SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

0 Hari 14 Jam 54 Menit 30 Detik

Telusuri Roadmap Data Engineer Terupdate 2024

Belajar Data Science di Rumah 18-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-04-2024-05-19-093209_x_Thumbnail800.jpg

Hampir seluruh perusahaan di dunia ini memiliki jumlah data yang sangat banyak dan besar. Hal ini membuat profesi data engineer semakin banyak dibutuhkan di berbagai sektor bisnis untuk bisa mengumpulkan dan mengelola data dalam jumlah yang sangat besar. Tidak mengherankan jika banyak sekali orang memiliki ketertarikan untuk menjadi seorang data engineer. Sebelum kalian memutuskan untuk menjadi seorang data engineer, kalian harus memahami apa itu roadmap data engineer.


Data engineer sendiri adalah proses yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menyiapkan data untuk penggunaan analitis atau operasional, seorang data engineer memiliki tanggung jawab untuk membangun data pipeline untuk menyalurkan informasi dari sistem ke sumber yang berbeda-beda. Roadmap data engineer akan memudahkan kalian untuk mempelajari hal apa saja sebelum terjun ke dunia data. Apa sajakah itu? Yuk kita lihat pembahasan di bawah ini!


1. Mempelajari Bahasa Pemrograman

Hal yang pertama untuk memulai karier menjadi seorang data engineer adalah mempelajari bahasa pemrograman yang dibutuhkan contohnya seperti Python, Scala, Java, R, dan SQL. 


Python dan R adalah bahasa pemrograman yang paling sering digunakan dalam mengembangkan website, system scripting, software, dan juga manajemen data. Pythondan R juga sudah memiliki banyak sekali library di dalamnya yang bisa kalian pakai dan gunakan untuk mengolah data seperti Pandas dan Numpy.


Untuk Java dan Scala umumnya digunakan untuk memproses data tingkat lanjut dengan performa yang jauh lebih maksimal, kedua bahasa ini juga bisa digunakan untuk membangun sistem big data seperti Apache Spark dan Kafka yang dibuat dengan menggunakan Scala dan Hadoop. Selain itu, kalian juga harus mempelajari SQL untuk bisa mengelola database secara mudah.

Python


Credit by Medium


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Pahami Otomatisasi dan Skrip

Seorang data engineer harus mengetahui beberapa cara untuk melakukan otomatisasi tugas. Ada beberapa tools yang bisa kalian gunakan untuk melakukan hal ini, seperti Shell scripting dan CRON. Faktanya, seorang data engineer akan banyak sekali bekerja dengan scripting di dalam proses untuk mendapatkan data atau dalam proses manajemen data.


Proses scripting ini akan menerjemahkan perintah menjadi kode-kode yang bisa digunakan untuk mengumpulkan dan mendapatkan data, menerjemahkan data, dan juga manajemen data.


3. Memahami Data Processing

Data processing adalah proses untuk mengubah data mentah menjadi bentuk data yang bisa dianalisis. Salah satu tools yang biasa digunakan untuk melakukan data processing adalah Apache Spark. Kalian bisa mulai untuk mempelajari teknik data processing ini dengan mengetahui dahulu asal data, melakukan pemrosesan lebih lanjut dan hasil dari pemrosesan akan disimpan di dalam database. Beberapa stream processing juga biasa dilakukan melalui Kafka atau Flink.

Data Engineer

Credit by Medium


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


4. Mempelajari Cloud Computing

Efektivitas dalam penyimpanan big data akan menjadi sebuah hal yang cukup krusial untuk sebuah perusahaan, maka dari itu sebagai seorang data engineer kalian harus memiliki kemampuan dan pemahaman bagaimana cara mengoperasikan platform cloud computing ini. Salah satu keuntungan dari cloud computing ini adalah mampu memusatkan kekuatan pemrosesan dan memungkinkan perusahaan dalam menyimpan data dalam jumlah yang tidak terbatas. Platform cloud computing yang paling populer saat ini adalah AWS (Amazon Web Services), Microsoft Azure dan Google Cloud Platform. 


Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang data engineer, langkah pertama yang perlu Anda ambil adalah memperoleh pemahaman yang kuat tentang dasar-dasar teknologi dan analisis data. Pelajari bahasa pemrograman seperti Python, R, atau SQL, serta konsep-konsep dasar dalam pengelolaan database dan teknik pengolahan data. Selain itu, Anda juga perlu menguasai alat-alat dan platform yang umum digunakan dalam industri seperti Apache Hadoop, Spark, dan Apache Kafka.


Selalu mencari kesempatan untuk memperluas pengetahuan Anda melalui kursus online, buku, dan proyek-proyek praktis. Ingatlah bahwa menjadi seorang data engineer membutuhkan dedikasi, ketekunan, dan keterampilan teknis yang solid, tetapi dapat membawa Anda ke arah karier yang sangat memuaskan dalam era digital ini.


Cukup sign up di DQLab.id/signup untuk #MulaiBelajarData. Dapatkan sertifikat dan hadiah menarik setelah menyelesaikan modulnya, serta akses semua modul premium dengan berlangganan di DQLab.id.

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login