Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Teknik Pengolahan Data Kuantitatif: Pahami Metode Pengumpulan Hingga Penyajian Datanya

Belajar Data Science di Rumah 06-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/6a9788ec68e5b4501ceec4e72c51ebe4_x_Thumbnail800.jpg

Berdasarkan sifatnya data dibagi menjadi dua yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif adalah data yang berbentuk narasi seperti teks atau karakter. Sedangkan data kuantitatif adalah data yang berbentuk numerik atau angka. Kedua tipe data tersebut memiliki teknik pengolahan datanya masing-masing. Mulai dari pengumpulan data hingga penyajian datanya tentu punya karakteristik tersendiri. Misalnya pada data kuantitatif akan lebih mudah diolah karena data sudah dalam bentuk angka. 


Teknik pengolahan data kuantitatif merupakan metode yang digunakan ketika penelitian menggunakan data bertipe numerik atau angka seperti data statistik, data total penjualan, dan lain sebagainya. Sebagai peneliti harus paham tipe data yang digunakan sehingga tepat dalam menerapkan metode yang sesuai. Pada artikel kali ini kita akan memahami lebih dalam teknik pengolahan data kuantitatif mulai dari pengumpulan data hingga penyajian datanya. Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!


1. Metode Pengumpulan Data Kuantitatif

Pengumpulan data merupakan tahapan penting untuk memulai suatu penelitian. Data dapat dikumpulkan dengan berbagai cara berdasarkan tema serta tujuan penelitian yang dilakukan. Penting bagi peneliti untuk tahu jenis penelitian yang akan digunakan seperti teknik pengolahan data kuantitatif yang dikelompokkan berdasarkan sifatnya. Beberapa metode pengumpulan data yang bisa digunakan dalam teknik pengumpulan data kuantitatif yaitu sebagai berikut:

  • Kuesioner merupakan pertanyaan tertulis yang digunakan untuk mendapatkan informasi dari responden. Metode ini sangat baik jika jumlah responden sangat banyak.

  • Wawancara terbagi menjadi dua yaitu wawancara terstruktur dan tidak terstruktur. Wawancara terstruktur digunakan ketika sudah mengetahui data yang ingin dikumpulkan. Sedangkan wawancara tidak terstruktur merupakan wawancara yang dilakukan secara bebas dimana peneliti tidak menggunakan pedoman dalam wawancaranya. 

  • Observasi merupakan metode yang digunakan ketika ingin mengamati fenomena atau gejala yang terjadi pada komunitas tertentu. Metode observasi dibagi menjadi dua yaitu observasi participant dan observasi non participant. 


Baca juga : Teknik Pengolahan Data Kualitatif: Ketahui Macam-Macam Metode Pengumpulan Data


2. Penggunaan Teknik Pengolahan Data Kuantitatif dalam Penelitian

Teknik pengolahan data kuantitatif digunakan ketika penelitian yang dilakukan mengandung objektivitas. Metode analisis kuantitatif memerlukan perhitungan matematika dan statistik secara akurat. Tahapan pertama saat menggunakan teknik pengolahan data kuantitatif yaitu melakukan validasi data untuk memeriksa kembali apakah data sudah sesuai dengan standar penelitian atau tidak dengan mengambil sampel acak. Ada empat langkah yang dapat dilakukan untuk memvalidasi data yaitu:

  • Fraud bertujuan untuk menyimpulkan apakah semua responden sudah melakukan wawancara atau belum.

  • Screening untuk memastikan responden sesuai kriteria.

  • Procedure untuk memastikan bahwa pengumpulan data sudah dilakukan dengan benar.

  • Completeness untuk memastikan bahwa pewawancara sudah menanyakan semua pertanyaan kepada responden. 

Tahapan kedua yaitu melakukan editing data yang bertujuan menyunting data mentah yang sudah dikumpulkan. Tahap terakhir yaitu melakukan pengkodean data yang bertujuan mengelompokkan data berdasarkan karakteristiknya agar mudah untuk dianalisis. 


3. Analisis Data Kuantitatif

Analisis merupakan tahapan penting dalam pengolahan data. Analisis data akan menghasilkan informasi yang berguna yang bisa dijadikan pedoman dalam penarikan kesimpulan sebuah penelitian. Pada teknik pengolahan data kuantitatif terdapat dua metode yang bisa digunakan yaitu sebagai berikut:

  • Analisis deskriptif adalah metode yang digunakan untuk menyajikan data secara deskriptif dan apa adanya. Biasanya teknik statistik yang digunakan yaitu antara lain mean, median, skewness, dan simpangan baku dan varians. 

  • Analisis inferensial adalah metode yang menggunakan rumus tertentu. Hasil dari perhitungan tersebut menjadi dasar untuk generalisasi dan pengambilan keputusan. Teknik statistik biasanya menggunakan uji-T, ANOVA, korelasi, dan regresi.

  • Univariat dapat diterapkan ketika penelitian hanya mengandung satu variabel saja.

  • Bivariat digunakan untuk melihat hubungan pada dua variabel yaitu variabel dependen dan independen.

  • Multivariat memiliki prinsip yang mirip dengan bivariat tetapi variabel yang dianalisis lebih dari dua yang mana variabel independen memiliki sub-subnya. Pilihannya bisa menggunakan analisis faktor, diskriminan, konikal, MANOVA, dan MANCOVA.

  • Multivariat Gen-2 ada beberapa pilihan yaitu LISREL (Linear Structural Relationship), PLS (Partial Least Square), dan AMOS (Analysis of Moment Structure).


4. Rekomendasi Chart untuk Data Kuantitatif

Data yang sudah dianalisis biasanya akan disajikan ke dalam bentuk grafik atau chart. Ada banyak jenis chart yang bisa digunakan baik dari yang sederhana hingga yang kompleks. Chart yang kompleks cocok digunakan untuk menyajikan topik-topik yang spesifik seperti statistik. Chart paling umum untuk menyajikan data yaitu antara lain sebagai berikut:

  • Pie chart digunakan untuk menyajikan data dalam bagian-bagian atau persen dari keseluruhan data. 

  • Bar chart digunakan untuk menggambarkan perkembangan nilai suatu objek dalam kurun waktu tertentu. 

  • Line chart digunakan untuk menyajikan data statistik yang diperoleh dari waktu ke waktu.

  • Steam and leaf plot digunakan untuk menggambarkan bentuk visual dari sebaran data menggunakan data aslinya. 

  • Bloxplot digunakan untuk menyajikan data numerik melalui lima ukuran yaitu nilai minimum, maksimum, quartil 1, quartil 2 atau median, dan quartil 3. 


Baca juga : Kenali 3 Jenis Metode Pengolahan Data Kuantitatif


5. Belajar Teknik Pengolahan Data Kuantitatif Bersama DQLab

Bingung belajar data mulai dari mana? Kamu bisa memulainya dengan banyak membaca mengenai jenis data, pengolahan data, dan lainnya yang berkaitan dengan data. Bisa dari artikel, buku, atau media sosial yang membahas tentang data. Selanjutnya kamu bisa mempelajari teknik pengolahan data dengan langsung mempraktekkannya menggunakan data sederhana hingga yang kompleks. Salah satu alternatif belajar data adalah mengikuti kursus data yang memberikan modul terstruktur sehingga pemula juga bisa belajar data dan mulai membanmbangun portofolio data. Yuk, tunggu apa lagi! Daftar di DQLab.id dan mulai belajar teknik pengolahan data bareng sahabat data lainnya. 



Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!