PROMO SUPER HUT JAKARTA KE-497!
Belajar Data Science 12 Bulan hanya 175K!

0 Hari 18 Jam 52 Menit 48 Detik

Tips Belajar Mandiri Melalui Bootcamp Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 20-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/kv-2-banner-longtail-selasa-03-2023-09-20-153305_x_Thumbnail800.jpg

Seorang data analyst dalam kesehariannya dituntut untuk fokus dan teliti dalam segala hal. Tuntutan pekerjaan dan skala prioritas yang dibebankan oleh data analyst ini berkenaan dengan tugas-tugas yang dikerjakan berkaitan dengan data dan segala seluk-beluknya.


Salah satu hal yang perlu dipersiapkan dan diasah sedini mungkin adalah perlu konsentrasi dan teliti akan setiap detail tugas-tugas yang diberikan. Sebagai seorang data analyst, Anda akan bekerja dengan data yang kompleks dan besar. Konsentrasi yang tinggi diperlukan untuk memeriksa, membersihkan, dan menganalisis data dengan teliti. 


Kesalahan kecil dalam analisis data dapat memiliki dampak besar pada hasil akhir. Jika kita tidak awas dan teliti dalam mengerjakan segala tugasnya maka besar kemungkinan human error dan data error bakal terjadi/


Konsentrasi sangat penting dalam mengikuti bootcamp data analyst dan dalam pekerjaan data analyst secara umum. Apalagi selama peserta mengikuti bootcamp data analyst, pastinya peserta akan banyak sekali mendapatkan input yang insightful dan juga materi-materi daging dari instruktur yang berpengalaman.


Pelatihan dalam bootcamp data analyst seringkali mencakup konsep-konsep yang kompleks dan alat-alat analisis data yang canggih. 


Konsentrasi yang tinggi diperlukan untuk memahami konsep-konsep ini dengan baik. Bagi orang-orang yang bekerja di dunia data, concentration is the key! Dimanapun dan sebagai apa posisi kamu disana, kalau tidak konsentrasi akan setiap detail tugasnya bisa ambyar.


So, bagaimana cara melatih konsentrasi selama mengikuti bootcamp data analyst? Simak selengkapnya lewat postingan berikut ini yuk sahabat DQLab!


1. Buat Jadwal Belajar yang Teratur

Membuat jadwal belajar yang teratur adalah kunci kesuksesan dalam mengikuti bootcamp data analyst. Jadwal ini membantu kamu mengorganisasi waktu Anda dengan efisien untuk memaksimalkan pembelajaran dan memenuhi tugas-tugas yang diberikan.


Identifikasi tujuan utama kamu dalam mengikuti bootcamp data analyst ini. Apa yang ingin kamu capai selama pelatihan ini? Misalnya, kamu ingin menguasai bahasa pemrograman tertentu atau memahami konsep statistik yang lebih dalam. Prioritaskan tujuan kamu agar kamu tahu apa yang harus diprioritaskan dalam jadwal belajar yang sudah kamu buat.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Prioritaskan Tugas

Prioritas tugas adalah sangat penting dalam mengikuti bootcamp data analyst karena membantu kamu tetap fokus pada tujuan utama Anda dan mengelola waktu kamu dengan efektif. Bootcamp data analyst seringkali intensif dan materinya luas.


Dengan memprioritaskan tugas, kamu dapat menghindari perasaan kewalahan dan fokus pada hal-hal yang paling penting. Dengan memprioritaskan tugas, kamu dapat belajar secara lebih terstruktur. Ini membantu dirimu untuk memahami konsep-konsep kunci sebelum melanjutkan ke hal yang lebih kompleks.


3. Praktikkan Disiplin Diri

Disiplin diri merupakan salah satu keterampilan yang paling penting dalam mengikuti bootcamp data analyst. Agar para peserta bisa berhasil mengikuti bootcamp data analyst sampai akhir, dibutuhkan komitmen dan konsisten yang tinggi dalam menjalani setiap day-by-day nya. Bootcamp data analyst biasanya intensif dan memiliki phase belajar yang tinggi.


Buatlah jadwal belajar dan selalu fokus untuk mengikuti kelas dari awal sampai akhir. Jangan ragu untuk mencari dukungan dari instruktur, mentor, atau sesama peserta bootcamp jika kamu mengalami kesulitan atau kebingungan saat mengikuti kelasnya. Mereka dapat memberikan bimbingan dan dorongan.

Data Analyst

Sumber Gambar: Habio


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


4. Gunakan Teknik Mindfulness

Teknik mindfulness atau kesadaran memiliki peran penting dalam mengikuti bootcamp data analyst. Meskipun mungkin secara tidak langsung tidak terkait dengan analisis data, tetapi ini penting karena teknik ini membantu kamu mengelola stres, meningkatkan fokus, dan memaksimalkan produktivitas selama bootcamp.


Bootcamp data analyst bisa menjadi intensif dan menantang. Teknik mindfulness membantu kamu mengatasi stres dan mengurangi kecemasan yang mungkin timbul saat kamu merasa tertekan oleh tugas-tugas yang sulit.

Data Analyst

Sumber Gambar: Psicologia MSN


Bootcamp data analyst seringkali memerlukan fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi dengan cepat. Mindfulness membantu kamu tetap tenang dalam situasi yang berubah-ubah dan membuat keputusan yang bijaksana.


Kamu pemula yang tidak memiliki background STEM? Jangan khawatir, karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data analyst agar bisa berkarir di industri 4.0. Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir atau ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python! Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:


  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulnya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login