BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 2 Jam 22 Menit 7 Detik 

Teknik Analisis Data Kualitatif dengan Thematic Analysis

Belajar Data Science di Rumah 22-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/47682fd44595acfef9f4525203fd3448_x_Thumbnail800.jpg

Teknik analisis data deskriptif kualitatif adalah suatu rangkaian metodologi yang meliputi menganalisis suatu data, menggambarkan dan melakukan ringkasan yang dihimpun dalam berbagai bentuk. Bisa dari kondisi, situasi dari berbagai data yang telah dilakukan oleh peneliti melalui hasil wawancara atau pengamatan terkait permasalahan yang diangkat dalam penelitian. 


Kita ketahui bahwa teknik analisis data deskriptif kualitatif memang diperuntukkan untuk penelitian kualitatif yang mana mengutamakan kata-kata sebagai penguatnya. Teknik analisis data deskriptif kualitatif juga didukung dari pernyataan informan yang ditemui secara langsung oleh peneliti guna dimintai keterangan atas pertanyaan yang telah diajukan. 


Penelitian kualitatif merupakan sebuah penelitian yang melibatkan proses yang cukup komplek. Hal ini disebabkan sebuah penelitian yang telah memilih untuk dilakukan secara kualitatif memiliki karakteristik sebuah penelitian yang bertujuan untuk mengeksplorasi dan menceritakan pengalaman seseorang yang terlibat dalam sebuah kejadian. 


Oleh sebab itu diperlukan sebuah teknik untuk menganalisa data-data kualitatif yang telah dikumpulkan oleh peneliti guna mendapatkan jawaban-jawaban sesuai dengan rumusan masalah yang ada. 


Ada beberapa Teknik analisis data yang lazim digunakan dalam penelitian kualitatif. Misalnya content analysis, discourse analysis, dan thematic analysis. Pada artikel kali ini kita hanya fokus pada thematic analysis. 


Penasaran dengan apa itu thematic analysis? Jangan khawatir Sahabat DQ DQLab kita akan merangkumnya untuk menjawab keraguan Sahabat DQ. Hal ini tentunya sangat penting untuk peneliti pemula maupun profesional dalam melakukan prosedur analisis data deskriptif kualitatif. 


1. Apa Itu Thematic Analysis

Thematic analysis adalah salah satu cara untuk menganalisa data dengan tujuan untuk mengidentifikasi pola atau untuk menemukan tema melalui data yang telah dikumpulkan oleh peneliti (Braun & Clarke, 2006). 

teknik analisis data

Cara ini merupakan metode yang sangat efektif apabila sebuah penelitian bermaksud untuk mengupas secara rinci data-data kualitatif yang mereka miliki guna menemukan keterkaitan pola-pola dalam sebuah fenomena dan menjelaskan sejauh mana sebuah fenomena terjadi melalui kacamata peneliti (Fereday & Muir-Cochrane, 2006). Bahkan Holoway & Todres (2003) menyatakan bahwa thematic analysis ini merupakan dasar atau pondasi untuk kepentingan menganalisa dalam penelitian kualitatif.


Baca juga: Teknik Analisis Data dalam Bidang Research and Development


2. Tahapan Thematic Analysis: Memahami Data

Mendapatkan data yang diinginkan bukan berarti peneliti memahami fenomena yang sedang diteliti. Karena penelitian kualitatif bertujuan untuk mengupas secara mendalam apa yang terjadi dari sebuah peristiwa melalui perspektif partisipan, maka rekaman dan transkrip wawancara ibaratnya adalah "harta karun" peneliti yang perlu untuk dieksplorasi maknanya lebih dalam. Disini peneliti perlu untuk memahami dan menyatu dengan data kualitatif yang diperolehnya. Dan tidak ada cara lain yang lebih efektif untuk lebih menyatu dengan data selain membaca dan membaca kembali transkrip wawancara. 

teknik analisis data

Bahkan mendengarkan kembali rekaman wawancara atau menonton lagi rekaman video yang sudah dibuat selama proses pengumpulan data. Rekaman wawancara bisa menjadi sumber penting dalam proses analisa data karena peneliti bisa mendapatkan informasi atau insights yang melalui percakapan-percakapan online yang dilakukannya bersama partisipan. Maka dari itu peneliti sempatkan waktu paling tidak satu kali untuk mendengarkannya kembali. Kegiatan ini menjadi lebih penting lagi apabila yang membuat transkrip wawancaranya bukan peneliti sendiri.


3. Tahapan Thematic Analysis: Menyusun Kode

Tahapan kedua dalam proses thematic analysis adalah mulai meng-coding. Meng-coding ini bisa diibaratkan pustakawan yang sedang menentukan subjek dari judul buku. Atau seperti pembaca yang berusaha menemukan pikiran utama sebuah paragraf. Kode bisa juga dianggap sebagai label, atau fitur yang terdapat dalam data yang terkait dengan pertanyaan penelitian. 

teknik analisis data

Dalam hal ini peneliti lah yang menentukan data mana saja dalam transkrip wawancaranya yang perlu di kode. Bagi peneliti yang baru melakukan coding, kemungkinan besar ia akan memberikan kode semua data dalam transkrip. Ini tidak apa-apa dilakukan, karena nanti tahapan online berikutnya, peneliti akan meninjau kembali semua kode yang ia buat dan akan mengevaluasi kode mana yang relavan dengan penelitiannya dan kode mana yang tidak relevan.


4. Tahapan Thematic Analysis: Mencari Tema

Tahapan ini peneliti mulai berpindah perhatian dari yang semula mencari kode sekarang berganti menjadi mencari tema. Seperti yang direkomendasikan oleh Braun & Clarke (2006), tahap ketiga dalam thematic analysis adalah mencari tema, tema yang sesuai dengan tujuan penelitian. Tema ini menggambarkan sesuatu yang penting yang ada di data terkait dengan rumusan masalah penelitian. Lebih lanjut disampaikan oleh Boyatzis (1998), tema ini menggambarkan pola dari fenomena yang diteliti. Meski dikatakan mencari tema, namun mencari disini bukan berarti ibarat seorang arkeolog yang menggali tanah untuk menemukan tema yang tersembunyi dibalik data. 

teknik analisis data

Tetapi lebih seperti seorang seniman yang menentukan bagaimana ia akan memahat batu yang ia miliki. Batu ini diibaratkan data, dan tema diibaratkan karya seni hasil pahatannya. Peneliti nantinya yang menentukan tema apa yang akan muncul sesuai dengan data yang ia miliki. Ibarat pematung yang punya kebebasan dalam menentukan wujud dan bentuk patungnya, peneliti juga memiliki kebebasan dalam menginterpretasi data untuk memunculkan tema tema tadi. Konsekuensinya, hal ini menunjukkan betapa bervariasinya hasil yang akan didapatkan sesuai dengan kreativitas seniman, atau sesuai interpretasi peneliti


Baca juga: Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


5. Praktis & Aplikati, Terapkan Teknik Ini Bersama DQLab Yuk 

Belajar analisis data merupakan salah satu langkah untuk mempelajari hal apapun di ranah data. Melakukan analisis data tentunya bukan hal yang mudah. Dibutuhkan ketekunan dan ketelitian dalam melakukan setiap tahapannya. 


Agar skill analisis data kamu semakin terasah, tidak salah lagi jika kamu bisa upgrade skillmu bersama DQLab! Kamu bisa loh untuk coba bikin akun gratisnya kesini di DQLab.id dan lakukan signup untuk dapatkan info-info terbaru serta belajar data science. 


Banyak benefit yang bisa kamu dapatkan jika kamu bergabung untuk belajar bersama DQLab! Nikmati pengalaman belajar data science yang menarik dan cobain berlangganan bersama DQLab yang seru dan menyenangkan dengan live code editor. 


Signup sekarang di DQLab.id & nikmati pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif!


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :