SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 4 Jam 36 Menit 52 Detik

Tips Kuasai Python untuk Persiapan Karir Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 18-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-rabu-01-2023-10-18-180509_x_Thumbnail800.jpg

Saat ini, permintaan profesi data analyst semakin meningkat. Untuk bisa mempersiapkan diri, kalian perlu memiliki keterampilan utama yaitu Python, bahasa pemrograman yang populer dan sering digunakan dalam analisis data. Sayangnya, proses persiapan ini tentunya tidak mudah. Butuh komitmen dan konsistensi SahabatDQ sehingga bisa mempersiapkan diri dengan baik.


Oleh karena itu, artikel kali ini akan mencoba membantu SahabatDQ dengan memberikan tips kuasai Python selama proses persiapan karir di bidang data. Dengan mengaplikasikan beberapa tips berikut, harapannya kalian bisa lebih siap untuk berkarir sebagai data analyst. Apa saja tips-tips tersebut? Langsung simak pada pembahasan di bawah ini!


1. Pahami Library Python

Python

Memulai perjalanan menjadi seorang data analyst memerlukan pemahaman mendalam tentang library yang tersedia di dalam Python. Library ini sering digunakan untuk kebutuhan manipulasi data hingga membuat visualisasi yang memberikan insight bagi para stakeholder.


Memahami fungsionalitas dan fitur dari library tidak hanya mempercepat proses analisis data tetapi juga memastikan hasil analisis yang lebih akurat dan efisien.


Salah satu library yang wajib dikuasai adalah Pandas. Pandas menyediakan struktur data dan fungsi yang memudahkan pengolahan data dalam bentuk tabel, seperti mengimport data dari berbagai sumber, membersihkan data, dan melakukan agregasi data. Selain Pandas, Numpy juga penting untuk pemrosesan data numerik, memungkinkan efisiensi komputasi dengan array dan operasi matematika. 


Sedangkan untuk visualisasi data, Matplotlib dan Seaborn menjadi pilihan utama bagi banyak data analyst. Sementara untuk kebutuhan machine learning, Scikit-learn menjadi rujukan dengan beragam algoritma yang dapat digunakan.


Dengan memahami library-library tersebut, kalian akan memiliki dasar yang kuat dalam mempersiapkan karir sebagai data analyst dengan kemampuan Python.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Praktik Studi Kasus Nyata

Python

Sumber gambar: udacity.com


Tips berikutnya adalah dengan menerapkan pemahaman Python kalian pada studi kasus nyata. Dengan menyelesaikan masalah tersebut, kalian akan mendapatkan gambaran langsung tentang bagaimana alur kerja sebenarnya, mulai dari mengimpor dan membersihkan data, analisis eksplorasi, hingga penyajian hasil.


Selain itu, menghadapi tantangan dalam studi kasus juga meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan memungkinkan SahabatDQ untuk mengaplikasikan pengetahuan teoritis dalam konteks yang lebih praktis.


Mulailah dengan mencari dataset yang tersedia di platform seperti Kaggle atau UCI Machine Learning Repository. Pilihlah dataset dengan topik yang menarik atau relevan dengan industri yang kalian minati.


Misalnya, jika tertarik dengan industri e-commerce, cobalah untuk menganalisis data transaksi pelanggan. Atau pada sektor kesehatan, bisa dengan analisis data medis untuk mengidentifikasi pola tertentu.


Dengan secara aktif mengerjakan studi kasus berdasarkan dataset nyata, SahabatDQ akan mendapatkan pengalaman berharga yang dapat mempersiapkan kalian untuk berkarir sebagai data analyst.


3. Ikuti Pelatihan Python

Python

Sumber gambar: pylenin.com


Salah satu cara efektif untuk mempercepat proses belajar dan memastikan kalian siap berkarir sebagai data analyst adalah dengan mengikuti pelatihan Python. Kini sudah banyak pelatihan yang dirancang khusus untuk membantu memahami prinsip dasar pemrograman, sintaks, serta teknik-teknik canggih yang sering digunakan dalam analisis data. Dengan mengikuti pelatihan, kalian akan mendapatkan panduan yang lebih terstruktur dari instruktur berpengalaman dalam menggunakan Python.


Selain itu, workshop dan bootcamp coding juga sering kali memberikan sesi pelatihan intensif yang dapat membantu kalian mengasah keterampilan Python dalam waktu singkat.


Tapi, perlu diingat saat memilih pelatihan, perhatikan kurikulum, review dari peserta sebelumnya, dan kualifikasi instruktur agar kalian mendapatkan pengalaman belajar yang sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi. Dengan investasi waktu dan usaha dalam pelatihan yang tepat, kalian lebih siap dan percaya diri untuk meniti karir sebagai data analyst.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


4. Bergabung dengan Komunitas

Python


Bergabung dengan komunitas Python atau komunitas data analyst juga dapat membantu kalian untuk lebih siap berkarir di bidang data. Dari sini kalian bisa mendapatkan solusi atas permasalahan pemrograman yang kalian hadapi, berbagi wawasan dan teknik baru, hingga membangun networking dengan profesional di bidang yang sama.


Komunitas bisa menjadi tempat SahabatDQ mendapatkan motivasi, inspirasi, dan dukungan saat menghadapi tantangan dalam belajar Python.


Jangan ragu untuk berkontribusi, berdiskusi, dan mengajukan pertanyaan selama bergabung di komunitas. Semakin aktif kalian berpartisipasi, semakin banyak pula yang bisa kalian pelajari. Dengan menjadi bagian dari komunitas, kalian tidak hanya memperdalam pengetahuan tetapi juga membangun jaringan yang bisa menjadi aset berharga dalam berkarir sebagai Data Analyst.


Nah, sudah siap untuk berkarir sebagai data analyst? Jangan lewatkan kesempatan untuk mulai belajar bersama DQLab. Saat ini, DQLab memberikan fasilitas Live Class yang membantu kalian untuk memahami penggunaan Python secara menyeluruh.


Salah satunya adalah Bootcamp Data Analyst with Python & R. Pada kelas ini, kalian akan belajar skill Data Analyst secara intensif lewat materi fundamental Python & SQL untuk mengolah dan menganalisa data. Kalian bisa mengakses rekaman dan materi selamanya dengan satu kali daftar, loh!


Tidak hanya itu, DQLab juga memiliki modul pembelajaran online yang bisa kalian akses kapanpun dan dimanapun! Apa keunggulan modul pembelajaran DQLab?

  • Terintegrasi dengan Chat GPT yang membantu menjelaskan konsep serta coding yang tepat jika ada error

  • Dapat diakses kapanpun dan dimanapun

  • Dilengkapi Live Code Editor sehingga praktis tanpa perlu aplikasi tambahan


Tunggu apalagi, yuk segera Sign Up dan daftarkan diri kalian untuk mempersiapkan karir yang cemerlang bersama DQLab atau ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python!


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login