Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Tipe-Tipe Operasi SQL, Lambang dan Kegunaannya

Belajar Data Science di Rumah 21-Juli-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-06-3-2023-07-22-213901_x_Thumbnail800.jpg

Operator adalah kata atau karakter yang dicadangkan yang digunakan untuk menanyakan database dalam ekspresi SQL. Untuk query database menggunakan operator, kita menggunakan klausa WHERE. Operator diperlukan untuk mendefinisikan suatu kondisi dalam  SQL  karena akan bertindak sebagai penghubung antara dua atau lebih kondisi. Operator berfungsi untuk manipulasi data dan memberikan hasil berdasarkan fungsinya. 


Kita dapat mendefinisikan operator sebagai simbol yang membantu kita melakukan perhitungan matematis dan logis tertentu pada sekumpulan data. Operator SQL memiliki tiga kategori berbeda, yaitu operator aritmatika, operator perbandingan, dan operator logic.


Operator-operator ini akan sangat membantu kita untuk mengolah data, terutama data berukuran besar karena akan sangat sulit jika menggunakan software spreadsheet seperti excel. Setiap operator SQL memiliki beberapa sub fungsi dan setiap fungsi memiliki tujuan masing-masing. Pada artikel kali ini kita akan membahas berbagai fungsi operator SQL. Jadi jangan lupa siapkan notes kamu untuk belajar, ya!


1. Berkenalan Dengan SQL

Standard Query Language atau lebih dikenal dengan SQL adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam mengakses, mengubah, dan memanipulasi data yang berbasis relasional dan menggunakan standar American National Standard Institute (ANSI) untuk mengelola manajemen database relasional. Dengan SQL, kita dapat mengakses, menghapus data, mengubah data, dan menjalankan query saat mengambil data dari database. Meningkatnya penggunaan big data menjadi salah satu alasan meningkatnya penggunaan SQL untuk manajemen data pada server database.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Operator Aritmatika

Operator aritmatika adalah salah satu operator yang sering digunakan dalam SQL untuk melakukan perhitungan data. Fungsi utama operator ini adalah untuk menyelesaikan perhitungan aritmatika, baik perhitungan sederhana maupun perhitungan kompleks. Operator aritmatika digunakan untuk melakukan perhitungan aritmatika seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian. Data yang digunakan untuk operator ini adalah data numerik.


Berikut adalah jenis-jenis operator aritmatika dan simbolnya.

SQL


3. Operator Perbandingan

Operator perbandingan dalam SQL digunakan untuk memeriksa kesetaraan dua ekspresi. Operator ini memeriksa apakah satu ekspresi identik dengan yang lain. Operator perbandingan umumnya digunakan dalam klausa WHERE pada query SQL. Hasil dari operasi perbandingan mungkin TRUE, FALSE atau UNKNOWN. Ketika salah satu atau kedua ekspresi adalah NULL, maka operator mengembalikan hasilnya dengan UNKNOWN. Operator ini dapat digunakan pada semua jenis ekspresi kecuali ekspresi yang berisi teks, ntext atau gambar.

SQL


4. Operator Logika

Operator lain yang tidak kalah penting dalam pemrograman SQL adalah operator logika. Operator logika adalah operator yang mengambil dua ekspresi sebagai operands dan mengembalikan TRUE atau FALSE sebagai output. Saat bekerja dengan pernyataan dan query SQL yang kompleks, operator logika akan sangat berguna dan operator ini bekerja dengan cara yang sama seperti gerbang logika. Berikut adalah fungsi operator logika pada SQL.

SQL

Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Di era data science, SQL menjadi salah satu tools krusial yang akan digunakan oleh praktisi data karena tools ini berguna untuk mengelola dan menyimpan data dengan ukuran yang sangat besar. Yuk asah kemampuan SQL kamu agar bisa survive di bidang data science bersama DQLab!


DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti R dan Python. Menariknya, DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti DQLab LiveClass  Bootcamp Data Analyst with SQL and Python untuk informasi lebih lengkapnya! Ingin bangun portfolio? Yuk signup sekarang!


Penulis: Galuh Nurvinda K




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login