[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 18 Jam 28 Menit 33 Detik 

Tips Sukses Dapat Beasiswa Data Science untuk Pemula Data

Belajar Data Science di Rumah 28-Januari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/172c6a3bd965f0752d12a0e02346dde9_x_Thumbnail800.jpg

Beasiswa Data Science, siapa sih yang tidak tertarik? Banyak pengalaman yang bisa kita dapatkan ketika mendapatkan beasiswa data science mulai dari penerapan ilmu data science, memperluas networking, mengenal mentor-mentor profesional, dan lain sebagainya. Menarik, bukan? Belajar data science memang bisa dilakukan dari mana saja seperti dari buku-buku, artikel di internet, video tutorial, dan lainnya. Namun bagi pemula mungkin akan bingung sebaiknya mulai dari mana agar pemahaman data science dapat dilakukan step by step. Untuk itu sekarang banyak kursus data science menjamur baik online maupun offline.


Tidak hanya kursus Data Science yang berbayar, kamu juga bisa belajar data science secara gratis, loh. Caranya dengan mendapatkan beasiswa data science. Memangnya ada? Tentu ada, dong. Beasiswa data science ini akan memfasilitasi kamu dalam belajar materi mengenai data science mulai dari tools yang digunakan, bahasa pemrograman yang sering digunakan, contoh-contoh project data yang mirip dengan real case, dan skill-skill lainnya yang dibutuhkan praktisi data. Di artikel kali ini kita akan bahas gimana sih supaya bisa dapat beasiswa data science? Dan apa saja beasiswa data science yang bisa diikuti? Simak artikel ini sampai habis, yuk!


1. Cari Informasi di Berbagai Media Sosial

Data Science

Ketika ingin mendapatkan beasiswa data science, kamu harus aktif mencari informasi. Dengan kemajuan teknologi sekarang ini, sangat mudah memperoleh informasi yang kita butuhkan. Informasi beasiswa data science bisa kamu dapatkan melalui media sosial seperti Instagram, LinkedIn, dan Facebook. Bagi yang suka menghabiskan waktu di media sosial, jangan cuma scrolling. Manfaatkan untuk mencari informasi beasiswa. Selain media sosial, kamu bisa juga mencari informasi beasiswa di browser yang terpasang di perangkatmu seperti Chrome atau Safari. Kumpulkan informasi tersebut, catat tanggal pendaftarannya dan jangan sampai terlewat. Perhatikan juga persyaratan yang diberikan. Siapkanlah apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftar.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Pahami Dasar Data Science

Ingin dapat beasiswa data science? Ini tipsnya. Pelajari dasar-dasar data science seperti mengenal apa itu data science, tools yang digunakan, profesi yang berkaitan dengan data science, dan lain sebagainya. Hal ini akan menjadi bekal kamu agar tahu mau ke arah mana. Misalnya ingin menjadi Data Analyst maka carilah informasi beasiswa untuk Data Analyst. Biasanya di awal setelah mendaftar kamu akan melalui tes terlebih dahulu untuk menentukan apakah kamu layak mendapatkan beasiswa atau tidak. Oleh karena itu kamu harus mempersiapkan diri dengan belajar dasar-dasar data science dan mulai berlatih coding untuk data science. Tidak perlu terlalu dalam, cukup dasar-dasarnya saja. Selain itu kamu juga harus berkomitmen untuk menyelesaikan pelatihan saat sudah mendapatkan beasiswa tersebut. 


3. Awali Belajar Data Science dengan Modul Gratis

data science

Data science bisa kita pelajari dengan memanfaatkan modul-modul gratis. Kursus data science kebanyakan memang berbayar sesuai dengan benefit yang diberikan seperti bimbingan instruktur ahli, mentor profesional, hingga sertifikat gratis. Namun ada juga loh kursus data science yang menyediakan modul gratis bagi pemula yang ingin coba-coba belajar apa itu data science. Jadi, kamu tidak merasa rugi jika sudah membayar namun pembelajaran tidak sesuai yang kamu bayangkan. Kamu bisa mencoba mengikuti pembelajaran data science dengan modul gratis DQLab yaitu Introduction to Data Science with Python dan Introduction to Data Science with R. 


4. Program Kominfo untuk Pemula Hingga Profesional

Data Science

Mulai tahun 2018, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia mengadakan program digital talent yang memberikan berbagai pelatihan terkait teknologi bagi lulusan baru hingga profesional. Beberapa program yang ada yaitu antara lain Fresh Graduate Academy, Professional Academy, Thematic Academy, dan Digital Entrepreneurship Academy. Masing-masing program terdapat berbagai pelatihan yang bisa kamu pilih sesuai keinginanmu. DQLab merupakan lembaga yang menjadi partner pelatihan digitalent Kominfo untuk pelatihan Data Engineer, Data Scientist, dan Data Analyst. 


Pelatihan ini tidak dipungut biaya alias gratis dan diakhir pelatihan akan mendapatkan sertifikat completion sebagai bukti bahwa kamu telah berhasil menyelesaikan pelatihan dengan modul-modul yang diberikan. Pelatihan data science dengan DQLab diadakan selama satu bulan yang terdiri dari dua kali pertemuan dalam seminggu bersama para mentor data. Kamu bisa mengakses digitalent.kominfo.go.id untuk jadwal pendaftaran serta pelatihan apa saja yang sedang diadakan. 


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Persiapkan Diri untuk Jadi Praktisi Data Handal

Sudah pernah mengikuti beasiswa data science? Sekarang saatnya bangun portofolio data! Portofolio data umumnya berisi project data yang pernah kamu kerjakan sebelumnya yang dirangkum dan divisualisasikan secara interaktif. Bisa dalam bentuk tulisan atau artikel, bisa juga dalam bentuk presentasi. DQLab adalah lembaga kursus data science yang menyediakan modul dan project untuk membantu talenta data belajar data science secara intensif. Nah, modul dan project yang dikerjakan bisa kamu jadikan portofolio datamu, loh. So, tunggu apa lagi? Daftar di DQLab.id untuk capai karir di bidang data!


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!