PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 14 Jam 27 Menit 22 Detik 

Tidak Hanya Excel, Ini Deretan Tools Visualisasi Data Menarik

Belajar Data Science di Rumah 09-Oktober-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/794a84b313379ecb93b9f4d66a58f1e0_x_Thumbnail800.jpeg

Ilmuwan data harus menganalisis, menafsirkan, dan memvisualisasikan kumpulan data besar setiap hari. Inilah mengapa penting bagi mereka untuk memiliki alat visualisasi data yang tepat.


Mungkin sulit bagi orang yang tidak bekerja sama dengan data setiap hari (seperti manajer atau eksekutif) untuk memahami apa yang mereka coba katakan jika yang mereka berikan hanyalah kata-kata di atas kertas atau spreadsheet Excel yang penuh dengan angka tanpa konteks apa pun. . 


Alat visualisasi data memungkinkan ilmuwan data untuk mengkomunikasikan temuan mereka secara lebih efektif, yang penting karena memungkinkan mereka untuk berbagi wawasan dengan orang lain yang mungkin tidak terbiasa dengan konsep ilmu data. Visualisasi data adalah proses representasi grafis dari data dalam bentuk peta geografis, grafik, grafik mini, infografis, peta panas, atau grafik statistik.

Excel

Data yang disajikan melalui elemen visual mudah dipahami dan dianalisis, memungkinkan ekstraksi wawasan yang dapat ditindaklanjuti secara efektif dari data. Pemangku kepentingan yang relevan kemudian dapat menggunakan temuan tersebut untuk membuat keputusan waktu nyata yang lebih efisien. Alat visualisasi data, menggabungkan dukungan untuk streaming data, integrasi AI, kemampuan embeddability, kolaborasi, eksplorasi interaktif, dan kemampuan layanan mandiri, memfasilitasi representasi visual data.


Simak rekomendasi tools visualisasi data selain excel!


1. QlikView

Excel

QlikView bukan hanya alat visualisasi data lainnya, Ini adalah platform penemuan data yang memberdayakan pengguna untuk membuat keputusan yang lebih cepat dan lebih tepat dengan mempercepat analitik, mengungkapkan wawasan bisnis baru, dan meningkatkan akurasi hasil.


QlikView menjadi alat pengembangan perangkat lunak intuitif yang telah digunakan dalam organisasi di seluruh dunia selama bertahun-tahun. Ini dapat menggabungkan berbagai jenis sumber data dengan visualisasi dalam tabel berkode warna, diagram batang, grafik garis, diagram lingkaran, dan bilah geser.


QlikView telah dikembangkan melalui antarmuka visualisasi "drag dan drop", memungkinkan pengguna dengan mudah menambahkan data dari berbagai sumber, seperti database atau spreadsheet, tanpa harus menulis kode apa pun. Karakteristik ini juga membuatnya menjadi alat yang relatif lebih mudah untuk dipelajari dan dipahami.

Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. DataWrapper

Excel

Datawrapper adalah alat visualisasi data online yang dapat digunakan dalam berbagai konteks. Ini sangat mudah digunakan, dan memiliki antarmuka pengguna yang bersih dan intuitif. Datawrapper memungkinkan pengguna membuat bagan dan peta langsung di browser dengan mengunggah file data mereka.


Bagan dan peta yang dibuat di Datawrapper responsif dan dirancang untuk semua jenis perangkat, sehingga pembaca dapat melihatnya di perangkat apa pun yang mereka gunakan. Datawrapper gratis untuk semua orang; namun, ada batasan tertentu dalam versi gratisnya.


3. Plotly

Plotly adalah alat visualisasi data yang digunakan untuk membuat grafik, bagan, dan peta interaktif. Sahabat DQ juga dapat menggunakan Plotly untuk membuat visualisasi kumpulan data, lalu membagikan tautan visualisasi tersebut kepada pembaca Sahabat DQ di media sosial atau di blog Sahabat DQ.


Grafik yang dibuat di Plotly bersifat interaktif dan memiliki URL yang unik, sehingga mudah untuk Sahabat DQ bagikan. Pembaca dapat menjelajahi cara Sahabat DQ membuatnya dengan mengarahkan kursor ke titik data dan melihat informasi tentangnya.

Excel

Pembaca juga dapat menjelajahi semua data secara interaktif alih-alih mencoba menguraikan kode Sahabat DQ, yang membuatnya sempurna untuk berbagi plot dan kumpulan data interaktif dengan audiens Sahabat DQ.


Antarmuka Plotly mudah digunakan, sehingga Sahabat DQ dapat membuat grafik yang indah dalam waktu yang lebih singkat daripada sebelumnya. Juga, Plotly memiliki perpustakaan besar jenis visualisasi sumber terbuka, memungkinkan Sahabat DQ untuk memilih dari berbagai plot dan peta.


4. Sisense


Sisense adalah alat visualisasi data yang memungkinkan Sahabat DQ membuat visualisasi interaktif dengan mudah dari data Sahabat DQ. Dengan Sisense, Sahabat DQ dapat dengan cepat dan mudah membuat dasbor informatif yang ekstensif yang akan membantu Sahabat DQ memahami data dengan lebih baik.


Ini memiliki antarmuka yang sangat kuat namun sederhana dan intuitif yang memungkinkan Sahabat DQ untuk drag-and-drop data Sahabat DQ ke kanvas dan membuat visualisasi dengan beberapa klik mouse.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Tentunya tools sederhana yang bisa Sahabat DQ kuasai adalah Excel, dimana Excel sangat ramah untuk pemula dan dapat di pelajari mulai dari rumus sederhananya untuk menciptakan visualisasi data sederhana yang menarik. Belajar untuk memulai karir sebagai praktisi data science dengan menggunakan tools Excel dengan sign up dan login melalui DQLab Academy! Yuk nikmati kemudahan belajar tanpa ribet melalui live code editor DQLab. Belajar sambil buat portfolio dengan modul DQLab! 


Signup sekarang atau isi form dibawah ini ya Sahabat DQ!


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :