Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Temukan Pengenalan Python Dasar di Bootcamp DQLab

Belajar Data Science di Rumah 28-Februari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3ee454ecc409b48d8a61c619585c4779_x_Thumbnail800.jpeg

Sebagai salah satu bahasa yang sering digunakan oleh praktisi data, Python merupakan salah satu skill teknis yang wajib kamu miliki.


Python juga dikenal sebagai bahasa pemrograman tingkat tinggi yang powerfull bagi para programmer yang digunakan untuk berbagai keperluan seperti untuk pengembangan website, Internet of Things, game hingga Data Science.


Itu alasan yang mendasari mengapa Python memiliki penggemar fanatik. Jadi, tidak ada alasan bagi kamu meskipun masih tergolong pemula untuk mulai belajar Python.


Di era sekarang yang semua sudah serba digital, memudahkan kita dalam belajar sesuatu hal dengan mudah, caranya adalah dengan melalui pelatihan, kursus, bootcamp, dan sejenisnya. 


Untuk mendapatkan informasi tentang jasa penyedia bootcamp dan sebagainya dapat dengan mudah kita peroleh, karena bisa kita akses melalui website maupun media sosial.


Salah satu contohnya adalah, jika kalian memiliki minat untuk mempelajari bahasa pemrograman Python dan ingin mengikuti sebuah bootcamp, maka kalian akan bisa mempelajari bahasa Python dengan secara intensif dengan bantuan para mentor-mentor yang handal.


Lalu apa saja materi-materi yang biasanya diajarkan dalam bootcamp Python? Simak selengkapnya melalui artikel berikut ini yuk.


1. Perkenalan Python

Python adalah salah satu bahasa pemrograman paling serba guna dan paling banyak digunakan di dunia. Bahasa ini sangatlah populer di kalangan pemula di bidang pemrograman. Python juga memberikan pengguna kemungkinan untuk mencoba bidang coding manapun yang diinginkan. 


Guido van Rossum adalah sosok di balik bahasa pemrograman Python. Bahasa pemrograman ciptaan Rossum ini sering dipakai dalam pembuatan berbagai jenis program. Diantaranya seperti program GUI (desktop), aplikasi mobile, internet of things (IoT), web, game, dan program untuk hacking.


Bagi pemula yang ingin belajar bahasa pemrograman Python mungkin akan sedikit bingung kira-kira apa saja yang akan dipelajari.


Sebagai pelajaran atau materi dasar dalam bahasa pemrograman ini kita akan belajar mengenai aturan sintaks dalam Python, tipe data dan variabel, jenis-jenis operator, mengambil input, menampilkan output, percabangan if else, perulangan for, perbedaan list, tuple dan set dan masih banyak lainnya.


Baca juga : Yuk Cari Tahu Perbedaan Python R dan SQL


2. Struktur Pengambilan Keputusan & Perulangan

Percabangan atau loop pada Python biasanya sering digunakan oleh para praktisi data dalam membuat decision making atau pengambilan keputusan suatu data. Kondisi ini juga lebih akrab disebut sebagai conditional statement pada bahasa pemrograman Python.


Conditional statement merupakan aliran yang mengontrol kode program Python berdasarkan pengujian pernyataan bersyarat.


Tidak seperti bahasa pemrograman lainnya, Python hanya mengenal satu fungsi percabangan (kondisi) saja. Tidak ada switch atau case dalam Python, tetapi hanya fungsi if saja.


Python


Pengambilan keputusan (kondisi if) digunakan untuk mengantisipasi kondisi yang terjadi saat jalannya program dan menentukan tindakan apa yang akan diambil sesuai dengan kondisi. Ketika ternyata tidak sesuai berarti kondisi tersebut adalah kondisi yang lainnya atau else setelah kondisi umumnya.


If berarti terdapat adanya keputusan yang harus diambil atas dua pilihan. Elif artinya ketika kondisi lainnya tidak tercapai saat program berjalan. Sedangkan else berlaku sebaliknya saat tidak ada satu kondisi yang terpenuhi.


3. Struktur Data List & Dictionary 

Struktur data pada Python berhubungan dengan penyimpanan database sedangkan algoritma Python merupakan serangkaian instruksi rinci yang membantu dalam pemrosesan data untuk tujuan tertentu.


Struktur data adalah serangkaian cara untuk mengatur dan menyimpan data serta berisi hubungan data dan berbagai operasi logis yang bisa diterapkan pada data. Struktur data dibagi menjadi dua, yaitu struktur data primitif dan non primitif.


Python


Data yang termasuk kedalam tipe primitif adalah integer, float, strings, dan boolean, sedangkan yang termasuk data non primitif adalah array, list, tuple, dictionary, sets, dan files. Beberapa tipe data non primitif seperti list, tuple, dictionary, dan sets sudah ada di dalam Python.


4. Ikuti Bootcamp Python Bersama  DQLab

Salah satu bootcamp yang tersedia di DQLab adalah bootcamp yang berjudul “Data Analyst with Python & SQL”. Dalam kelas ini peserta akan membangun skill data analyst melalui materi fundamental Python & SQL untuk mengolah dan menganalisis data.



Tentunya kelas ini akan dibimbing oleh para mentor yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 Juni - 28 Agustus 2023.


Beberapa materi yang akan dipelajari adalah memahami coding dasar dengan Python secara bertahap, melakukan pengolahan data dengan SQL untuk pengambilan data, pengurutan sampai penggabungan data, menerapkan pengolahan data dasar dengan Python, merancang dan menghasilkan visualisasi dengan menggunakan library-library Python, dan masih banyak lainnya.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Hai sahabat DQ, ingin jago dalam bahasa pemrograman Python? Atau bingung buat pilih bootcamp yang cocok dengan kebutuhan, kesibukan, dan ingin belajar lebih lanjut?


Kalian bisa belajar melalui program Bootcamp Live Class yang disediakan oleh DQLab. Live Class adalah salah satu metode pembelajaran paling tepat yang ditawarkan DQLab agar Sahabat DQ bisa mulai belajar Python.


Tidak hanya Python, bahkan di sini kalian juga bisa belajar SQL yang juga menunjang pemahaman kalian di bidang Data Science. Apa saja manfaat mengikuti Live Class ini?

  • Variatif dan komplit. Variatif karena terdiri dari kelas pemula sampai advance. Komplit karena tidak hanya belajar teori tapi juga praktik. 

  • Materi dan rekaman dapat diakses selamanya.

  • Mendapatkan dukungan dari awal. Live Class memberikan kelas persiapan untuk memastikan kalian siap mengikuti kelas

  • Dibimbing dengan mentor berpengalaman.

  • Mendapatkan komunitas baru yang saling mendukung.


Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri kalian atau Sign Up dan nikmati semua manfaat di atas!


Penulis: Salsabila MR
Editor: Annisa Widya Davita

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login