PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 22 Jam 1 Menit 52 Detik 

Tertarik Belajar Data Science Secara Otodidak? Kenapa Tidak!

Belajar Data Science di Rumah 28-September-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2f3bdd6ccc8e580d9143fabd431504ae_x_Thumbnail800.jpg

Seiring dengan perkembangan zaman, Data Science menjadi hal yang sangat dibutuhkan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang baru muncul karena perkembangan teknologi. Tidak bisa dipungkiri, lahirnya Data Science menciptakan banyak kemudahan dalam kehidupan manusia, tidak hanya bagi mereka yang bekerja di kantor saja, namun juga untuk masyarakat secara umum.


Bahkan kecanggihan yang diberikan oleh smartphone yang kita gunakan tidak jauh-jauh dari Data Science, Artificial Intelligence, dan Machine Learning.


Hal ini membuat banyak orang yang mulai tertarik untuk mempelajari ilmu ini. Sayangnya, biaya yang dibutuhkan agar bisa mengikuti bootcamp atau kursus akan ilmu ini bisa dibilang merogoh kocek cukup dalam, sehingga tidak heran jika banyak orang yang memutuskan untuk belajar secara otodidak.


Nah, untuk kamu yang saat ini sedang tertarik dengan Data Science namun tidak mau mengeluarkan uang lebih, mungkin 4 cara belajar otodidak yang ada di artikel ini bisa kamu coba. Apa saja sih? Yuk, simak pembahasannya!


1. Podcast

data science

Podcast merupakan salah satu cara untuk menyampaikan informasi via suara, hampir mirip dengan radio hanya saja podcast bukanlah siaran langsung namun ada proses editing, dan lainnya. Podcast termasuk salah satu teknologi baru yang cukup digemari oleh masyarakat terutama untuk mereka yang merasa senang jika “didongengkan”.


Beberapa rekomendasi podcast yang bisa kamu gunakan untuk belajar Data Science adalah:

  • Data Talks : Di podcast ini, kita akan disuguhkan tentang Data Science yang dilihat dari kacamata para praktisi data di perusahaan-perusahaan besar.

  • Naked Data Science : Lebih banyak membahas tentang critical thinking dan problem solving yang dibutuhkan sebagai skill Data Scientist.

  • Datapods : Lebih banyak membahas ekosistem Data Science yang ada di Indonesia

  • Toward Data Science : Podcast yang dilakukan dengan para Data Scientist dan Machine Learning terkemuka di dunia untuk melihat perspektif mereka.


Baca juga: Bidang Pemerintahan Juga Butuh Skill Data Science, Untuk Apa Ya?


2. Youtube

data science

Youtube juga merupakan salah satu teknologi baru yang sudah akrab dengan kehidupan masyarakat. Jika dibandingkan dengan podcast, bagi beberapa orang belajar Data Science di Youtube jauh lebih mudah karena kita bisa melihat video pembelajarannya langsung.


Beberapa rekomendasi youtuber yang bisa kamu ikuti untuk belajar Data Science lebih lanjut adalah:

  • StatQuest with John Starmer

    Di sini akan dibahas mengenai konsep dasar statistika, dimana statistika ini juga menjadi salah satu pilar penting yang harus dikuasai dalam Data Science. John Starmer mulai bergabung di Youtube pada 24 Mei 2011.

  • Krish Naik

    Krish Naik merupakan co-founder dari iNeuron dan telah berkarir di Machine Learning selama 10 tahunan. Di video youtube miliknya, ia tidak hanya menjelaskan tentang teori dari Data Science, Machine Learning, dan lainnya, namun juga memberikan saran bagaimana cara bergabung dengan ilmu tersebut dan mengembangkan diri. Krish Naik pertama kali bergabung di Youtube pada 11 Februari 2011.

  • DQLab

    DQLab merupakan salah satu lembaga kursus yang aktif membuat video pembelajaran di Youtube. Tidak hanya itu, DQLab kerap kali mengadakan sesi live bersama dengan praktisi data yang ahli di bidangnya. DQLab pertama kali bergabung di Youtube pada 25 April 2018.


3. Free Course

data sciencedata science

Cara lain yang bisa digunakan untuk belajar Data Science secara otodidak adalah dengan mencari lembaga kursus yang menyediakan free course. Salah satunya adalah DQLab. Hingga saat ini, DQLab menyediakan 2 free modul untuk bahasa R dan juga Python.


Untuk Sahabat DQ yang belum pernah belajar bahasa pemrograman R dan Python, kedua modul ini sangat cocok untuk digunakan pertama kali sebagai dasar ilmu. Sehingga ketika mulai masuk ke materi yang lebih rumit, tidak akan dibingungkan oleh hal-hal dasar yang sifatnya basic.


4. Buku

data science

Selain cara-cara baru yang telah dijelaskan di atas, belajar dengan menggunakan buku tetap harus kamu pertimbangkan. Meskipun pembelajaran dengan buku terbilang cara lama, namun setidaknya jika buku tersebut diciptakan oleh orang yang kompeten di bidangnya, setidaknya apa yang disampaikan tidak lagi diragukan kebenarannya.


Beberapa buku yang bisa kamu gunakan untuk belajar Data science adalah Python Crash Course karya Eric Matthes, R for Data science yang dikeluarkan oleh O'Reilly, Storytelling with Data, Naked Statistic : Stripping the Dread from The Data, dan masih banyak lagi.


Baca juga: Memahami Keunggulan dan Manfaat Data Science dalam Dunia Bisnis


Perkembangan Data Science di berbagai sektor membuat kita harus mulai membuka mata untuk melihat peluang besar ini. Jika tidak ingin ketinggalan zaman, maka kita harus mengupgrade diri. Salah satu caranya, kamu bisa mempelajari Data Science bersama DQLab.


Apapun background pendidikanmu, kamu tetap bisa mempelajari Data Science kok. Ada banyak modul menarik yang disediakan dalam berbagai bahasa pemrograman yang umum digunakan oleh praktisi data, seperti R, Python, dan SQL.


Biaya yang ditawarkan juga masih terbilang aman di kantong mahasiswa. Yuk, tunggu apa lagi? Sudah banyak member yang berhasil menjadi praktisi data, sekarang giliran mu!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :