PROMO SUPER HUT JAKARTA KE-497!
Belajar Data Science 12 Bulan hanya 175K!

0 Hari 18 Jam 8 Menit 27 Detik

Tips Karir Data Science dengan Belajar Python

Belajar Data Science di Rumah 02-Juni-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/bdc0421029932e8422d030a8f8103115_x_Thumbnail800.jpeg

Python merupakan salah satu tools yang banyak digunakan untuk project data science. Hal ini karena bahasa pemrograman ini cukup powerful untuk data berukuran besar. Di era big data, data science merupakan salah satu bidang ilmu yang banyak dibutuhkan untuk mengekstrak informasi yang bermanfaat dari kumpulan big data. Selain digunakan dalam data science, python juga digunakan untuk tujuan lain seperti apps development, otomatisasi pekerjaan, game development, dan pekerjaan lainnya. 


Kabar baiknya, belajar python bisa dilakukan di mana saja dan tidak harus mengikuti pendidikan formal yang memerlukan waktu cukup lama. Kita bisa belajar python dari berbagai sumber kapanpun dan dimanapun. Pada artikel kali ini DQLab akan memberikan tips belajar python yang bisa dilakukan dimanapun. Jadi simak dengan seksama setiap poinnya ya!


1. Mempelajari Dasar Python

Python

Python memiliki berbagai fitur yang powerful dan bermanfaat. Namun sebelum dapat menggunakan python untuk project yang kompleks, kita harus memahami dasar-dasar pemrograman python terlebih dahulu. Untuk mempelajari basic python, kita bisa bergabung dengan komunitas baik offline maupun online. Kita bisa memanfaatkan internet untuk bergabung dengan komunitas data science atau pengguna python sehingga kita bisa berbagi pengalaman dan belajar bersama. Selain itu, saat ini sudah banyak sumber belajar dari internet seperti web dan youtube yang bisa digunakan sebagai perkenalan dengan python.


Baca juga : Yuk Cari Tahu Perbedaan Python R dan SQL


2. Asah Skill Melalui Mini Project

Python

Practices make perfect adalah pepatah yang tepat saat kita mempelajari python. Python bukanlah hal yang bisa dipelajari hanya dengan membaca buku saja. Harus banyak latihan untuk menguasai berbagai fitur python. Dengan latihan kita juga bisa belajar bagaimana menyelesaikan masalah yang berbeda-beda saat berlatih. Kita bisa mengerjakan mini project dari platform data science yang membagikan berbagai data open source. Semakin banyak kita mengerjakan mini project maka pengalaman kita dalam menghandle data akan semakin beragam.


3. Pelajari Library Python

Python merupakan bahasa pemrograman general purpose sehingga bisa digunakan untuk berbagai tujuan. Oleh karena itu, bahasa pemrograman ini pun memiliki berbagai library untuk berbagai tujuan. Tiga library terbaik python untuk data science adalah NumPy, Pandas, dan Matplotlib. 

Python


4. Pelajari Data Science dengan Project Data Bersama DQLab!

Agar pemahaman python dan data science kita terus berkembang, kita perlu meng-improve pemahaman dan keterampilan kita. Salah satunya adalah dengan menerapkan apa yang telah kita pelajari pada project yang lebih kompleks seperti algoritma machine learning dan artificial neural network menggunakan library scikit-learn. Semakin banyak kita mengerjakan project, maka skills data science kita akan semakin terasah.

Python

Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup 


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login