DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 9 Jam 47 Menit 29 Detik 

Teknik Analisis Data, Materi Penting Calon Praktisi Data

Belajar Data Science di Rumah 18-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e41e295a324f0275f99f620a77e63bd2_x_Thumbnail800.jpg

Zaman digital sekarang ini banyak melahirkan profesi-profesi baru yang berfungsi untuk mengolah data menjadi suatu informasi yang berguna bagi perusahaan, bisnis atau organisasi. Dalam profesi-profesi tersebut perlu mempelajari materi-materi data, salah satunya adalah teknik analisis data.


Teknik analisis data merupakan suatu hal yang sudah cukup familiar dan populer di kalangan masyarakat karena diperlukan untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan dalam suatu penelitian. Setelah dikumpulkan, tentunya data-data tersebut akan diseleksi dan diolah agar dapat menjawab pertanyaan penelitian terkait. Pada artikel ini, DQLab akan membahas mengenai definisi, jenis, dan contoh dari analisis data. Hal tersebut dilakukan agar teman-teman dapat semakin mengenal dan memahami analisis data yang tentunya penting dan berguna untuk dipelajari. 



1. Analisis Data Menurut Para Ahli

Kalian perlu mengetahui pengertian dari teknik analisis data terlebih dahulu sebelum belajar lebih lanjut. Kita dapat pelajari definisi dari beberapa ahli mengenai analisis data. Berikut empat ahli yang menguak pendapat mereka mengenai analisis data.

  • Qomari

Analisis data merupakan salah satu tahapan paling penting dalam penelitian karena mengharuskan data yang dikumpulkan dengan menggunakan berbagai teknik pengumpulan data, lalu diolah dan disajikan untuk menjawab permasalahan penelitian yang diteliti.

  • Stainback 

Analisis data adalah hal yang kritis dalam proses penelitian kualitatif karena perlu mengkaji dan memahami hubungan-hubungan dan konsep dalam daya sehingga hipotesis dapat dikembangkan dan dievaluasi.

  • Spradley 

Analisis data dalam penelitian merupakan cara berpikir dan berkaitan erat dengan pengujian secara sistematis terhadap suatu hal untuk menentukan bagian, hubungan antar bagian, dan hubungan secara keseluruhan. Analisis data dilakukan untuk mencari pola.

  • Bogdan 

Teknik analisis data adalah proses mencari data, menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi dengan cara mengorganisasikan data ke dalam kategori, menjabarkan ke dalam unit-unit, melakukan sintesis, menyusun dalam pola, memilih mana yang penting untuk dipelajari, dan membuat simpulan agar dapat diceritakan pada orang lain.


Baca juga : Kenali Teknik Analisis Data yang Sering Digunakan Ahli Data


2. Teknik Analisis Data Kualitatif

Dalam teknik analisis data terdapat salah satu jenis yang disebut dengan teknik analisis data kualitatif. Jenis tersebut merupakan salah satu teknik analisis data yang seringkali digunakan dalam penelitian karena pada umumnya membahas secara konseptual suatu permasalahan. Data kualitatif juga mengumpulkan data yang tidak dapat diangkakan atau bersifat non numerik. Dalam teknik analisis data kualitatif terdapat tiga jenis teknik yang perlu dilakukan. Berikut teknik-tekniknya.


  • Analisis Konten

Menguraikan data tekstual untuk menemukan rangkaian data yang paling umum.

  • Analisis Naratif

Membuat interpretasi mengenai penilaian pelanggan, proses operasional, perasaan karyawan terhadap pekerjaannya, dan lainnya.

  • Analisis Wacana

Berfokus pada konteks sosial dimana komunikasi antara responden dan peneliti terjadi karena analisis wacana digunakan untuk menganalisis interaksi orang.


3. Teknik Analisis Data Kuantitatif

Teknik analisis data juga memiliki satu jenis lainnya selain kualitatif, yaitu kuantitatif. Teknik tersebut seringkali digunakan dalam penelitian karena data kuantitatif merupakan data numerik yang dapat dihitung secara akurat. Cara menganalisis data kuantitatif biasanya menggunakan model matematika, statistik, dan lainnya. Berikut dua teknik analisis data kuantitatif.

  • Analisis Deskriptif

Digunakan ketika berhadapan dengan volume data yang sangat besar seperti sensus penduduk. 

  • Analisis Inferensial

Digunakan sebagai dasar membuat kesimpulan yang berlaku secara umum atau generalisasi.


4. Contoh Analisis Data

Setelah membahas mengenai definisi dari beberapa ahli, jenis-jenis teknik analisis data, kalian perlu mengetahui contoh analisis data agar bisa mendapatkan gambaran mengenai analisis data secara menyeluruh. Sebagai contoh ketika kalian bekerja dalam sebuah perusahaan yang bergerak dalam industri plastik.


Maka, penelitian yang dapat kalian angkat adalah tingkat konsumsi pelanggan agar dapat sekaligus dijadikan alat evaluasi perusahaan, apakah mereka turut membeli dan puas terhadap plastik perusahaan kalian. Dengan penelitian tersebut, kalian dapat menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif karena riset mengenai bisnis menyangkut frekuensi konsumsi, tingkat kepuasan, dan variabel lain mengandung data numerik.


Baca juga : Mengenal Jenis - Jenis Teknik Analisis Data Versi DQLab


5. Perbanyak Pengetahuan Mengenai Ilmu Data Bersama DQLab

Belajar materi seputar data memang cukup rumit dan memusingkan, tetapi kalian bisa mempelajarinya dengan menyenangkan dan ringan. Penasaran bagaimana? Kalian bisa belajar bersama DQLab, disini kalian akan mendapatkan materi data secara lengkap dan pengajar yang berpengalaman juga. Kalian bisa sign up di DQLab.id, lalu kalian dapat langsung mengerjakan module ‘Introduction Data Science with Python and R secara gratis. Yuk, segera mulai sesi belajar kalian bersama DQLab.id dan jadilah ahli data baru!


Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!