FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 76 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 5 Jam 17 Menit 33 Detik 

Tips Capai Resolusi 2023 di Bidang Data Science

Belajar Data Science di Rumah 12-Januari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5b6cff25fe4973b998c1509a0cebde7f_x_Thumbnail800.jpeg

Tahun baru menjadi salah satu sarana terbaik untuk mempersiapkan awal dan tujuan baru. 


Sama halnya dengan karir dan pekerjaan, kamu perlu untuk menetapkan goals agar dapat menjalankannya dengan terarah. Bidang data science kini menjadi perbincangan dan primadona dalam profesi di berbagai sektor industri. Bahkan sampai tahun 2023 ini, banyak dari mereka yang kian bersaing untuk memperebutkan posisi terbaik dalam bidang ini.


Bagi kamu yang memiliki resolusi 2023, yaitu berkarir dalam bidang data science, ada 4 goals yang bisa kamu ikuti dan jalankan untuk mencapainya. Langsung simak penjelasan yang telah DQLab rangkum ya!


1. Daily Goals

Bertumbuh 1% setiap harinya menjadi kalimat yang tepat untuk daily goals atau sasaran harian. Hal yang penting dalam mempelajari data science adalah mempelajarinya secara bertahap, bukan dalam satu waktu saja. Dengan begitu, kamu akan memperoleh hasil yang maksimal hingga akhir tahun nanti.


Contoh mudahnya, kamu dapat mencari tugas atau kasus yang bisa dikerjakan secara 10 menit untuk mengembangkan keterampilan data science. Banyak hal yang bisa dilakukan, seperti mendengarkan podcast tentang data science, menambahkan fitur baru, memikirkan visualisasi data yang baik, atau berbagi mengenai apa yang telah kamu pelajari dengan komunitas di media sosial.


Perlu diingat, daily goals ini harus dilakukan setiap hari di sepanjang tahun tanpa membuat kamu merasa kelelahan atau burn out. kamu bisa memiliki daily goals sebanyak apapun, namun semuanya harus mudah dicapai dalam waktu beberapa menit setiap hari.


Baca juga : Membandingkan 2 Algoritma Data Science Populer 2023


2. Weekly Goals 

Weekly goals atau sasaran mingguan harus membuat kamu merasa telah mencapai sesuatu hingga akhir pekan.


Ketika berbicara mengenai data science dan mempelajarinya secara otodidak, weekly goals seharusnya membuat kamu bergerak selangkah lebih maju dalam kurikulum pembelajaran setelah menggunakan beberapa konsep dari list yang perlu untuk dipelajari.


Misalnya, kamu punya beberapa komitmen dalam mempelajari data science, kemudian membaginya menjadi 4 kategori dalam 1 bulan. Bisa jadi, kamu membuat weekly goals berupa “menguasai variabel dan fungsi dengan Python”, kemudian “mengembangkan kode AI yang menerapkan kemampuan prediktif dalam menentukan pelanggan” di minggu setelahnya.


Mulailah menetapkan weekly goals dengan menggunakan kalender dan menulis tujuan yang ingin kamu capai diatasnya. Tujuan-tujuan ini juga harus diselaraskan dengan kurikulum pembelajaran milikmu.


3. Monthly Goals 

Monthly goals harus bersifat substansial, yang artinya menjadi inti dari kemajuan nyata perjalanan pembelajaran data science. Sasaran bulanan harus menantang, namun tetap bisa tercapai. 


Monthly goals dapat kamu lakukan dengan membuat sasaran berupa proyek portofolio, menyelesaikan sertifikasi, atau keterampilan data science lainnya yang perlu dikuasai. Terlepas dari apa sasaran bulananmu, perlu untuk melihat kembali 12 pencapaian besar yang telah dilakukan untuk membantu kamu mencapai tujuan tahunan atau yearly goals.


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science di Dunia Industri


4. Yearly Goals 

Yearly goals memang bukanlah tujuan yang cukup spesifik untuk dicapai. Saat kamu menetapkan tujuan untuk akhir tahun, perlu untuk menetapkan parameter terlebih dahulu. Metode SMART (specific, measurable, attainable, relevant, timely) dapat kamu gunakan sebagai landasan untuk mengukur atau menjadi parameter yearly goals.


Misalnya, kamu menerapkan tujuan akhir tahun, yaitu menjadi seorang Data Scientist. Pada akhir tahun 2023, untuk mendapatkan posisi tersebut harus melalui perencanaan yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan tepat waktu. Inti dari tujuan SMART tersebut adalah menetapkan tujuan yang lebih baik dan memiliki peluang lebih tinggi untuk dicapai. 


“Menambah pengalaman dengan melakukan internship di perusahaan menjadi salah satu target saya untuk tahun 2023. Selain itu, membuat project untuk membangun portfolio data & latihan interview secara mandiri adalah salah satu goal yang ingin saya capai setiap bulannya. Untuk mencapai goals tersebut saya coba set untuk mengerjakan 1-3 online module DQlab & menonton video edukasi di Youtube beberapa hari dalam seminggu.” Ungkap Nurul Muttaqin peserta LiveClass DQLab, yang kini ingin beralih profesi menjadi Data Analyst


Data Science


“Dalam setahun ini saya berharap dapat menghasilkan analisa insight bisnis & mendalami ilmu bisnis dalam pekerjaan sehari-hari.  Kemudian saya akan mencoba mengikuti training untuk melatih hard skill & menambah skill baru secara bertahap setiap minggunya. Dengan demikian saya dapat membangun portfolio data melalui pekerjaan sehari-hari.”  Tutur Nur Amalia selaku Sales Data Analyst Ayoconnect & Alumni DQLab.


Data Science



Kalimat diatas merupakan contoh yang baik dari yearly goals dengan bantuan metode SMART. 


Daily, weekly, monthly, dan yearly goals ternyata saling berkaitan serta bisa membantu proses persiapan karirmu. Yuk, capai resolusi 2023 untuk berkarir di bidang data science sekarang dengan menyelesaikan daily hingga yearly goals milikmu bersama DQLab


Persiapan karir jadi lebih mudah dan fleksibel, kompetensi serta skill bisa jadi lebih kredibel! Mulai dari belajar intensif, bangun portfolio dari project industri hingga mendapatkan kesempatan karir dengan selfbranding dari program-program DQLabb! Yuk ikuti DQLab LiveClass, untuk informasi selengkapnya klik tautan berikut https://dqlab.id/live-class

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :