengan menggunakan teknik analisis naratif peneliti harus bisa menyampaikan atau menceritakan isi data pada seluruh bagian terkait. Hal penting dalam analisis naratif adalah inti dari narasi atau data jangan sampai terlewatkan. Teknik analisis naratif ini dapat membantu peneliti dalam mengembangkan rencana strategi pemasaran.


3. Analisis Statistik Deskriptif

Analisis statistik deskriptif merupakan teknik analisis data kuantitatif yang memberikan gambaran secara umum mengenai data yang digunakan. Dengan menggunakan teknik ini peneliti dapat mengetahui nilai dari masing-masing variabel antara lain seperti nilai rata-rata, median, modus, minimum,maksimum, standar deviasi, dll. Setelah itu hasil analisis statistik deskriptif ini dapat disajikan dalam bentuk tabel, diagram batang, diagram lingkaran, dll. Namun perlu diketahui bahwa dalam teknik analisis deskriptif ini peneliti tidak perlu membuat kesimpulan dari hasil analisis.


4. Analisis Statistik Inferensial

Jika dalam analisis statistik deskriptif peneliti tidak membuat kesimpulan, maka dalam analisis statistik inferensial peneliti harus membuat kesimpulan dari hasil analisis. Penggunaan teknik analisis ini digunakan jika peneliti menggunakan sampel penelitian yang mewakili populasi. Analisis statistik inferensial mencakup beberapa hal seperti teori probabilitas, distribusi teoritis, uji hipotesis, analisis varians, analisis korelasi, sampling distribusi, analisis regresi untuk peramalan, dll.


Baca juga : Penelitian Kualitatif : Teknik Analisis Data Deskriptif


5. Yuk, Belajar Teknik Analisis Data di DQLab!

Teknik analisis data merupakan salah satu skill yang harus dikuasai saat ini, terutama bagi para praktisi data maupun akademis dan peneliti. Dengan menguasai teknik analisis data tentunya hasil analisis data akan lebih valid. Dasar-dasar teknik analisis data dapat kita pelajari di DQLab . DQLab menyediakan materi berupa modul dan bisa langsung dipelajari secara live code. Caranya cukup mudah loh,  yaitu langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!