TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 12 Jam 8 Menit 16 Detik

Tidak Hanya Jago Coding, Ini Skill Data Engineer

Belajar Data Science di Rumah 26-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/46ed4d4385fe15040b6fede77c97fce4_x_Thumbnail800.jpeg

Pada era digital ini tersedia berbagai profesi yang cukup menarik perhatian para fresh graduate maupun orang yang sudah bekerja dan ingin alih profesi. Salah satunya adalah profesi yang berkaitan dengan data. Beberapa contoh profesi yang berkaitan dengan data yaitu data engineer, data scientist, data analyst, data entry dan masih banyak lainnya. Pada artikel kali ini kita akan membahas terkait data engineer dan skill data engineer apa saja yang perlu dimiliki untuk dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan maksimal.


Setiap profesi memerlukan skill yang berkaitan dengan pekerjaannya, begitu pula dengan data engineer. Seorang data engineer perlu memiliki beberapa skill seperti kemampuan dasar matematika, kemampuan menggunakan bahasa pemrograman, pengetahuan yang banyak terkait data, penyimpanan data, maupun pengolahan data. Dengan menguasai skill yang perlu dimiliki oleh data engineer tentunya akan memudahkan dalam proses analisis data untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Selain itu data engineer yang tugas utamanya bertanggung jawab terhadap infrastruktur data akan bisa memiliki data yang lebih berkualitas.


1. Matematika Dasar

Bagi seorang praktisi data menguasai matematika dasar merupakan salah satu skill yang penting dikuasai. Walaupun tidak jago dalam bidang matematika setidaknya seorang data engineer perlu menguasai matematika dasar yang memiliki berbagai manfaat bagi data engineer. Beberapa manfaatnya adalah untuk membentuk pola pikir dan logika agar memahami data dan dapat menyelesaikan permasalahan dengan data yang dibutuhkan. Selain itu data engineer juga dapat memahami keperluan data scientist yang mana dalam proses pengerjaannya menggunakan berbagai pemodelan, prediksi maupun pola. Dengan menguasai matematika dasar, data engineer setidaknya dapat melihat secara mendasar terhadap kondisi data.

Data Engineer


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Bahasa Pemrograman

Pada era sekarang ini kita berada dalam era big data yaitu data yang ada berkembang dengan sangat cepat serta dalam waktu yang singkat. Adanya big data ini perlu dikelola dengan menggunakan bahasa pemrograman atau yang biasa dikenal pula dengan bahasa komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan serangkaian kata atau barisan kode yang dibuat untuk memberikan instruksi kepada komputer agar melaksanakan perintah tertentu. Penguasaan bahasa pemrograman merupakan skill penting yang perlu dimiliki oleh praktisi data manapun, termasuk data engineer yang mana agar proses analisis data menjadi lebih mudah dan efisien baik dari segi waktu maupun biaya.

Data Engineer


3. Data Pipeline

Untuk berkarir menjadi seorang data engineer kita perlu memahami seluk beluk tentang data salah satunya adalah data pipeline. Lalu apakah yang dimaksud dengan data pipeline? Secara singkat data pipeline merupakan tahapan pemrosesan data. Data mentah yang masuk akan diolah sampai selesai walaupun pada prakteknya juga ada pihak yang memilih untuk mengolahnya lebih lanjut. Pada umumnya di perusahaan orang yang menangani data pipeline itu adalah data engineer. Oleh karena itu pengetahuan terkait data pipeline perlu dipahami dengan benar karena memiliki peranan penting dalam perusahaan seperti untuk anatomi bisnis, bisnis analitik dan bisnis intelijens, produktivitas, maupun sampai keamanan perusahaan.


4. Data Warehousing

Jika berbicara tentang data tentunya kita juga perlu memikirkan bagaimana data yang sangat banyak itu atau yang biasa disebut dengan big data disimpan. Biasanya kita juga tidak asing dengan istilah data warehouse. Data warehouse merupakan sebuah sistem yang berfungsi untuk mengarsipkan data suatu perusahaan dengan cara rapi dan terstruktur. Data warehouse memiliki peranan penting dalam perusahaan seperti untuk mempermudah dalam pengambilan keputusan, memberikan akses data yang cepat dan tepat, memberikan data yang konsisten, sampai memberikan insight seputar historical data. Oleh karena itu, penguasaan terhadap data warehousing ini merupakan salah satu skill yang perlu dimiliki oleh data engineer.

Data Engineer


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


Seorang data engineer perlu memiliki berbagai skill yang dapat menunjang tugas dan tanggung jawabnya agar lebih maksimal dan lebih tepat sasaran.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :