Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Tips Melatih Fokus saat Ikuti Pelatihan Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 16-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-02-2024-02-16-201236_x_Thumbnail800.jpg

Data scientist hingga kini masih menjadi profesi primadona di kalangan industri data. Hal ini disebabkan permintaan karir yang begitu meningkat dan peluang yang cukup menjanjikan dari segi salary dan benefit yang diperoleh. Jika kamu adalah seorang pemula maka mengikuti pelatihan data scientist merupakan jalan terbaik agar kamu bisa memperoleh pemahaman yang mendalam tentang konsep-konsep dasar dalam ilmu data, seperti statistik, machine learning, dan pemrograman.


Selain itu, pelatihan ini juga memberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan analisis dan pemecahan masalah yang sangat dicari oleh industri saat ini. 


Dengan mengikuti pelatihan data scientist, kamu dapat memperluas jaringan profesional dan memiliki akses ke mentor atau pakar industri yang dapat membimbingmu dalam perjalanan karirmu. Dengan dedikasi dan kerja keras, peluang untuk menjadi seorang data scientist yang sukses akan semakin terbuka lebar bagi kamu. Namun, berbicara soal pelatihan data scientist terkadang satu tantangan terbesarnya adalah kurang fokus.


Banyak pelatihan data scientist cenderung mencakup berbagai topik secara umum tanpa memperhatikan kebutuhan spesifik industri atau perusahaan. Hal ini dapat membuat para peserta merasa kebingungan dan kesulitan dalam mengaplikasikan pengetahuan yang mereka peroleh ke dalam konteks yang sesungguhnya.


Lalu, bagaimana cara melatih tingkat fokus bagi peserta pelatihan data scientist? Simak penjelasannya yuk sahabat DQLab!


1. Tentukan Tujuan yang Jelas

Sebelum kamu memutuskan untuk mengikuti pelatihan, tentukan tujuanmu secara detail dan jelas. Kira-kira apa yang ingin kamu capai dari pelatihan data scientist ini? Apa mungkin kamu ingin menguasai salah satu bahasa pemrograman, misalnya bahasa pemrograman Python. Dengan menetapkan tujuan yang spesifik, kamu jadi lebih fokus dalam mempelajari materi-materi yang relevan diajarkan pada pelatihan data scientist.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Buat Rencana Belajar secara Terstruktur

Pihak penyelenggara pelatihan pastinya sudah merancang kurikulumnya seperti apa, tenaga pengajarnya siapa saja, bobot penilaiannya seperti apa, dan lain-lain. Sekarang tinggal kamu sebagai peserta, rajin-rajinlah untuk membuat rencana belajar yang terstruktur. Identifikasi materi apa saja yang perlu kamu pelajari. Pasang skala prioritas dengan mengurutkan mana saja materi yang termudah hingga tersulit menurut kamu.


Tentukan juga jadwal belajar yang jelas dan waktu khusus untuk mempelajari setiap topik. Hal ini sangat membantu bagi kamu untuk menghindari kebingungan dan lebih fokus dalam proses belajar.


3. Kesampingkan Gangguan Eksternal

Ketika kamu sedang belajar, pastikan untuk menghindari gangguan atau kesampingkan terlebih dahulu distraksi yang mengganggu konsentrasi kamu. Misalnya kamu bisa menonaktifkan nada dering ponsel agar membuat kamu jauh lebih tenang, matikan sementara pemberitahuan media sosial, atau kamu bisa mencari tempat yang lebih tenang agar fokus kamu jadi lebih meningkat. Dengan memperhatikan cara-cara ini, kamu jadi lebih fokus dalam memahami materi yang diajarkan selama pelatihan data scientist.


4. Gunakan Teknik Pomodoro

Teknik Pomodoro merupakan metode manajemen waktu yang efektif untuk meningkatkan fokus dan produktivitas. Metode ini melibatkan pembagian waktu menjadi periode kerja yang singkat (biasanya sekitar 25 menit) yang diikuti dengan istirahat singkat (5 menit).


Selama periode kerja selesai, istirahatlah sejenak untuk menyegarkan pikiran kamu sebelum lanjut belajar lagi. Dengan kamu disiplin untuk menerapkan teknik Pomodoro ini, kamu dapat memaksimalkan fokus selama belajar dan menghindari kelelahan mental selama mengikuti pelatihan data scientist.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Jangan Lupa Istirahat yang Cukup

Terakhir, jangan lupakan pentingnya istirahat yang cukup. Selama proses belajar, pastikan untuk memberikan waktu istirahat yang cukup agar otak kamu dapat menyegarkan diri dan memproses informasi dengan lebih baik. Jangan terlalu memaksakan diri dan berikan tubuhmu waktu untuk beristirahat dan pulih.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner sekarang! 


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login