GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 47 Menit 32 Detik 

Teknik Analisis Data untuk Pengambilan Keputusan di Masa Mendatang

Belajar Data Science di Rumah 02-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/899de622bb38688a259423f7c70b1240_x_Thumbnail800.jpg

Teknik analisis data merupakan metode atau cara yang digunakan untuk mengolah data yang bertujuan memperoleh informasi yang berguna. Informasi tersebut dapat digunakan untuk pengambilan keputusan yang berpengaruh di masa mendatang. Tugas ini umumnya dilakukan oleh praktisi data seperti Data Scientist dan Data Analyst. Pengolahan hingga penyajian data menggunakan tools-tools tertentu yang mendukung proses tersebut diantaranya yaitu Python, R, SQL, Tableau, dan Excel. Yup, bener banget, Excel yang namanya tidak asing ini juga bisa digunakan untuk mengolah hingga menyajikan data.


Proses pengolahan data akan menggunakan teknik analisis data tertentu tergantung pada jenis data dan permasalahan yang akan diselesaikan. Bagaimana kita tahu teknik yang digunakan sudah tepat? Jadi, praktisi data harus memahami data yang akan diolah dan tujuan pengolahan data sehingga bisa menentukan teknik mana yang tepat. Praktisi data juga harus eksplorasi lebih dalam teknik-teknik analisis data. Lalu bagaimana cara implementasi teknik analisis data untuk pengambilan keputusan? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!


1. Implementasi Teknik Analisis Data

Teknik Analisis Data

Teknik analisis data dapat diimplementasikan di berbagai sektor seperti pendidikan, perbankan, industri retail, kesehatan, dan lain sebagainya. Dengan melakukan analisis data kita dapat meneliti hubungan antar variabel, melihat respon suatu kelompok terhadap suatu fenomena yang terjadi, membantu perusahaan dalam menetapkan strategi promosi, digital marketing, dan bahkan analisis data juga bisa digunakan untuk mengembangkan kultur perusahaan. Persaingan di dunia bisnis diketahui juga sangat ketat sehingga perusahaan perlu mengolah data secara berkala agar informasi yang diperoleh nantinya bisa digunakan oleh tim lain yang berkaitan dengan jalannya bisnis tersebut. Misalnya tim marketing, strategi bisnis, bagian produksi, atau untuk menentukan promosi online dan offline untuk meningkatkan penjualan.


Baca Juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


2. Langkah-Langkah Analisis Data

Teknik Analisis Data

Secara umum, dalam melakukan analisis data langkah awal yang dilakukan adalah mengumpulkan data. Data yang sudah terkumpul kemudian dibersihkan sehingga hanya data yang lengkap saja yang digunakan. Lakukan klasifikasi dan identifikasi pertanyaan berdasarkan data yang akan dianalisis. Selanjutnya data diuji validitas datanya. Data kemudian disajikan dalam bentuk tabel, grafik atau diagram agar bisa dipahami hasil dari analisis yang dilakukan. Kita juga bisa menambahkan ikon-ikon tambahan agar visualisasi data semakin interaktif. Hasil analisis inilah yang akan menjadi pedoman dalam mengambil keputusan untuk tindakan kedepannya.  


3. Jenis Analisis Data

Teknik Analisis Data

Ada macam-macam teknik analisis data diantaranya yaitu teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Teknik analisis data kualitatif merupakan metode yang digunakan untuk mengolah data yang bersifat narasi atau teks. Teknik ini biasanya digunakan dalam penelitian yang mengandung subjektivitas. Teknik analisis kualitatif dibagi menjadi tiga yaitu analisis konten, analisis wacana, dan analisis naratif. Sedangkan teknik analisis kuantitatif merupakan metode yang digunakan untuk mengolah data yang bersifat numerik atau angka. Teknik ini digunakan dalam penelitian yang mengandung objektivitas. Teknik analisis kuantitatif dibagi menjadi dua yaitu analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. 


4. Model Teknik Analisis Data

Teknik Analisis Data

Dalam melakukan penelitian terdapat dua model teknik analisis data yaitu sebagai berikut:

  • Model induktif adalah analisis data yang prosesnya berlangsung dari fakta-fakta (data) ke teori. Cara ini menghindari manipulasi data-data penelitian, sehingga berdasarkan data baru disesuaikan dengan teori (Rohmadi & Nahsuca, 2015:34). Selain itu menurut Bryman & Burgess (2002:4) analisis data model induktif sangat berkaitan dengan studi mengenai permasalahan sosial. Model analisis induktif mengharuskan peneliti menyesuaikan kasus yang tidak sesuai dengan hipotesis dengan merevisi hipotesis atau mengambil kembali data-data ke lapangan. 

  • Model deduktif adalah analisis yang berkebalikan dari model induktif. Dalam model analisis deduktif prosesnya berlangsung dari teori-teori baru ke fakta-fakta atau data penelitian. 


Baca Juga : Metode Pengolahan Data: Ketahui Proses Pengolahan Data Dengan Metode Analisis Deskriptif


5. Tingkatkan Kemampuan Analisis Data Bareng DQLab

Siapa yang tertarik jadi praktisi data? Profesi dengan jenjang karir yang menjanjikan serta gaji yang besar menjadi hal yang menarik banyak pihak. Tidak hanya yang berlatar belakang IT, namun juga menarik bagi yang tidak  berlatar belakang IT. Bahkan tidak sedikit yang beralih profesi menjadi praktisi data seperti Data Scientist, Data Analyst, Data Engineer, dan lain sebagainya. Nah, untuk mencapainya kamu perlu menguasai skill terutama dalam menganalisis data. Kamu pemula yang mau belajar data dari nol bersama para mentor profesional? Yuk, daftarkan dirimu di DQLab.id dan belajar data dengan kurikulum baru dan terstruktur!


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!