Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Tools Data Science, Proses Analisa Lebih Efisien

Belajar Data Science di Rumah 19-Maret-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b5d579ad97151f6bcfb4f1f27a82a239_x_Thumbnail800.jpeg

Data science atau biasa dikenal pula dengan ilmu data merupakan suatu bidang ilmu yang mempelajari tentang data. Penerapan ilmu ini sudah digunakan di berbagai bidang. Dalam penggunaannya pada proses analisis data diperlukan bantuan tools data science. Saat ini sudah banyak tools data science yang bisa digunakan untuk membantu proses analisis data. Setiap tools analisis data memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, pengguna dapat memilihnya sesuai kebutuhan


Penguasaan tools data science adalah salah satu skill yang perlu dikuasai oleh para praktisi data. Saat ini data berkembang dengan cepat dan sangat kecil kemungkinannya jika dianalisis menggunakan cara manual. Oleh karena itu diperlukannya penggunaan tools data science seperti Python, Tableau, Google Data Studio, R, SQL, Hadoop, Microsoft Excel, dan masih banyak lainnya. Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa tools data science secara singkat. Yuk, simak bersama-sama!.


1. Hadoop

Hadoop merupakan salah satu framework yang bersifat open source dan sangat efektif dalam penyimpanan database yang sangat besar. Tentunya hal ini cocok dengan ra big data seperti yang kita hadapi saat ini. Oleh karena itu Hadoop pun menjadi salah satu tools favorit bagi para data scientist. Hadoop memiliki cara kerja dengan mendistribusikan dataset yang besar ke dalam beberapa mesin yang berbeda lalu diproses di waktu yang bersamaan. Hadoop memiliki empat modal utama yaitu HDFS (Hadoop Distributed File System), YARN (Yet Another Resource Negotiator), MapReduce, dan Hadoop Common.


Data Science


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Python

Python merupakan bahasa pemrograman yang saat ini sedang naik daun terutama di kalangan praktisi data. Python ini sangat populer dikarenakan memiliki berbagai kelebihan seperti syntax yang mudah dimengerti, dapat digunakan untuk pengolahan data maupun pembuatan website, bersifat open source, menyediakan banyak library, dll. Python pun memiliki beberapa fungsi yang bisa diterapkan dalam dunia industri seperti menyelesaikan permasalahan matematik, membuat penulisan skrip sistem, software development, data analysis, dan machine learning.


Data Science


3. Tableau

Tableau merupakan suatu tools yang sering digunakan untuk proses visualisasi data. Dengan menggunakan tools ini, hasil analisis data dapat dikemas menjadi informatif dan interaktif. Selain itu Tableau juga dapat digunakan untuk mengelola metadata serta mengimpor berbagai range data dan ukurannya. Untuk memudahkan proses visualisasi data dan analisis data, terdapat berbagai produk dalam Tab;eau seperti Tableau Desktop, Tableau Online, Tableau Server, tableau Mobile, Tableau Public, dan Vizable. Terdapat beberapa kelebihan Tableau yaitu pilihan visual yang interaktif, user friendly, bersifat open source, dapat mengelola banyak sumber data, dashboard mobile friendly, serta terintegrasi dengan bahasa skrip.

Data Science

4. Excel

Setelah mengetahui sejarah dari Microsoft Excel, mungkin sebagian besar pemula ingin mengetahui apa saja manfaat dari software yang satu ini. Beberapa manfaat dari Microsoft Excel antara lain dapat menyelesaikan perhitungan aritmatika, menghitung anggaran, membuat grafik dan diagram, menghitung dan mengelola catatan keuangan, menganalisis dan menyajikan data, mengurutkan data, software akuntansi, mengoperasikan data tabel, grafik dan statistika. Selain itu masih banyak manfaatnya yang tidak dapat disebutkan satu persatu.



Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Tools data science adalah bagian penting yang perlu dipelajari. Dalam DQLab kamu bisa mempelajari beberapa tools data science yang biasa digunakan para praktisi data. DQLab menyediakan berbagai modul gratis untuk belajar dari dasar dengan bahasa yang mudah dipahami.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login