Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Tips Memilih Tools Data Science yang Tepat untuk Kamu!

Belajar Data Science di Rumah 03-April-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-05-2024-04-04-201510_x_Thumbnail800.jpg

Selamat datang di dunia Data Science, sebuah petualangan yang menarik di mana kita bisa menjelajahi dunia data untuk menemukan wawasan yang berharga. Dalam perjalanan ini, kita akan diperkenalkan dengan berbagai tools atau alat yang digunakan untuk menganalisis, memahami, dan mengolah data. Namun, dengan banyaknya pilihan yang tersedia, seringkali kita bingung memilih mana yang cocok untuk kita. Mari kita simak perbandingan antara tools Data Science untuk pemula dan profesional, sehingga kamu bisa memilih yang sesuai dengan tingkat dan kebutuhanmu!


Di awal perjalananmu dalam Data Science, kamu mungkin akan merasa overwhelmed dengan banyaknya tools yang tersedia. Namun, jangan khawatir! Untuk pemula, ada beberapa tools yang ramah pengguna dan mudah dipahami, seperti Excel, Google Sheets, dan bahkan Python dengan library Pandas. Tools ini memiliki antarmuka yang sederhana dan banyak tutorial online yang dapat membantumu memulai.


Dengan menggunakan tools ini, kamu dapat mulai memahami dasar-dasar analisis data tanpa harus memiliki latar belakang teknis yang mendalam. 


1. Tools untuk Pemula

Data Science

Untuk pemula dalam Data Science, kebanyakan tools yang digunakan adalah yang bersifat user-friendly dan memiliki antarmuka yang intuitif. Salah satu tools yang populer adalah Excel, yang telah menjadi andalan dalam menganalisis data selama bertahun-tahun.


Dengan fitur-fitur seperti filter, pivot table, dan grafik, Excel memungkinkan pemula untuk dengan mudah mengolah dan memvisualisasikan data mereka. Selain itu, Google Sheets juga merupakan pilihan yang baik karena dapat diakses secara online dan mudah berbagi dengan tim.


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Tools untuk Profesional

Data Science

Bagi para profesional dalam Data Science, tools yang mereka gunakan mungkin lebih kompleks dan kuat dalam analisis data yang mendalam. Python dengan library Pandas dan NumPy sering menjadi pilihan utama karena fleksibilitasnya dalam mengelola data dan melakukan analisis statistik.


Selain itu, SQL juga penting untuk mengakses dan mengelola data dalam database. Selain itu, tools seperti R, SAS, dan MATLAB juga populer di kalangan profesional karena memiliki fitur-fitur khusus untuk analisis data yang canggih.


3. Kemudahan Akses dan Integrasi

Data Science

Salah satu pertimbangan penting dalam memilih tools Data Science adalah kemudahan akses dan integrasinya dengan alat dan platform lainnya. Untuk pemula, tools yang memiliki integrasi yang baik dengan platform yang sudah mereka kenal, seperti Excel atau Google Sheets, mungkin lebih disukai. Namun, untuk para profesional, integrasi dengan alat-alat lain seperti Jupyter Notebook, Git, dan AWS juga menjadi pertimbangan penting.


4. Komunitas dan Dukungan

Penting juga untuk mempertimbangkan dukungan dan komunitas di sekitar tools yang dipilih. Tools yang memiliki komunitas yang besar dan aktif, seperti Python dan R, biasanya memiliki banyak sumber daya online, tutorial, dan forum diskusi yang dapat membantu dalam memecahkan masalah atau mengatasi hambatan dalam penggunaannya.


5. Perkembangan dan Skalabilitas

Terakhir, perhatikan juga perkembangan dan skalabilitas dari tools yang dipilih. Pilihlah tools yang terus berkembang dan memiliki dukungan dari komunitas yang kuat. Selain itu, pastikan juga bahwa tools yang dipilih dapat dengan mudah diintegrasikan dan ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan bisnis atau proyek data science yang kamu jalani.


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Data Science bukan hanya tentang mengolah angka-angka dan statistik. Namun juga tentang mendapatkan insight yang bermakna dari data lalu menerapkan informasi tersebut untuk membuat keputusan yang lebih baik, mengembangkan produk yang lebih inovatif, serta  meningkatkan kualitas hidup. Kamu bisa memulai proses penggunaan algoritma Data Science dengan mempelajari Data Science bersama DQLab


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Scientist!


Penulis: Salsabila Miftah Rezkia


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login