PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 12 Jam 40 Menit 53 Detik 

Teknik Analisis Data Kualitatif, Metode Populer Kalangan Profesi Data

Belajar Data Science di Rumah 18-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a4db23b76665ca868f0f093ae767c010_x_Thumbnail800.png

Dalam industri data, terdapat satu teknik atau metode populer yang sering digunakan para pekerjanya. Teknik tersebut dikenal dengan nama teknik analisis data, analisis data menjadi suatu keahlian yang wajib dikuasai oleh profesi data ataupun pelajar di kuliah. Analisis data diperlukan untuk mendapatkan informasi atau masalah yang terdapat dalam penelitian yang sedang dijalani. Teknik analisis data memiliki dua macam, yaitu kualitatif dan kuantitatif.


Apabila kuantitatif menggunakan data numerik, maka kualitatif adalah sebaliknya. Masih terdapat beberapa orang yang kurang memahami definisi lengkap mengenai analisis data. Maka dari itu, pada artikel kali ini, DQLab akan memberikan kalian informasi seputar salah satu teknik analisis data yang sering digunakan, yaitu kualitatif. Yuk, simak informasinya!



1. Pengertian Analisis Data

Pada artikel ini, kalian akan mengetahui pengertian analisis data dari beberapa ahli. Pertama menurut Qomari, analisis data merupakan salah satu tahapan paling penting dalam penelitian karena mengharuskan pengolahan data dengan menggunakan berbagai teknik pengumpulan data yang kemudian akan disajikan untuk membantu menjawab permasalah penelitian.


Sedangkan menurut Bogdan, analisis data merupakan proses mencari data, menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Menurut Bogdan, analisis data memperoleh data-datanya dengan mengorganisasikan data ke dalam kategori, menjabarkan ke dalam unit-unit, melakukan sintesis, dan menarik kesimpulan yang dapat diceritakan kepada orang lain.


Baca juga : Kenali Teknik Analisis Data yang Sering Digunakan Ahli Data


2. Pengertian Analisis Data Kualitatif

Sesuai dengan judul yang tertera pada artikel ini, kita akan lebih mendalami teknik analisis data kualitatif, secara definisi, analisis data kualitatif merupakan analisis dengan data-data yang tidak dapat diangkakan atau bersifat non numerik. Pada umumnya teknik analisis data kualitatif merupakan bahasan konseptual atas suatu permasalahan.


Analisis data kualitatif juga berasal dari data-data yang terjaring dari proses pengumpulan data, yaitu rekam, catat, tinjauan pustaka, wawancara, dan partisipasi. Kualitatif lebih berfokus pada data-data yang bersifat kualitatif dan dalam penelitian kualitatif tidak disertai data-data yang berupa angka-angka.


3. Jenis Analisis Data Kualitatif

Apabila dalam teknik analisis data terdapat dua jenis, yaitu kualitatif dan kuantitatif. Di dalam jenis tersebut masih memiliki jenis-jenis lainnya.v Dalam analisis data kualitatif terdapat dua jenis teknik yang dapat kalian gunakan sesuai dengan kebutuhan penelitian kalian. Teknik pertama adalah teknik analisis data model Miles dan Huberman. Menurut keduanya, teknik analisis data kualitatif memiliki tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.


Teknik lainnya adalah teknik analisis data model Spradley, meskipun ketika membahas mengenai macam-macam analisis data kualitatif banyak orang yang lebih mengenal Miles dan Huberman, Spradley juga memiliki pendapat mengenai tahapan analisis data kualitatif. Menurut Spradley terdapat empat tahapan, yaitu analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial, dan analisis tema kultural.


4. Teknik Pengumpulan Data Kualitatif

Karena analisis data kualitatif tidak memiliki data bersifat numerik, maka teknik pengumpulan data yang dilakukan juga berbeda. Dalam teknik pengumpulan data kualitatif terdapat beberapa cara, yang pertama adalah studi dokumen atau mengkaji sejumlah dokumen yang berhubungan dengan topik penelitian yang diambil.


Teknik kedua adalah wawancara dengan mengajukan sejumlah pertanyaan kepada narasumber yang bersangkutan dengan penelitian kalian. Teknik ketiga adalah diskusi atau dapat juga melakukan Focus Group Discussion (FGD). Teknik terakhir dalam pengumpulan data kualitatif adalah observasi atau pengamatan, yang dimana peneliti akan melakukan pengamatan langsung terhadap objek penelitian.


Baca juga : Mengenal Jenis - Jenis Teknik Analisis Data Versi DQLab


5. Kuasai Analisis Data Kualitatif dan Kuantitatif Bersama DQLab

DQLab menyediakan banyak sekali program belajar yang tentunya dapat kalian sesuaikan dengan kebutuhan dan kegiatan kalian. Apabila kalian tertarik untuk belajar bersama DQLab, kalian bisa sign up di DQLab.id untuk pendaftaran. Setelah itu, kalian dapat langsung mengerjakan module "Introduction Data Science with Python and R" secara gratis, lho! Yuk, mulai sesi belajar Data Science kalian bersama DQLab.id!


Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :