BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 10 Jam 3 Menit 24 Detik 

Tips Membangun Karir Jadi Praktisi Data untuk FreshGrad

Belajar Data Science di Rumah 30-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/9c91a69c860aa43284f5514cd0a303df_x_Thumbnail800.jpg

Mungkin di antara kalian saat ini ada yang sedang bingung, bagaimana ya caranya untuk bisa memiliki karir cemerlang di industri data? Satu jawaban yang pasti adalah jangan pernah berhenti untuk belajar. Baik kamu yang tidak memiliki background pendidikan di bidang data science, maupun kalian yang sudah memiliki dasar ilmunya. Sebab, data science akan selalu berkembang dengan segala proses digitalisasi yang terus terjadi, baik dari segi teknik dan tools yang digunakan.


Tantut Wahyu, seorang data analyst di perusahaan RupaRupa (RupaRupa.com) yang juga merupakan member DQLab ini akan berbagi tips untuk kamu para fresh graduate yang ingin membangun karir sebagai praktisi data. Simak tipsnya dan jangan sampai kelewatan ya, Sahabat DQ!


1. Pahami Dasar Data Science Secara Perlahan

Apapun bidang ilmu yang kamu jalani saat ini, penting untuk kamu memahami segala dasarnya, termasuk saat kamu hendak memasuki dunia data science. Dasar inilah yang nantinya berperan sebagai fondasimu berpijak di industri data. Jika fondasimu sudah bagus, maka kamu akan lebih mudah dan leluasa untuk mengembangkan ilmu lainnya. Dalam memahami ilmu dasar, poinnya bukan terletak pada kecepatan, melainkan ketepatan. Jadi, kamu tidak perlu terburu-buru untuk bisa memahami dasar-dasarnya. Kamu bisa memulainya dengan mempelajari bahasa pemrograman, seperti R dan Python.


Baca juga : Pahami Data Science dan Konsep Dasar Khusus untuk Pemula


2. Bangun Portofolio Datamu untuk Menambah Nilai Jual Dirimu

Sembari mempelajari teori-teori, ada baiknya kamu imbangkan pemahaman yang sudah kamu miliki dengan mengerjakan sejumlah data project. Hal ini bertujuan agar nantinya kamu bisa mengaplikasikan pemahamanmu, sehingga akan memperkuat ingatanmu tentang apa yang sudah kamu pelajari. Selain itu, tentunya ini bisa kamu jadikan sebagai portofolio datamu yang bisa meningkatkan nilai jualmu di mata perekrut saat kamu melamar pekerjaan. Selain data project, portofolio data umumnya juga bisa berisi studi kasus maupun analisis data yang kamu kerjakan.


3. Konsisten dan Gigih

Menjadi seorang praktisi data bukan hal yang mudah, tetapi juga bukan hal yang tidak mungkin bisa kamu capai. Konsistensi dan kegigihan bisa mengantarmu ke gerbang kesuksesan. Tapi yang perlu kamu ingat, semua orang memiliki waktunya masing-masing. Jadi, ketika ada temanmu yang sudah lebih dulu sampai di titik yang kamu inginkan, bersabarlah dan terus belajar. Niat yang tulus pasti akan mendatangkan kabar baik, Sahabat DQ!


Baca juga : Belajar di DQLab Bisa Bangun Portofolio Data untuk Cari Kerja? Simak Tipsnya Disini!


4. Kerjakan Module untuk Optimalkan Proses Belajar, Yuk Mulai Bersama DQLab!

Dalam mempelajari data science, sah-sah saja jika kamu memilih untuk belajar secara otodidak. Namun, jika kamu merasa ragu dan bingung untuk memulai belajar dari mana, kamu bisa cari satu orang sebagai mentormu dalam belajar. Tentunya, mentor ini adalah orang yang kamu anggap memiliki kemampuan di bidang data. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan arahan pembelajaran, serta bimbingan lainnya yang mungkin tidak kamu dapatkan dari orang lain.


DQLab, sebagai platform pembelajaran data science secara online juga menyediakan mentor-mentor andal loh, Sahabat DQ! Tentunya, DQLab juga sudah menyiapkan berbagai materi pembelajaran data science yang mudah dipahami. Pengemasan materi juga menjadi lebih menarik dengan fitur Live Code Editor. 


Penasaran ingin belajar di DQLab? Yuk, signup sekarang juga!


Penulis: Sandi Sabar Rahman

Editor: Annissa Widya Davita 

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :