FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 76 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 10 Menit 18 Detik 

Tips Mengikuti Pelatihan Excel 2023, Catat Ya!

Belajar Data Science di Rumah 06-Desember-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/174e9eac85b5f2c9d9d1fa30c7c1f4f1_x_Thumbnail800.jpg

Excel adalah salah satu aplikasi berbasis spreadsheet terbaik untuk mengolah angka, membuat report dashboard, serta menyimpan dan mengelola data. Software ini pertama kali muncul pada tahun 1987 dan sejak itu terus berkembang menjadi salah satu software paling populer di berbagai industri. Excel memiliki banyak kegunaan yang akan sangat membantu pekerjaan. Oleh karena itu, skill excel menjadi syarat mutlak untuk beberapa profesi.


Fitur excel yang lengkap dan bisa digunakan untuk membantu berbagai tugas menyebabkan beberapa orang kesulitan untuk menguasai semuanya. Salah satu strategi agar bisa menguasai excel adalah dengan mengikuti pelatihan excel. Saat ini sudah banyak platform belajar yang menawarkan pelatihan excel dari mulai basic hingga advance, dari yang gratis hingga berbayar. Namun, sebelum mengikuti pelatihan excel, ada baiknya kita memahami bagaimana cara memilih platform pelatihan excel yang sesuai dengan kebutuhan kita. Tenang, DQLab punya tipsnya. Penasaran? Yuk kita simak bersama!


1. Ketahui Kredibilitas Platform

Kualitas platform belajar adalah hal pertama yang harus kita pertimbangkan saat akan mengikuti pelatihan excel. Kita perlu mempelajari siapa pendiri atau penggagas platform tersebut dan siapa mentor atau tim dibalik platform tersebut. Kualitas mentor akan mempengaruhi kualitas materi yang akan kita pelajari. Selain itu, kita juga bisa membaca review dari peserta sebelumnya dan mempertimbangkan apakah output yang mereka dapatkan sesuai dengan ekspektasi kamu.


Excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Pelajari Harga dan Benefit yang Didapatkan

Sebelum mendaftar di sebuah pelatihan excel berbayar, pastikan kamu memahami benefit yang akan kamu terima, ya! Jangan sampai kamu sudah mengeluarkan banyak biaya namun benefit yang kamu dapatkan tidak sesuai. Kamu boleh menghitung rata-rata biaya yang kamu keluarkan di setiap pertemuan, setiap kelas, atau setiap jam dan bandingkan dengan platform belajar yang lain. Kamu juga boleh menuliskan pros dan cons pada setiap platform sehingga kamu lebih mudah menentukan platform mana yang paling cocok.

Excel


3. Kombinasi Teoritis dan Practical

Excel akan lebih mudah dipelajari apabila kita banyak berlatih secara langsung. Namun demikian, sebelum kita praktek secara langsung, kita harus paham terlebih dahulu ilmu tertulis excel. Teori yang dipraktikkan secara langsung akan lebih mudah diingat dan dipahami. Oleh karena itu, sebelum kamu mengikuti pelatihan excel pastikan ada project atau kuis yang mengharuskan kamu mengerjakan studi kasus secara langsung, ya!


Excel


4. Sertifikat Compliance

Poin yang satu ini bukanlah suatu keharusan, namun akan sangat dipertimbangkan ketika kita akan melamar pekerjaan. Sertifikat compliance berisi informasi bahwa kita telah lulus dalam suatu pelatihan. Sertifikat ini juga bisa dicantumkan dalam portfolio excel yang kita miliki. Meskipun bukan suatu keharusan, namun akan menjadi nilai plus ketika kita Smemiliki sertifikat pelatihan, khususnya dari lembaga yang kredibel. 


Excel


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Hal penting lain yang harus kita ketahui sebelum mengikuti pelatihan excel adalah pastikan seberapa paham kita mengenai excel. Jangan sampai ketika mengikuti pelatihan kita sudah mahir pada bab tersebut. Hanya buang-buang waktu, bukan?


Yuk nilai sejauh mana pengetahuan dan pemahaman excel kamu dengan menyelesaikan kuis excel dari DQLab! Kuis ini FREE dan bisa kamu akses dengan sign up melalui DQLab.id kemudian masuk ke menu My Class dan pilih menu Quiz lalu klik button excel dan akses kuis persiapan “Quiz Basic Excel”.

Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :