Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Tools Data Engineer untuk Kelola Data Jadi Efisien

Belajar Data Science di Rumah 22-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-senin-04-2023-09-23-092042_x_Thumbnail800.jpg

Mengelola data di era digital ini bukan lagi tugas yang sederhana. Data yang diperoleh dari berbagai sumber, seperti aplikasi, situs web, atau sensor, dapat menjadi sangat besar dan rumit. Di sinilah peran seorang Data Engineer sangat penting. Mereka adalah pahlawan yang bekerja di balik layar untuk memastikan data tersimpan dengan baik, tersedia secara cepat, dan siap digunakan oleh tim Data Scientists dan analis.


Dalam artikel ini, DQLab akan mengenalkan Anda pada berbagai tools penting yang digunakan oleh Data Engineer untuk mengelola data dengan lebih efisien, dan kami akan menjelaskannya dengan bahasa yang mudah dipahami oleh orang awam. Selamat membaca!


1. Basis Data: Pondasi Data Engineering

Data Engineer


Basis data adalah tempat di mana semua data disimpan. Ada berbagai jenis basis data yang digunakan dalam dunia Data Engineering, seperti basis data relasional, basis data NoSQL, dan banyak lainnya.


Basis data relasional, seperti MySQL atau PostgreSQL, umumnya digunakan untuk data yang memiliki hubungan yang kompleks. Sementara itu, basis data NoSQL, seperti MongoDB atau Cassandra, cocok untuk data yang tidak memiliki struktur yang tetap.


Data Engineer memilih jenis basis data yang sesuai dengan kebutuhan proyek dan memastikan data tersimpan dengan aman dan terorganisir di dalamnya.


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Tools ETL: Transformasi Data yang Efisien

Data Engineer


ETL adalah singkatan dari "Extract, Transform, Load," yang merupakan tahapan penting dalam Data Engineering. Tools ETL, seperti Apache NiFi atau Talend, membantu Data Engineer mengambil data dari berbagai sumber, membersihkannya, dan mengubahnya ke dalam format yang sesuai.


Misalnya, jika Anda mengambil data dari situs web dan ingin menggunakannya untuk analisis, tools ETL akan membantu Anda mengeluarkan data dari situs web tersebut, membersihkannya dari data yang tidak relevan, dan memasukkannya ke dalam basis data Anda dengan cara yang mudah diakses oleh Data Scientists.


3. Apache Hadoop: Menangani Data Besar dengan Mudah

Data Engineer


Data Engineer sering bekerja dengan data yang sangat besar, dan Apache Hadoop adalah salah satu tools penting untuk menangani tantangan ini. Hadoop adalah kerangka kerja yang memungkinkan pengolahan data yang sangat besar secara terdistribusi.


Ini menggunakan konsep "cluster" di mana banyak komputer bekerja bersama-sama untuk mengolah data. Dengan Hadoop, Data Engineer dapat memproses dan menganalisis data besar dengan cepat dan efisien.


4. Tools Manajemen Versi: Kontrol Revisi Data

Seperti pengembang perangkat lunak yang menggunakan tools seperti Git untuk mengelola kode sumber mereka, Data Engineer juga memerlukan tools manajemen versi khusus untuk mengelola perubahan dalam data mereka.


Tools seperti Apache Kafka atau Apache Flume memungkinkan Data Engineer untuk melacak dan mengelola aliran data yang masuk ke sistem mereka. Dengan cara ini, mereka dapat mengendalikan perubahan data, menghindari kehilangan data, dan memastikan data selalu tersedia dan konsisten.


5. Tools Monitoring: Menjaga Kualitas Data

Terakhir, namun tidak kalah pentingnya, adalah tools-tools monitoring. Data Engineer harus memantau performa sistem mereka secara terus-menerus untuk memastikan semuanya berjalan lancar.


Tools seperti Apache Spark atau Prometheus membantu mereka melacak kinerja basis data, mengidentifikasi masalah, dan meresponsnya dengan cepat. Ini membantu menjaga kualitas data dan memastikan data selalu tersedia saat dibutuhkan.


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


Jika Anda tertarik untuk menjelajahi lebih lanjut dunia Data Engineering, mulailah dengan memahami tools-tools yang telah DQLab bahas di artikel ini. Mungkin Anda ingin mencoba belajar tentang salah satu tools tersebut atau bahkan mengikuti kursus online yang mengajarkan keterampilan Data Engineering. 


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login