GET YOUR 30-DAY FREE TRIAL
Akses semua materi belajar DQLab Gratis Claim Now

Tips Mulai Belajar Data Science dari Nol yang Sangat Cocok Bagi Pemula

Tips Mulai Belajar Data Science dari Nol yang Sangat Cocok Bagi Pemula

Belajar Data Science di Rumah 22-Februari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8e1e980ba9df19373fa9814652c46783_100_persen.png

Perkembangan ilmu Data Science ternyata berbanding lurus dengan kemajuan teknologi. Banyaknya perusahaan yang mulai menggunakan teknologi digital membuat mereka mau tidak mau harus berurusan dengan Data Science. Hal ini karena data-data yang dihasilkan ketika mereka menggunakan teknologi digital memiliki volume yang sangat besar dan juga data yang beragam, bisa berbentuk text, audio, video, gambar, dan lain sebagainya. Data yang seperti ini kemudian kita kenal dengan yang namanya big data, dimana data ini hanya dapat diselesaikan dengan data science.

Permasalahan tersebut kemudian menyebabkan banyaknya perusahaan yang mulai membutuhkan ahli Data Science. Tentunya ini menjadi peluang baru bagi semua orang, baik mereka yang berasal dari background pendidikan STEM ataupun bukan. Tentunya ketika tidak memiliki background pendidikan STEM, maka harus bisa belajar ekstra untuk mengejar ketertinggalannya. Nah, dalam artikel ini akan dibahas tips-tips yang dapat dicoba bagi kamu yang baru mulai belajar Data Science. Penasaran kan? Yuk, simak artikelnya!

1. Tentukan Goals

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah goals yang ingin dicapai. Goals setiap orang yang akan belajar Data Science tentunya tidak akan sama. Ada yang ingin belajar untuk memenuhi kebutuhan akademiknya, ada juga yang belajar agar bisa bekerja di bidang Data Science, bahkan ada juga yang mempelajari Data Science untuk menjadi tenaga pendidik di beberapa jurusan tertentu. Ketika goals yang ingin dicapai berbeda-beda, maka tentunya langkah yang dipilih juga pasti akan berbeda.

Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!

2. Pelajari Hal Basic

Mempelajari hal basic dari Data Science menjadi kewajiban bagi semua orang yang memutuskan untuk terjun atau bahkan berkarir di bidang ini. Nah, apa saja hal-hal basic dari Data Science itu? Tentu saja ilmu-ilmu yang mendasarinya seperti Statistika/Matematika, Programming, dan juga ilmu bisnis. Tidak perlu menjadi yang paling mahir, namun paling tidak harus mengenal bagaimana ilmu dasar ini dapat bekerja di Data Science. Dengan cara tersebut, proses belajar akan menjadi lebih mudah.

3. Mengambil Kursus dan Bergabung dengan Komunitas

Tips selanjutnya yang dapat dicoba adalah dengan mengambil kursus Data Science. Hal ini perlu dilakukan karena pada kursus, pemberian materi akan dilakukan secara berurutan dan terstruktur, jadi proses belajar tidak terasa begitu berat. Ketika memutuskan untuk memilih kursus, pastikan pilih kursus dengan harga yang termurah namun fasilitas dan ilmu yang diberikan tidak beda jauh dengan kursus yang memiliki biaya yang lebih mahal.

Namun bagi beberapa orang, biaya kursus Data Science ini mungkin terasa begitu mahal. Nah, opsi lain yang dapat dipilih adalah dengan bergabung ke komunitas Data Science. Saat ini ada banyak komunitas Data Science yang juga terbuka bagi member baru. Meskipun ilmunya tidak begitu berurutan dan terstruktur seperti ketika mengambil kursus, tapi paling tidak di komunitas Data Science banyak pembahasan -pembahasan yang dapat menambah ilmu baru.

Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


4. Yuk, BELAJAR DATA SCIENCE GRATIS DI DQLAB SELAMA 1 BULAN!

                                       

Gunakan Kode Voucher “DQTRIAL”, dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher “DQTRIAL” dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

Penulis: Reyvan Maulid

Editor: Annissa Widya Davita


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!