JULY SPECIAL ! DISKON 96%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 180K!
0 Hari 1 Jam 54 Menit 35 Detik

Tingkatkan SDM Employeee dengan Pelatihan MySQL

Belajar Data Science di Rumah 20-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-06-2024-02-20-161424_x_Thumbnail800.jpg

Sahabat DQ, tahukah kalian bahwa saat ini bahasa pemrograman SQL (Structured Query Language) termasuk salah satu bahasa pemrograman yang dicari dan banyak digunakan oleh berbagai perusahaan. Bahasa SQL ini banyak dibutuhkan namun masih banyak yang belum menguasai bahasa SQL dan bahasa MySQL. Oleh karena itu salah satu solusi bagi perusahaan untuk masalah itu adalah dengan mengadakan kegiatan pelatihan employee dengan MySQL.


MySQL adalah sebuah teknologi dasar yang dalam penggunaannya menggunakan bahasa SQL. Bahasa pemrograman yang mengatasi database perlu dipelajari agar bisa memudahkan pekerjaan. Kita perlu mengetahui apa saja manfaat bahasa MySQL dan bagaimana cara mempelajarinya serta penggunaannya dalam dunia bisnis.


Pada artikel ini kita akan mengenali beberapa hal terkait MySQL dan manfaat diadakannya kegiatan pelatihan employee di perusahaan. Yuk, simak bersama-sama!


1. Pengertian MySQL

MySQL adalah bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk pengolahan Relational Database Management System atau RDBMS. MySQL merupakan suatu sistem manajemen database yang bersifat open source yang dikembangkan pada pertengahan tahun 90-an. MySQL sering digunakan bersama dengan bahasa pemrograman PHP atau Apache Web Server.

SQL


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Perbedaan SQL dan MySQL

SQL dan MySQL sering menimbulkan pertanyaan apa persamaan dan perbedaan diantara keduanya. Walaupun memiliki nama yang sama, SQL dan MySQL sebenarnya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. SQL merupakan bahasa query sedangkan MySQL merupakan software atau perangkat lunak yang menggunakan bahasa query SQL.


Beberapa persamaan antara keduanya adalah sama-sama RDBMS, mudah disesuaikan dengan performa tinggi, dukungan multi database, dan keduanya menggunakan indeks untuk mengoptimalkan performa.


3. Pentingnya Belajar MySQL

Saat ini pemahaman terkait database menjadi suatu keharusan bagi praktisi data. Salah satu hal yang perlu dipelajari adalah MySQL. Sistem ini perlu dipahami dengan benar dikarenakan juga sering digunakan dalam perusahaan untuk mengatur database perusahaan.


Terdapat beberapa alasan mengapa pengguna perlu mempelajari SQL, antara lain seperti dalam hal keamanan data dan mendukung untuk proses transaksional serta bersifat open source sehingga dapat diakses kapan saja dan dimana saja.


4. Pelatihan Employee MySQL

Setiap perusahaan tentu memiliki employee atau karyawan yang bertanggung jawab terhadap tugasnya masing-masing. Karyawan perusahaan ini perlu memiliki skill atau kemampuan yang sepadan agar maksimal dalam mengerjakan tugasnya.


Perusahaan adakalanya perlu mengadakan pelatihan software terkait agar karyawan lebih memahami cara penggunaannya. Pelatihan MySQL ini merupakan salah satu contoh pelatihan yang perlu dilakukan agar karyawan lebih maksimal dalam mengelola database perusahaan.

SQL


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Selai mempelajari SQL sebagai bahasa query, kita juga perlu mempelajari salah satu bahasa pemrograman yang menggunakan SQL, salah satunya adalah MySQL. 


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login