Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Tips Rumus Pengurangan Excel dengan ChatGPT!

Belajar Data Science di Rumah 08-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/30ed1cbb5b95d144b0cacb25be6f491a_x_Thumbnail800.jpeg

Microsoft excel merupakan salah satu tools yang digunakan oleh banyak orang untuk mengolah data numerik. Tidak heran jika semua sektor mengisyaratkan karyawannya untuk paham dan Mahir Excel karena dalam kesehariannya mereka tidak lepas dari peranan excel sebagai salah satu tools pengolah data angka. Excel sendiri menyediakan berbagai fungsi yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna salah satunya adalah rumus pengurangan. Memang di Excel tidak menyediakan formula khusus untuk rumus pengurangan tetapi kita bisa menggunakannya dengan bantuan simbol yang ada di keyboard kita.


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu kalkulasi yang sering digunakan adalah rumus pengurangan. Ketika orang-orang familiar dengan rumus penjumlahan maka rumus pengurangan biasanya akan saling berkaitan ketika ingin melakukan pengurangan ataupun pembatasan hal tertentu. 


Namun sejalan dengan adanya digitalisasi teknologi sekarang ini penggunaan human Assistant mulai dimanfaatkan agar pembuatan rumus praktis dan anti ribet salah satunya dengan menggunakan ChatGPT. Kira-kira bisa tidak ya rumus pengurangan Excel dibuat langsung dengan menggunakan bantuan Chat GPT? Jawabannya bisa. Simak artikel selengkapnya sampai habis ya!


1. Minta Bantuan ChatGPT

Ketika kamu ingin membuat sebuah rumus salah satunya adalah rumus pengurangan Excel maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah meminta bantuan kepada ChatGPT. Mulailah dengan kata sapaan seperti "Hai ChatGPT, bisakah aku dibantu untuk membuat rumus Excel pengurangan?"

Artificial Intelligence


2. Jelaskan Data Yang Mau Dikurangkan

Selanjutnya adalah kamu bisa menjelaskan terkait dengan data apa yang ingin kamu kurangkan. Biasanya dalam rumus pengurangan Excel itu ada dua kolom yang akan dikurangkan. Misalnya ada kolom A dan kolom B. Syarat dalam melakukan pengurangan adalah salah satu kolom memiliki nilai yang lebih besar dibandingkan kolom yang lain. Nah kamu bisa menuliskan secara spesifik terkait data yang ingin dikurangkan. 

Contoh: "Saya ingin mengurangkan nilai yang ada dalam kolom B dan kolom A"

Artificial Intelligence


3. Berikan format rumus

Terkadang ChatGPT ini juga bisa bingung kalau misalkan penggunanya itu tidak mencantumkan hal yang spesifik terkait dengan apa yang mau ditanyakan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pembahasan kali ini kan lebih ke rumus pengurangan maka berikan juga format rumus yang ingin digunakan. Misalnya Saya ingin menggunakan rumus pengurangan untuk kolom A dan kolom B dengan formula 

= B2 - C2

Hal ini mengindikasikan bahwa nilai B2 dan C2 merupakan dua kolom yang ingin kita kurangkan sedangkan hasilnya akan ditempatkan pada kolom D2

Artificial Intelligence


4. Terapkan Rumus Pada Excel

Setelah kamu mendapatkan jawabannya melalui ChatGPT, Jangan lupa untuk kamu terapkan juga di Excel ya untuk mengecek Apakah rumus yang kamu tuliskan itu sudah benar atau masih perlu diperbaiki? Jangan lupa untuk menerapkan seluruh kolom yang diperlukan dengan klik dan menyeret atau drag ke bawah rumus yang sudah kamu ketikan ke seluruh kolom sehingga semuanya sudah terkurangi.

Artificial Intelligence


Tidak hanya rumus pengurangan namun cara ini juga berlaku untuk semua rumus yang ada dalam formula Excel jadi jangan sampai kalian keliru ya dalam menerapkan dan juga mencantumkan informasi spesifik yang akan kamu tanyakan pada ChatGPT.


Yuk eksplorasi penggunaan ChatGPT untuk membuat berbagai rumus excel bersama DQLab! DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti R dan Python. Menariknya, DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti training corporate DQLab dengan klik tautan https://dqlab.id/b2b  berikut untuk informasi lebih lengkapnya!


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login