PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 20 Jam 57 Menit 28 Detik 

Teknik Analisis Data Systematic Literature Review

Belajar Data Science di Rumah 12-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/636a82f3594fdac81f0443d254e31e3e_x_Thumbnail800.jpeg

Apakah sahabat DQLab pernah mendengar teknik analisis data Systematic Literature Review? Analisis yang satu ini sedang digalakkan oleh banyak peneliti untuk menghasilkan publikasi ilmiah berupa jurnal. Apalagi saat pandemi Covid-19, teknik analisis data Systematic Literature Review dipilih sebagai salah satu alternatif peneliti agar tetap produktif dalam melakukan penelitian. Menurut definisinya, Systematic Literature Review merupakan penyusunan tinjauan literatur yang dilakukan melalui metode yang sistematis. 


Berbeda dengan literature review pada umumnya yaitu sumber bisa diambil dari mana saja, dalam Systematic Literature Review ini memperhatikan beberapa aspek seperti pada penelitian yang telah terpublish. Dengan peneliti memperhatikan aspek-aspek dalam Systematic Literature Review maka dapat diakui dan diterima di jurnal-jurnal bereputasi baik nasional maupun internasional.


Fungsi teknik analisis data Systematic Literature Review bagi peneliti adalah membuktikan efikasi klinis terhadap suatu fenomena yang berhasil ditangkap oleh peneliti, kemudian didapatkan jalan keluar berupa kegiatan penyelesaian masalah. 


Tahapan dari Systematic Literature Review dibagi dalam 4 stage yaitu Planning (perancangan review question dan perencanaan metode), Data Collection (pencarian kata kunci, screening judul dan abstrak, filtering & assessment, data extraction), Tahap Analisis (Analisis deskriptif dan tematik), kemudian diakhiri dengan Synthesis (diskusi). Dengan melakukan sintesis hasil-hasil penelitian melalui pendekatan systematic review dan menyajikannya dalam bentuk actionable messages (policy brief dan policy paper) maka fakta yang lebih konklusif, komprehensif dan berimbang untuk disampaikan kepada pemangku kepentingan. 


Untuk lebih jelasnya terkait dengan teknik analisis data Systematic Literature Review, yuk kita simak artikel berikut ini sahabat DQLab!


1. Mengenal Apa itu Systematic Literature Review

Systematic literature review adalah metode penelitian untuk melakukan identifikasi, evaluasi dan interpretasi terhadap semua hasil penelitian yang relevan terkait pertanyaan penelitian tertentu, topik tertentu, atau fenomena yang menjadi perhatian. Studi secara mandiri (individual study) merupakan bentuk studi primer (primary study), sedangkan systematic review adalah studi sekunder (secondary study). 

Teknik Analisis Data

Systematic Literature Review (SLR) didefinisikan sebagai proses mengidentifikasi, menilai dan menafsirkan semua bukti penelitian yang tersedia dengan tujuan untuk menyediakan jawaban untuk pertanyaan penelitian secara spesifik. Fungsi dari teknik analisis data Systematic Literature Review adalah melakukan sintesis sekaligus pendalaman dari berbagai hasil penelitian yang relevan. Dengan demikian fakta yang disajikan dalam hasil sintesa akan sangat bermanfaat untuk decision-maker sebagai pijakan keluaran kebijakan.


Baca juga: Teknik Analisis Data CRISP-DM dalam Data Mining


2. Tahapan Systematic Literature Review

Apabila kamu menggunakan Systematic Literature Review ada baiknya kamu perlu lalui tahapan-tahapan berikut:

Teknik Analisis Data

  • PLANNING, di planning ini kita menentukan terlebih dahulu Research Question (RQ) atau pertanyaan penelitian. RQ adalah bagian awal dan dasar berjalannya SLR. RQ digunakan untuk menuntun proses pencarian dan ekstraksi literatur. RQ yang baik adalah yang bermanfaat, terukur, arahnya ke pemahaman terhadap state-of-the-art research dari suatu topik penelitian. Ada 5 elemen dalam menentukan RQ yaitu sering disebut dengan PICOC (Population》software application, software system dan information system. Jadi pada bagian ini kita menentukan perangkat lunak yang akan menampung populasi data. Intervention 》models, methods, techniques, datasets. Dibagian ini menentukan metode penelitian yang akan dijadikan acuan. Comparison 》pembanding dari berbagai penelitian, Outcome 》 hasil dari metode penelitian dan Context 》isi dari penelitian ( di bidang industry atau akademik)).

  • CONDUCTING, Tahapan conduting adalah tahapan yang berisi pelaksanaan dari SLR itu sendiri, Dimulai dari penentuan keyword pencarian literatur (search string) yang basisnya adalah dari PICOC. Pemahaman terhadap sinonim dan alternatif pengganti kata akan menentukan akurasi pencarian literatur kita. Kemudian langkah berikutnya adalah penentuan sumber (digital library) dari pencarian literatur. Karena literatur yang kita kumpulkan akan sangat banyak, mungkin ratusan atau ribuan paper, maka disarankan untuk menggunakan tool software untuk mempermudah kita mengelola literatur seperti Mendeley, Zotero, EndNote, dsb. Hal-hal yang harus disaring yaitu; publication year/tahun publikasi dari penelitian (misal 2016–2019), publication type (journal, conference proceeding, search string (software), dan yang terakhir selected studies. Di selected studies ini kita menentukan kriteria inklusi dan kriteria eksklusi. Langkah terakhir setelah kita mendapatkan literatur yang kita inginkan, adalah ekstraksi data (data extraction), kemudian melakukan sintesis berbagai hal yang kita temukan dari literatur-literatur yang sudah kita pilih (synthesis of evidence). Tujuan utama dari sintesis data adalah untuk menganalisis dan mengevaluasi berbagai hasil penelitian dari berbagai literatur, dan untuk memilih metode yang paling tepat untuk mengintegrasikan penjelasan dan interpretasi dari berbagai temuan tersebut.

  • REPORTING, Reporting adalah tahapan penulisan hasil SLR dalam bentuk tulisan, baik untuk dipublikasikan dalam bentuk paper ke jurnal ilmiah atau untuk menyusun Bab 2 tentang Literature Review dari skripsi/tesis/disertasi kita. Struktur penulisan dari SLR biasanya terdiri dari 3 bagian besar, yaitu: Pendahuluan (Introduction), Utama (Main Body) dan Kesimpulan (Conclusion). Bagian Pendahuluan akan berisi latar belakang dan landasan mengapa SLR pada suatu topik itu penting dan harus dilakukan. Sedangkan Bagian Utama akan berisi protokol SLR, hasil analisis dan sintesis temuan, serta diakhiri dengan diskusi yang membahas implikasi dari hasil SLR. Bagian Kesimpulan akan berisi rangkuman dari temuan yang kita dapatkan, sesuai dengan RQ yang kita tetapkan di depan.


3. Perbedaan Systematic Literature Review dengan Literatur Review

Pasti kalian bertanya-tanya kira-kira apa sih perbedaan antara Systematic Literature Review dengan review literatur pada umumnya. Nah, ada sedikit perbedaan systematic literature review dengan review literatur yang umum dipakai dalam penelitian. Berikut adalah ringkasan perbedaan antar keduanya.

Teknik Analisis Data

Metode Pengumpulan

Systematic Literature Review menggunakan pendekatan metodologi ilmiah untuk merangkum hasil penelitian. Sedangkan literature review biasanya tidak menggunakan pendekatan metodologi ilmiah. Jadi suka-sukanya penulis saja apabila menggunakan review literatur untuk tinjauan penelitian terdahulu.

Keterlibatan Partisipan

Systematic Literature Review melibatkan tim peneliti. Sedangkan literature review dikerjakan oleh seorang penulis.

Pencarian Hasil 

Systematic Literature Review dilakukan pencarian hasil penelitian dan artikel dikerjakan secara sistematis. Sedangkan literature review pencarian hasilnya ataupun bukti-bukti artikel yang terkait tidak dikerjakan secara sistematis.


Baca juga : Contoh Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Kuantitatif


4. Contoh Systematic Literature Review

Saya ambil salah satu contoh Systematic Literature Review Kepuasan Pelanggan terhadap Jasa Transportasi Online. Saat ini banyak penelitian yang meneliti faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Sehingga diperlukan review terhadap paper jurnal yang membahas tentang kepuasan pelanggan transportasi online. Metode yang digunakan penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR) terhadap paper jurnal yang publish dari tahun 2016-2019. Terdapat tiga Research Question (RQ) yang ditetapkan pada penelitian ini. 


Hasil akhir yang diperoleh dari penelitian ini adalah aplikasi yang banyak diteliti yaitu Go-Jek dan Grab, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan responden yang paling banyak digunakan sebanyak 100 orang dan faktor yang paling banyak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan yaitu kualitas pelayanan. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi agar para pelaku bisnis penyedia jasa transportasi online terus meningkatkan kualitas pelayanannya sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan yang berakibat pada penggunaan ulang jasa tersebut.


Jadi gimana nih sahabat DQLab, sudah tahu kan bagaimana caranya melakukan analisis Systematic Literature Review? Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk belajar proses pengolahan data jika kamu sudah lulus dari background pendidikan non IT adalah dengan mengambil kursus. Salah satu lembaga kursus yang harus kamu coba adalah DQLab. Tenang saja, DQLab akan membantumu untuk belajar analisis data dari tahap dasar. Tunggu apalagi? Yuk langsung bergabung dengan cara signup di DQLab kemudian nikmati pembelajaran modul gratis Introduction to Data Science with Python atau Introduction to Data Science with R


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :