PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 12 Jam 3 Menit 20 Detik 

Tools Analytics Penting untuk Data Analyst, Sudah Tahu?

Belajar Data Science di Rumah 14-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5061fe95a963885f7276c7d054fbecd8_x_Thumbnail800.jpg

Data adalah teman terbaik bagi setiap marketing team. Tanpa data, seorang marketer tidak dapat mengetahui apa yang bekerja dengan baik untuk kampanyenya, mendiagnosis potensi masalah, dan menentukan area yang menjadi fokus usahanya. Namun, semua data tidak sama, dan mengetahui metrik untuk dipantau dapat menandai perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan. 


Selain markerter, Data Analyst kerap kali memiliki akses ke puluhan bahkan ratusan alat analisis pemasaran. Beberapa dari alat ini tersedia secara gratis dan mereka melakukan satu hal dengan baik sementara yang lain mengharuskan pengguna untuk membayar biaya berlangganan bulanan dan mereka menawarkan berbagai fungsi. 


Semua alat ini menjanjikan Sahabat DQ kemampuan untuk memproses dan mengekstrak dari data yang dimiliki, tetapi mana yang layak Sahabat DQ pertimbangkan? Data Analyst harus memiliki cara untuk mengelola dan mengukur kinerja kampanye pemasaran mereka. Inilah peran dari alat analisis Data Analyst untuk mereka target yang sudah di tentukan. Tujuan Data Analyst mengenal berbargai alat analisa data adalah untuk membuat kegiatan pemasaran lebih efektif dan memvalidasi strategi yang dijalankan.


Dengan alat analisa data, Data Analyst lebih mudah untuk membuat laporan tanpa bergantung pada ilmuwan data, melacak keberhasilan kampanye, dan melakukan analisis persaingan. Tools apa aja sih yang banyak digunakan oleh team Data Analyst marketing untuk melakukan evaluasi kerja mereka?


Yuk pelajari beberapa tools berikut!


1. Google Analytics

teknik analisis data


Ini adalah alat analisis situs web dasar dan gratis yang disediakan oleh Google. Sahabat Data DQLab dapat menggunakannya untuk melacak progres traffic di situs web Sahabat DQ, mengetahui dari mana pengunjung web berasal, bagaimana mereka mengetahui situs web tersebut, jumlah waktu yang mereka habiskan di situs web, dan masih banyak lagi. 


Google Analytics juga dapat diintegrasikan dengan alat lain seperti Google AdWords dan Google Data Studio untuk analisis data pemasaran yang lebih dalam. Versi dasar Google Analytics gratis dan cocok untuk sebagian besar perusahaan. 


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


2. Mixpanel

teknik analisis data


Tujuan MixPanel adalah untuk melacak acara di situs web, aplikasi seluler, atau produk yang Sahabat DQ kembangkan. Dengan cara ini, Sahabat DQ dapat mengetahui apa yang dilakukan pengguna di aplikasi seluler atau situs web tersebut. 


Dengan MixPanel, Sahabat DQ  akan melihat tren, jumlah, pengguna yang menggunakannya dan sesuai dengan urutan. MixPanel mengharapkan Sahabat DQ  untuk menambahkan œEvent yang perlu Sahabat DQ  lacak dan fokuskan. Sahabat DQ  dapat melakukannya menggunakan pemilih visual atau dengan menambahkan anotasi kode. Setelah pemilihan, peristiwa yang ingin Sahabat DQ  lacak akan ditampilkan di dasbor dan metrik pilihan sesuai dengan kebutuhan. 


3. Optimazely

Optimizely adalah alat yang baik untuk melakukan pengujian A/B pada halaman web dan produk untuk mengetahui versi mana yang terbaik. Pengujian A/B dapat berupa visual atau tekstual, dan Optimizely memudahkan Sahabat DQ  mengubah desain halaman tanpa mengubah kode. Itu juga dapat diintegrasikan dengan alat analitik lain seperti Bizble, Google Analytics, dan Clicktale. 


Eksperimen tersebut memudahkan Sahabat DQ melacak hasil eksperimen Optimizely di dasbor lain bersama dengan segmentasi data tambahan. Tools ini sangat ramah untuk proses pemasaran agar lebih efektif. Kemampuan pengujian A/B-nya dapat membantu Sahabat DQ  mengetahui cara mengonversi pengguna dengan lebih baik dan meningkatkan ROI Sahabat DQ.


4. Cyfe

Cyfe adalah dasbor lengkap yang memungkinkan pemasar mengintegrasikan data dari berbagai alat pemasaran dan melihat semuanya di satu tempat. Sahabat DQ dapat menggunakannya untuk melacak data dari semua platform pemasaran media sosial, platform penjualan, saluran pemasaran bayar per klik, dan lainnya. Ini memiliki widget bawaan yang dapat Sahabat DQ  gunakan untuk terhubung ke akun Google Analytics, Google AdWords, dan Tenaga Penjualan. 


Cyfe kemudian dapat mengumpulkan semua data yang Sahabat DQ  butuhkan dari platform ini dan menampilkannya di satu dasbor. 


Baca juga : Contoh Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Kuantitatif - DQLab


5. Belajar Data Otodidak dan Mandiri Bersama DQLab

Sahabat DQ, yuk Belajar dirumah secara mandiri bersama DQLab!


Nikmati modul interaktif dan pembelajaran aplikatif bersama DQLab untuk mahir data analytics dan tentunya dengan keunggulan Live Code Editor DQLab Sahabat DQ tidak perlu melakukan instalasi software. DQLab sudah menyediakan semua yang Sahabat DQ butuhkan untuk belajar. 


Mulai dari Modul sampai ke sertifikat Completion. Yuk Mulai Karir Datamu bersama DQLab sekarang!




Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :