Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Tentang Machine Learning dan Beberapa Contohnya

Belajar Data Science di Rumah 26-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-senin-07-2024-03-25-211442_x_Thumbnail800.jpg

Machine learning atau sering disebut dengan pembelajaran mesin adalah salah satu cabang ilmu dari artificial intelligence. Secara umum, machine learning adalah sebuah mesin yang dikembangkan agar bisa belajar secara mandiri tanpa adanya arahan dari seorang manusia sebagai penggunanya. Machine learning ini dikembangkan dengan menggunakan bidang keilmuan lainnya seperti data mining, statistika, dan juga matematika. 


Itulah sebabnya, machine learning bisa belajar menganalisa data tanpa harus kalian program ulang. Machine learning juga bisa mempelajari data yang ada dan juga data yang ia sudah dapatkan, sehingga bisa melakukan berbagai macam tugas, tergantung dari apa yang ia sudah latih dan pelajari. Nah, pada artikel kita kali ini, kita akan membahas contoh-contoh machine learning yang banyak dipakai di keseharian kita. Apa sajakah itu? Yuk kita simak pembahasan di bawah ini!


1. Penerjemah Bahasa

Penerjemah bahasa adalah salah satu aplikasi yang sangat sering dipakai oleh banyak orang dan termasuk ke dalam machine learning. Untuk membuatnya, kalian harus melatih algoritmanya agar bisa menerjemahkan teks yang diberikan. Cara kerja dari machine learning ini adalah memberikan dataset berbentuk serangkaian kata dalam dua bahasa yang berbeda. 


Setelah itu, algoritma akan belajar untuk mempelajari pola dari data tersebut dan juga mengembangkan aturannya dalam menerjemahkan teks tersebut. Salah satu contoh aplikasinya adalah Google Translate.

Machine Learning


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Optimasi Media Sosial

Beberapa platform seperti Facebook, Instagram, dan juga Twitter pastinya menggunakan data yang cukup besar dan kecerdasan buatan untuk meningkatkan fungsionalitasnya dan juga memperkuat pengalaman penggunanya. Nah, machine learning disini sangatlah membantu dalam memerangi konten-konten yang tidak pantas yang bisa menimbulkan resiko bagi platform tersebut seperti kehilangan pengguna dan juga melemahkan loyalitas merek.


Pemrosesan data melalui jaringan saraf juga bisa memungkinkan platform sosial ini untuk mempelajari preferensi penggunanya saat mereka menawarkan saran konten dan menargetkan iklan kepada mereka. 


3. Prediksi Lalu Lintas

Pada saat kalian menggunakan aplikasi Google Maps untuk memetakan perjalanan kalian ke suatu tempat, Google maps akan memberikan perkiraan waktu kedatangan. Google akan menggunakan machine learning untuk membuat model berapa lama perjalanan akan dilakukan dengan berdasarkan lalu lintas historis yang diperoleh dari satelit.


Data tersebut kemudian akan diambil dengan berdasarkan perjalanan kalian saat ini dan juga tingkat lalu lintas untuk bisa memprediksi rute terbaik dengan berdasarkan faktor-faktor ini.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


4. Teknologi Mobil Self Driving

Jenis machine learning yang cukup sering digunakan adalah reinforcement learning yang digunakan untuk mendukung teknologi tanpa pengemudi. Perusahaan-perusahaan kendaraan self driving biasanya menggunakan sensor pembelajaran mesin untuk mengumpulkan data lingkungan sekitar mobil secara real time.


Data ini akan membantu untuk memandu respons mobil dalam berbagai macam situasi baik pada saat manusia menyeberang jalan, lampu merah, ataupun mobil lain di jalan raya. 

Machine Learning


Gimana sahabat DQ? Ngga perlu khawatir jika kamu belum memiliki pengalaman tentang machine learning sebelumnya, kamu tetap bisa mengasah pemahaman mendasar kamu tentang machine learning, kamu bisa bergabung dalam modul DQLab yang berjudul “Basic Feature Discovering for Machine Learning” Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn.


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login