DISKON 95%! BIG PROMO 8.8 MENARIK DI TANGGAL CANTIK
Belajar Data Science 6 Bulan bareng ahli + dapat sertifikat hanya Rp. 188K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 3 Jam 9 Menit 5 Detik 

Teknik Analisis Data Pengertian Hingga Contoh Penggunaan

Belajar Data Science di Rumah 21-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/c57ac920f4ebb44ec7ebc5bbc41dcf14_x_Thumbnail800.jpg

Istilah analisis data saat ini sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Memahami cara menganalisis dan mengekstrak data bertujuan untuk menghasilkan informasi dari wawasan bisnis yang sedang dijalani sehingga dapat mendatangkan kesuksesan suatu bisnis. Ketika menganalisis data, dibutuhkan sebuah teknik analisis data. Jika ingin mendapatkan hasil analisis data yang memuaskan, maka diperlukan ketepatan dalam memilih teknik analisis data. Untuk itu, sangat penting untuk sahabat data memahami terlebih dahulu pengertian teknik analisis data serta fundamentalnya. Dengan begitu kamu dapat mengetahui cara mengumpulkan, mengatur dan memahami semua informasi yang berpotensi meningkatkan bisnis yang sedang berjalan. 


Sebenarnya teknik analisis data sudah sering kita temukan dalam dunia pendidikan ketika melakukan penelitian. Namun, tidak sedikit juga yang belum memahami betul apa itu teknik analisis data. Pada artikel ini lah DQLab akan mengajak kalian untuk mempelajari tentang apa itu teknik analisis data lebih jauh lagi. Tidak hanya definisinya, tapi kita juga akan mempelajari bagaimana caranya menganalisis data serta seperti apa contoh penerapannya. So, stay tune ya!

 

1. Pengertian Teknik Analisis Data

data sekunder

Teknik analisis data merupakan suatu proses mengolah data menjadi informasi baru. Proses ini dilakukan bertujuan agar karakteristik data menjadi lebih mudah dimengerti dan berguna sebagai solusi bagi suatu permasalahan, khususnya yang berkaitan dengan penelitian. Ada beberapa metode dan teknik untuk melakukan analisis tergantung pada industri dan tujuan analisis. Semua metode analisis data ini sebagian besar didasarkan pada dua jenis teknik analisis data yaitu, teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif dalam penelitian. 

  • Teknik analisis data kuantitatif, merupakan teknik pengolahan data dimana datanya merupakan data numerik. Teknik ini akan berfokus pada kuantitasnya dan tidak membutuhkan penjelasan dari setiap jawaban pendek yang diberikan oleh responden.

  • Teknik analisis data kualitatif, merupakan teknik pengolahan data dimana datanya berbentuk non numerik serta terfokus pada kualitas nya. Semakin lengkap penjelasan yang ada di data tersebut, maka akan semakin bagus datanya.

Melakukan analisis data butuh usaha dan kreativitas untuk menemukan sebuah jalan keluar dalam penyelesaian masalah penelitian. Setiap penelitian memiliki karakteristik dan pandangan yang berbeda-beda. Tidak bisa disamaratakan antara penelitian satu dengan peneliti yang lainnya. Sehingga teknik yang digunakan pasti akan berbeda pula.


Baca juga : 4 Langkah Cara Mudah Implementasi Teknik Analisis Data


2. Pentingnya Melakukan Analisis Data

data sekunder

Teknik analisis data ini sangat erat kaitannya dengan rancangan penelitian dan rumusan masalah yang telah ditentukan sebelumnya. Dapat dikatakan bahwa teknik analisis data hanya dapat dilakukan ketika poin-poin penelitian sudah terpenuhi, misalnya pengumpulan data yang tepat yang disesuaikan dengan permasalahan pada penelitian tertentu. Dengan begitu, tujuan dari teknik analisis data yaitu untuk menentukan atau mendapatkan simpulan secara keseluruhan yang berasal dari data-data penelitian yang telah dikumpulkan oleh peneliti. Selain itu, teknik analisis data bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan mengenai data-data penelitian, sehingga dapat dipahami oleh orang lain.


Selain itu, kesuksesan sebuah perusahaan juga ditentukan berdasarkan analisis data yang dilakukan. Melihat perkembangan zaman, perusahaan dituntut untuk melakukan banyak hal pada waktu yang bersamaan. Jika ingin melakukan banyak hal, maka perusahaan membutuhkan banyak SDM. Jika membutuhkan banyak SDM, maka membutuhkan biaya yang besar. Oleh karena itu, disinilah pentingnya peran analisis data dalam membantu menekan biaya perusahaan.

 

3. Bagaimana Cara Melakukan Analisis Data

data sekunder

Teknik analisis data memiliki beberapa langkah atau tahapan yang perlu dilaksanakan dengan baik dan benar, adapun tahapannya adalah sebagai berikut:

  • Pengolahan data, yaitu proses mengolah data yang telah dikumpulkan. Pengolahan data terdiri dari beberapa tahap yaitu penyuntingan dan pengkodean.

  • Penganalisisan data, yaitu proses mencari data dan menentukan hipotesis uji. Setelah data terklasifikasi dengan jelas, analisis data bisa dilakukan untuk menemukan pola. Pada tahap ini ada perbedaan yang menonjol adalah antara penelitian kuantitatif dan kualitatif. Riset kuantitatif umumnya menerapkan statistik. Sedangkan riset kualitatif menerapkan coding. Keduanya bisa dilakukan secara manual atau dengan bantuan software komputer.

  • Verifikasi atau penarikan kesimpulan, bertujuan untuk menemukan kesimpulan dari kegiatan penelitian. Pengambilan kesimpulan tersebut dilakukan dengan cara membandingkan uraian yang telah dirumuskan dengan hasil analisis data yang telah diperoleh, sehingga pada akhirnya peneliti dapat mengambil kesimpulan apakah menerima atau menolak anggapan yang telah dirumuskan.

 

4. Contoh Penerapan Teknik Analisis Data

Analisis data sangat penting di berbagai aspek di setiap industri. Salah satu contoh teknik analisis data yang bisa kamu gunakan dalam penelitian adalah web crawling. Web crawling adalah teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengindeks dan mengunduh konten dari internet, kemudian disimpan ke dalam database mesin pencari. Sehingga ketika orang ingin mencari suatu informasi, mesin pencari akan langsung menampilkan hasil yang relevan dari database tersebut. Konten yang dimaksud bisa bervariasi, mulai dari halaman website, gambar, video, dokumen, dan lain sebagainya. Kamu dapat memulai dengan melakukan penambangan data pada API yang bersifat open source seperti yang disediakan oleh Twitter. Untuk melakukan crawling data di Twitter kamu dapat menggunakan library scrapy ataupun tweepy pada Python.


Contoh lainnya dapat dilihat di bidang consumer insight. Dengan analisis data kita bisa mendapat 360 derajat point of view dari semua aspek mengenai konsumen dan dengan demikian, kita bisa memahami bagaimana karakteristik konsumen, platform apa yang paling banyak digunakan oleh konsumen untuk mendapatkan produk atau layanan yang kita tawarkan, bagaimana gambaran demografi konsumen, serta bagaimana ketertarikan, kebiasaan, dan ciri-ciri lain dari konsumen. Pada jangka panjang, hasil analisis ini akan mendorong kesuksesan strategi marketing, membantu kita mengidentifikasi konsumen potensial yang baru, mencegah sumber daya yang terbuang baik dari SDM maupun resource yang lain, dan masih banyak kegiatan lainnya.


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif

 

5. Kuasai Teknik Analisis Data Bersama DQLab

data sekunder

Teknik analisis data menjadi suatu hal yang penting dalam dunia pengolahan data dan pendidikan, pemahaman akan teknik analisis data bisa kalian jadikan sebagai salah satu ilmu yang kalian miliki. 


Jika kalian tertarik mempelajarinya, kalian bisa mulai dengan Sign Up di DQLab.id. Jika kalian sudah join, kalian dapat langsung mengerjakan module ‘Introduction Data Science with Python and R’ secara gratis, lho! Yuk, mulai belajar teknik analisis data bersama DQLab!


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :