PROMO BACK TO SCHOOL, HEMATNYA SERU! DISKON 95% + Cashback*
Cuma Rp 159K bisa belajar data science 6 bulan
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 56 Menit 6 Detik 

Tipe Operator Python dalam Data Science

Belajar Data Science di Rumah 12-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/08f6d0b06153e54235f6be867be40768_x_Thumbnail800.png

Python merupakan bahasa pemrograman populer dan trending bagi kalangan penggiat data maupun data enthusiast. Bahasa pemrograman Python termasuk dalam kategori general-purpose programming. high-level programming language. Sebagai general-purpose programming language, Python digunakan untuk berbagai macam permasalahan seperti: pengembangan aplikasi web ataupun mobile, data science dan visualisasi data. Python dipuji kualitasnya dan sangat direkomendasikan oleh para developer karena Python terintegrasi dengan baik dengan berbagai macam bahasa pemrograman dan layanan enterprise. Berbicara mengenai bahasa pemrograman Python, ternyata bahasa ini dieksekusi oleh sebuah interpreter. Interpreter tersebut bertugas untuk memparsing sintaks python, dan kemudian mengkonversinya menjadi sebuah instruksi mesin satu persatu (maksudnya adalah satu baris-satu baris). Tapi, perlu kalian ketahui sahabat data bahwa dalam bahasa pemrograman apapun harus mematuhi aturan-aturan penulisan yang perlu diikuti bagi penggunanya. Salah satu aturan yang perlu diketahui oleh penggiat data adalah bermacam-macam tipe operator yang dimiliki oleh Python dalam berbagai bentuk dan kegunaan. 


Secara sederhana, operator disini adalah konstruksi yang dapat memanipulasi nilai dari operan. Sebagai contoh, operasi 4 + 5 = 9. Disini angka 4 dan 5 adalah operand. Sedangkan tanda + adalah operator aritmatikanya yaitu penjumlahan. Operator di dalam Python adalah simbol khusus yang berfungsi untuk menjalankan suatu operasi tertentu, baik operasi aritmatika maupun operasi logika. Sedangkan nilai yang dioperasikan oleh operator dinamakan sebagai operan. Tipe operasi dalam Python ini merupakan materi paling dasar sebelum kamu mendalami lebih jauh soal Python. Adapun tipe operator yang dimiliki oleh Python adalah Operator aritmatika, komparasi atau perbandingan, penugasan, logika, keanggotaan atau membership, operator identitas dan operator bitwise. Semua operator ini disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing kaidah penulisan sintaksnya. Melalui macam-macam tipe operator yang terdapat dengan Python, maka user atau pengguna aplikasi Python disarankan untuk mengikuti format penulisan atau sintaks operan tersebut demi mendapatkan hasil dan output yang sesuai dengan kemauan user saat melakukan running data. Kira-kira apa saja ya tipe operator yang seringkali digunakan dalam bahasa pemrograman Python? Marilah kita belajar bersama-sama yuk sahabat data DQLab! Pada artikel DQLab kali ini, kita akan belajar dan cari tahu sama-sama apa saja tipe-tipe operator yang sering digunakan dalam bahasa pemrograman Python. Hal ini tentunya bermanfaat dan sangat recommended bagi kalian yang baru belajar data science maupun pemula data yang baru menggunakan aplikasi Python. Pastikan simak baik-baik dan keep scrolling on this article guys!


1. Operator Logika

Operator logika digunakan melakukan operasi terhadap nilai dari tipe boolean (True dan False). operasi ini terdiri dari AND, OR dan NOT. Operasi AND hanya akan menghasilkan nilai True saat kedua operand bernilai True, selain daripada itu akan bernilai False, sementara untuk operator OR akan menghasilkan nilai True jika salah satu atau kedua operand bernilai True. Operasi OR akan menghasilkan nilai False saat kedua operand bernilai False. Sementara untuk operasi NOT (negasi) adalah kebalikan dari nilai operand, jika nilai operand bernilai True maka dengan operasi NOT akan menghasilkan nilai False begitu juga sebaliknya jika bernilai False akan di balik menjadi True.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Operator Aritmatika

Operator aritmatika adalah operator yang biasa kita temukan untuk operasi matematika. Aritmatika sendiri merupakan cabang ilmu matematika yang membahas perhitungan sederhana, seperti kali, bagi, tambah dan kurang (kabataku). Selain keempat operasi tersebut, bahasa Python juga memiliki operasi modulo division dengan operator % yang dipakai untuk mencari sisa hasil bagi serta operasi pemangkatan dengan operator ‘**’.


3. Operator Keanggotaan

Operator keanggotaan adalah operator yang dipakai untuk memeriksa apakah suatu nilai ada di dalam sebuah himpunan atau tidak. Himpunan yang dimaksud terdiri dari tipe data “berbentuk array” seperti string, list, tuple, set dan dictionary. Operator ini dikenal juga sebagai membership operators. Dalam operator keanggotaan terdapat dua jenis yaitu in dan not in. Operator in menghasilkan nilai true jika nilai yang ditentukan berada dalam objek tertentu. Sedangkan not in menghasilkan nilai true jika nilai yang ditentukan tidak ada dalam objek tertentu.


4. Operator Bitwise

Bitwise adalah operator khusus untuk menangani operasi logika bilangan biner dalam bentuk bit. Bilangan biner sendiri merupakan jenis bilangan yang hanya terdiri dari 2 jenis angka, yakni 0 dan 1. Jika nilai asal yang dipakai bukan bilangan biner, akan dikonversi secara otomatis menjadi bilangan biner. Operator bitwise terdiri dari AND, OR, XOR, NOT. AND adalah 1 hanya jika keduanya dari inputnya adalah 1, jika tidak maka 0. OR adalah 1 jika satu atau keduanya dari inputnya adalah 1, jika tidak maka 0.  XOR adalah 1 hanya jika tepat satu dari inputnya adalah 1, jika tidak maka 0. NOT adalah 1 hanya jika inputnya 0, jika tidak maka 0. Ini sering dapat ditampilkan sebagai tabel kebenaran. Kemungkinan input ada di bagian atas dan kiri, bit yang dihasilkan adalah salah satu dari empat (dua dalam kasus TIDAK karena hanya memiliki satu input)


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Belajar Data Science, Persiapkan Dirimu Menjadi Talenta Data Muda Kebanggaan Bangsa

Data science merupakan bidang ilmu yang sedang dicari-cari dan digandrungi oleh perusahaan terkemuka. Lulusan dari bidang ilmu ini banyak dicari dan diincar oleh banyak perusahaan dalam negeri maupun luar negeri. Pemanfaatan data science kini banyak diimplementasikan dalam berbagai bidang seperti finansial, bisnis, ekonomi, kesehatan, sosial, manajemen, pemasaran dan lain-lain. Seakan ilmu ini banyak sekali cakupannya sehingga data science mampu menjadi ilmu yang sedang banyak diterapkan. Dengan mempelajari Data Science, kamu akan terlatih dan terbiasa untuk menghasilkan informasi dari olahan data mentah dan insight yang valuable. Jika kamu penasaran dengan data science dan ingin belajar data science lebih jauh, caranya gampang banget. Kamu bisa loh untuk coba bikin akun gratisnya kesini di DQLab.id atau bisa klik button di bawah ini yap. 


Kamu juga bisa loh cobain Modul lain untuk mengasah kemampuan data science kamu biar lebih oke lagi dan bisa diakses tanpa batas dengan berlangganan paket belajarnya. Nikmati pengalaman belajar data science yang menarik dan cobain berlangganan bersama DQLab yang seru dan menyenangkan dengan live code editor. Cobain juga free module Introduction to Data Science with R dan Introduction to Data Science with Python untuk menguji kemampuan data science kamu gratis! Kalian juga bisa mencoba studi kasus penerapan real case industry. Ayo persiapkan dirimu untuk berkarir sebagai talenta data muda kebanggaan Bangsa!


Penulis: Reyvan Maulid



Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!