SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

1 Hari 9 Jam 43 Menit 6 Detik

Tips Memilih Bootcamp Python & Manfaatnya

Belajar Data Science di Rumah 13-Juli-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-01-1-2023-07-14-015947_x_Thumbnail800.jpg

Bahasa pemrograman merupakan salah satu keahlian yang perlu dimiliki oleh seorang praktisi data. Bahasa pemrograman kini sudah sangat banyak pilihannya, seperti Java, C, R, C++, Python, Matlab, dan masih banyak lainnya. Salah satu bahasa pemrograman yang cukup sering dipilih pemula untuk belajar adalah bahasa python. Saat ini pun banyak tersedia bootcamp python sebagai tempat belajar dengan suasana baru, siapapun bisa ikut turut serta loh.


Python merupakan bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk mengolah data, membuat aplikasi, membuat website, dan lainnya. Bahasa pemrograman ini cukup populer, beberapa alasannya antara lain seperti memiliki syntax yang mudah dimengerti, bisa digunakan untuk berbagai hal, bersifat open source sehingga bisa digunakan oleh siapapun, dan telah digunakan oleh berbagai perusahaan besar. Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa manfaat mengikuti bootcamp python.


1. Pengertian Bootcamp Python

Seperti yang telah kita ketahui bahwa python termasuk salah satu bahasa pemrograman yang memiliki peminat cukup banyak dan dari berbagai kalangan. Banyak orang ingin belajar python dengan berbagai cara seperti belajar sendiri secara otodidak, mengikuti bootcamp python, kursus secara mandiri maupun berkelompok, dan lainnya. Bootcamp python adalah sebuah program latihan belajar bahasa python yang memang disusun untuk mempersiapkan calon praktisi yang mahir menggunakan bahasa python untuk berbagai keperluan.

Python


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Tips Memilih Bootcamp

Pada era kecanggihan teknologi seperti masa kini telah banyak platform yang menyediakan jasa pelatihan bahasa pemrograman. Hal ini tentunya cukup menarik minat banyak orang dan cukup membingungkan untuk memilih bootcamp yang sesuai. Berikut beberapa tips singkat memilih bootcamp yang tepat, yaitu:

  • pilih program yang sesuai dengan passion

  • pilih lembaga bootcamp yang kredibel dan terpercaya

  • sesuaikan dengan budget yang dimiliki

  • memilih jadwal yang sesuai dengan kegiatan kita

Python


3. Kelebihan Bahasa Python

Setiap bahasa pemrograman memiliki karakteristik masing-masing. Bahasa python memiliki berbagai kelebihan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi penggunanya. Beberapa kelebihan python antara lain:

  • mudah dipelajari dan dikenal dengan sintaks-sintaksnya yang sederhana dan mudah dimengerti

  • mudah diaplikasikan baik untuk mengembangkan produk, membuat software maupun membuat aplikasi

  • mendukung IoT (Internet of Things) dengan sangat baik

  • bersifat fleksibel sehingga dapat dijalankan di hampir semua sistem operasi

Python


4. Manfaat Mengikuti Bootcamp 

Bagi seorang pemula, mengikuti bootcamp tentu memiliki berbagai manfaat dan sangat menguntungkan bagi peserta. Beberapa manfaat mengikuti bootcamp python antara lain:

  • adanya kurikulum tersusun sehingga peserta tidak bingung ingin belajar dari mana

  • belajar dengan mentor yang berpengalaman sehingga peserta dapat bertanya jika ada kesulitan

  • membangun networking dengan sesama peserta pelatihan agar dapat saling berdiskusi 

  • menguasai skill baru

  • membangun portofolio

  • memiliki peluang karir yang baik

Python


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Bahasa python adalah bahasa pemrograman yang cukup menarik untuk dipelajari terutama oleh para pemula yang baru terjun dalam dunia pemrograman. Kamu bisa belajar bahasa python dari dasar di DQLab.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass  Bootcamp Data Analyst with SQL and Python sekarang! 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login