PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 2 Jam 12 Menit 25 Detik

Terapkan Data Science, Siap-siap Bisnis Meroket!

Belajar Data Science di Rumah 15-Juni-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-kamis-05-2024-06-16-140416_x_Thumbnail800.jpg

Kecanggihan teknologi masa kini semakin berkembang dari waktu ke waktu. Untuk menyeimbangkan kecanggihan teknologi tersebut, diperlukan bidang ilmu yang sesuai, salah satunya adalah data science. Data science atau ilmu data adalah yang bisa digunakan untuk proses pengolahan data. Data science bisa juga digunakan untuk bisnis. Pada umumnya, data science ini akan diterapkan oleh praktisi data atau data scientist untuk menganalisis data perusahaan sehingga menghasilkan keputusan untuk perusahaan.


Data science adalah bidang ilmu yang memiliki peranan penting dalam bidang bisnis. Seperti yang telah kita ketahui bahwa saat ini kita berada dalam era big data, dimana data dengan mudahnya dapat diakses dalam waktu yang cepat dan berukuran sangat besar. Data science ini perlu dipelajari dengan baik oleh data scientist dan praktisi data lainnya. Pada artikel kali ini khususnya kita akan mengenali apa saja peranan data science untuk bisnis. Yuk, simak bersama-sama!


1. Meningkatkan Efisiensi

Ketika seseorang melakukan suatu pekerjaan, diperlukan keefisienan dalam melakukannya. Hal itu bisa dimulai dari proses awal sampai akhir. Sebagai contoh bagi seorang praktisi data yang secara umum tugasnya adalah menganalisis data. praktisi data ini memerlukan dasar ilmu data science untuk membantu kemudahan dalam proses analisis. dengan menggunakan data science, pengguna bisa lebih efisien dari segi waktu, tenaga maupun biaya.

Data Science

sumber: Sumihai Teknologi Indonesia


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Meningkatkan Akurasi

Bagi seorang data analyst maupun data scientist, akurasi atau tingkat kebenaran merupakan bagian penting yang tidak boleh terlewat. Sebagai contoh pada saat seseorang sedang menggunakan teknik menganalisis data, perlu dilakukan evaluasi apakah hasil analisis yang diperoleh memiliki tingkat akurasi yang tinggi atau tidak. Peningkatan akurasi ini bisa diperoleh dengan menerapkan ilmu data science yang bisa digunakan untuk menganalisis data. 

Data Science

sumber: CounTama


3. Menghasilkan Produk yang Relevan

Seseorang pada masa kini seringkali menggunakan fitur marketplace atau sebagainya untuk berbelanja secara online. Tahukah kalian, bahwa ketika kita berbelanja suatu produk secara online akan meninggalkan data riwayat pembelian dalam perusahaan? Nah, data riwayat pembelian maupun stok produk itu menjadi salah satu acuan untuk menghasilkan produk yang relevan keduanya.


Data science akan berperan dalam proses analisis untuk menentukan produk mana saja yang sebaiknya ditambahkan, dikurangi, dan sebagainya. Hal ini tentunya akan memperbesar peluang perusahaan untuk menghasilkan keuntungan yang lebih besar bukan?


4. Inovasi Baru

Kini telah banyak perusahaan atau bisnis yang telah bersaing dengan ketat untuk sama-sama meningkatkan performa bisnisnya. Dalam dunia bisnis yang persaingannya semakin ketat, diperlukan inovasi baru dalam berbisnis. Data science bisa membantu menemukan inovasi baru dengan membaca pola yang sedang tren di masanya. Inovasi baru dalam bisnis ini bisa berupa produk maupun layanan, sesuai dengan bidang yang digeluti oleh perusahaan tersebut.

Data Science

sumber: Kompasiana


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Ketika seseorang menjalankan bisnis, perlu untuk mempelajari berbagai hal yang dapat menunjang keberhasilan bisnis tersebut. Data science adalah salah satu ilmu yang perlu dipelajari oleh praktisi data perusahaan untuk mempermudah proses analisis data.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login