GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 1 Jam 0 Menit 51 Detik 

Teknik Pengolahan Data Kualitatif untuk Data yang Bersifat Naratif

Belajar Data Science di Rumah 05-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/003f21b1fc86e720554d10a9679eb984_x_Thumbnail800.png

Teknik pengolahan data kualitatif merupakan metode yang dikelompokkan berdasarkan sifatnya yang digunakan untuk mengolah data kualitatif. Data kualitatif umumnya bersifat naratif seperti dalam bentuk teks, narasi, dan sebagainya. Banyak penelitian yang menggunakan teknik pengolahan data kualitatif misalnya penelitian tentang tanggapan masyarakat terkait kenaikan harga BBM. Secara umum data kualitatif berkaitan dengan fenomena atau gejala sosial yang pernah atau sedang terjadi dan berpengaruh terhadap suatu kelompok atau komunitas. Dalam pengolahan data kualitatif, kondisi ini yang akan menjadi fokus objek penelitian.


Proses pengolahan data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan. Tahap pengumpulan data tidak dilakukan sembarangan, namun ada metode yang digunakan sesuai dengan teknik pengolahan yang akan digunakan. Kemudian tahap reduksi data juga diperlukan agar data yang digunakan dalam penelitian merupakan data yang utuh dan layak digunakan. Pada penyajian data, biasanya akan disajikan dalam bentuk plot, grafik atau lainnya yang berbentuk visual yang menarik dan mudah dipahami oleh orang lain. Tulisan kali ini akan membahas serba-serbi teknik pengolahan data kualitatif. Yuk, simak di bawah ini!


1. Macam Metode Pengumpulan Data Kualitatif

Metode pengumpulan data kualitatif tentu berbeda dengan metode pengumpulan pada jenis data lainnya. Ada beberapa metode pengumpulan data kualitatif yang bisa digunakan yaitu sebagai berikut:

  • Focus Group Discussion (FGD) merupakan metode pengumpulan data kualitatif dengan melakukan diskusi yang fokus pada suatu tema yang bertujuan untuk menemukan makna atau pemahaman kelompok tertentu. Biasanya bentuk diskusi ini dijembatani oleh moderator yang bertugas menjaga jalannya diskusi yang terjadi antar peserta diskusi. 

  • Metode wawancara (interview) merupakan metode yang berlangsung dengan proses tanya jawab antara dua orang atau lebih secara lisan yang bertujuan mendapatkan informasi-informasi atau keterangan-keterangan secara langsung dari responden. Proses wawancara ini dapat direkam oleh pewawancara agar dapat dipelajari kembali jawaban-jawaban yang diberikan oleh responden. Selain dengan bertatap muka, proses wawancara juga bisa dilakukan via telepon.

  • Metode observasi adalah teknik pengumpulan data dengan melakukan pengamatan secara langsung di lapangan seperti mengamati interaksi belajar mengajar, mengamati tingkah laku anak terhadap kelompok sekitarnya, dan sebagainya. Metode ini dilakukan dengan prosedur atau aturan tertentu sehingga hasil observasi dapat ditafsirkan secara ilmiah. Hasil dari observasi ini dapat dijadikan gambaran peristiwa atau perilaku pada manusia dan dapat dijadikan alat ukur penelitian.


Baca juga : Teknik Pengolahan Data Kualitatif: Ketahui Macam-Macam Metode Pengumpulan Data


2. Kapan Menggunakan Teknik Pengolahan Data Kualitatif?

Penerapan teknik pengolahan data yang tepat dapat ditentukan antara lain dari jenis data yang dimiliki dan tujuan penelitian yang akan dilakukan. Maka dari itu dalam penelitian, menyusun rumusan masalah penting dilakukan agar penelitian berjalan secara terarah dan mampu menjadi jawaban terkait permasalahan penelitian. Teknik pengolahan data kualitatif dapat digunakan dalam penelitian memerlukan pendekatan data yang bersifat subyektif. Dikatakan bersifat subyektif karena penelitian mengandung pemahaman masing-masing individu. Selain itu, karena data yang bersifat naratif, metode analisis kualitatif memerlukan kemampuan interpretasi data yang baik oleh peneliti. 


3. Jenis Metode Pengolahan Data Kualitatif

Berbeda jenis datanya, berbeda pula teknik pengolahan datanya. Begitu pula dengan data kualitatif yang memiliki beberapa jenis metode pengolahan data yang bisa digunakan oleh peneliti diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Analisis wacana adalah metode yang digunakan untuk menganalisis interaksi manusia dan berfokus pada konteks sosial yang mana terjadi komunikasi antara responden dan peneliti. 

  • Analisis konten adalah metode yang digunakan ketika dalam penelitian perlu memahami tema dalam data kualitatif secara keseluruhan. Pengkodean data dalam metode ini  menggunakan warna atau ide tertentu dalam menemukan rangkaian data yang paling umum. 

  • Analisis naratif adalah metode yang berfokus pada cara penyampaian ide ke seluruh pihak terkait. Teknik analisis wacana berfokus pada konteks sosial yang mana terjadi komunikasi antara responden dan peneliti. Penggunaan teknik ini dapat membantu dalam memahami kultur perusahaan.


4. Teknik Pengolahan Data Kualitatif Bisa Dikombinasikan, loh!

Apakah data kualitatif hanya boleh menggunakan teknik pengolahan data kualitatif saja? Jawabannya adalah tidak. Dalam penelitian terdapat metode analisis yang menggabungkan metode analisis kuantitatif dan analisis kualitatif secara sekuensial ataupun sebaliknya. Metode ini disebut juga dengan mixed-methods. Metode gabungan ini digunakan ketika pertanyaan dalam penelitian kurang terjawab dengan hanya menggunakan satu metode saja. Dengan kata lain, pertanyaan dalam penelitian tersebut mencakup hal-hal kuantitatif dan kualitatif, serta filosofi penelitian yang bersifat praktis dan terapan. Adapun jenis penelitian gabungan terdiri atas penelitian pengembangan model atau instrumen, penelitian evaluasi program, penelitian kebijakan, dan penelitian tindakan.


Baca juga : Kenali 3 Jenis Metode Pengolahan Data Kuantitatif


5. Tingkatkan Kemampuan Mengolah Data Bersama DQLab

Sudah paham mengenai teknik pengolahan data kualitatif? Sekarang saatnya kamu mempraktikkannya. Jika ingin menjadi praktisi data, maka kemampuan pengolahan data sangat diperlukan. Tingkatkan kemampuan tersebut dengan berlatih menggunakan berbagai jenis data dan mempelajari metode yang cocok dengan data yang dimiliki. Jangan lupa untuk mendokumentasikannya dalam bentuk source code atau tulisan di blog sebagai portofolio datamu. Portofolio data akan menjadi nilai tambah bagi recruiter dalam melihat potensi dan tingkat kemampuan dalam mengolah data. Yuk, gabung di DQLab.id untuk mulai belajar data dan menambah portofolio datamu!



Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya




Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!