Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Tipe Data di Python & Contoh Coding Sederhananya

Belajar Data Science di Rumah 23-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/50858260a14e16bf65f2f9e7dab8e7b3_x_Thumbnail800.jpeg

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang populer dan banyak digunakan di berbagai industri. Hal ini disebabkan karena kemudahan dalam penggunaannya, fleksibilitas dalam mengerjakan berbagai jenis tugas, dan dukungan yang luas. Python bisa menjadi pilihan yang baik untuk pemula maupun developer yang sudah berpengalaman dalam berbagai proyek pengembangan perangkat lunak dan analisis data.


Python sendiri merupakan bahasa pemrograman yang termasuk ke dalam kategori high level programming language. Pada dasarnya Python didesain dengan fokus pada keterbacaan kode dan sintaks yang mudah dipahami, sehingga memudahkan pengembang dalam menulis dan memelihara program. Sebelum memproses data, ada baiknya kita memahami tipe data yang dimiliki oleh Python terlebih dahulu agar proses pengolahan data menjadi lebih mudah. Yuk, simak pembahasannya!


1. Tipe Numerik - Integer

Python

Seperti namanya, tipe numerik adalah tipe data di Python yang berkaitan dengan angka. Tipe data integer merupakan tipe data numerik yang digunakan untuk menampilkan bilangan bulat. Untuk memproses data integer, terkadang kita akan membutuhkan operasi matematika seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, dan lainnya. Tipe data integer bisa diubah ke tipe data lainnya dengan menggunakan konversi, misalnya dari integer dikonversi ke float:

Python


Baca juga : Yuk Cari Tahu Perbedaan Python R dan SQL


2. Tipe Numerik - Float

Python

Selain integer, float juga merupakan salah satu bagian dari tipe data numerik. Tipe data float akan berkaitan erat dengan data numerik yang berbentuk pecahan atau desimal. Dalam memproses data ini, kita juga bisa memanfaatkan operasi matematika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan lainnya. Tipe data float ini bisa juga diubah menjadi tipe data integer, namun tentu saja ketika menjadi integer maka tidak akan terbaca angka di belakang komanya. Misalnya:

Python


3. Tipe Data String

Tipe data ini merupakan tipe data yang berkaitan erat dengan data yang bentuknya teks. Dalam proses analisis data, data yang kita butuhkan terkadang tidak hanya data numerik, namun juga data string. Dengan memahami tipe data ini, kita akan bisa memprosesnya dengan lebih mudah. Berikut adalah contoh coding di data string:

Python

Kita juga bisa menggabungkan dua atau lebih data string, misalnya saja seperti gambar di bawah ini:

Python


4. Tipe Data Boolean

Python

Tipe data boolean adalah tipe data yang digunakan untuk mempresentasikan nilai kebenaran. Data ini akan erat kaitannya dengan logika matematika, dimana datanya hanya akan terdiri dari dua jenis, yaitu TRUE dan FALSE. Misalkan kita ingin menguji apakah data yang pertama lebih besar dari data yang kedua, jika benar maka Python akan menampilkan output TRUE, sementara jika salah maka akan menampilkan output FALSE.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Sahabat DQ bisa mempelajari coding Python yang lebih mendalam dan detail dengan mengakses modul Premium yang tersedia di DQLab. Ada banyak sekali pembahasan yang dituang dalam berbagai modul dengan menggunakan bahasa pemrograman Python. Tidak hanya itu, begitu Sahabat DQ berlangganan modul premium, maka kalian juga bisa menikmati modul pembelajaran dengan menggunakan bahasa pemrograman lainnya, seperti R dan SQL.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst! Atau kamu ingin mempelajari Artificial Intelligence lebih dalam & intensif? Yuk ikuti DQLab LiveClass! Nikmati pembelajaran secara langsung dengan metode simulasi yang akan membantu kamu dalam persiapan karir. Kunjungi halaman https://dqlab.id/live-class untuk informasi lebih lanjut ya!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login