PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 0 Jam 59 Menit 38 Detik

Tools Data Science Powerful untuk Data Mining

Belajar Data Science di Rumah 13-Maret-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a4204fdab1abe1539fbdcffade469db7_x_Thumbnail800.jpeg

Data Science menjadi salah satu hal yang penting dilakukan di era society 5.0. Manusia memiliki kumpulan data yang sangat banyak, tetapi sebagian besar data tersebut tidak dapat diolah dengan teknik tradisional. Data Science adalah ilmu yang memerlukan berbagai tools untuk mensupport berbagai project yang akan dikerjakan.


Data Science memiliki beberapa cabang tahapan untuk mampu menghasilkan output sesuai kebutuhan. Salah satunya adalah Data Mining. Data Mining pada ilmu Data Science merupakan proses mengumpulkan dan mengolah data mentah yang berasal dari database menjadi informasi penting.


Data Mining pada dasarnya merupakan bagian dari algoritma Data Science. Data Science adalah areanya sedangkan Data Mining adalah teknik yang termasuk di dalamnya. Tujuan dari Data Mining diantaranya adalah sebagai sarana menjelaskan suatu kondisi penelitian, sebagai sarana konfirmasi sebuah pernyataan atau hipotesis dan eksplorasi suatu pola baru yang belum terdeteksi.


Untuk mampu mencapai tujuan tersebut, dibutuhkan tools Data Mining. Kira-kira tools seperti apa yang bisa kita gunakan ya?


1. Apa Itu Data Mining?

Data Mining adalah proses pengumpulan dan pengolahan data yang bertujuan untuk mengekstrak informasi penting pada data. Proses pengumpulan dan ekstraksi informasi tersebut dapat dilakukan menggunakan perangkat lunak dengan bantuan perhitungan statistika, matematika, hingga memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI).


Data Science


Data Mining sering disebut juga Knowledge Discovery in Database (KDD). Dalam proses KDD tersebut meliputi tahapan mulai dari pembersihan data, integrasi data, seleksi data, transformasi, penambangan data, evaluasi pola, hingga presentasi pengetahuan. 


Data Mining memiliki tujuan untuk membuat data yang melimpah tersebut lebih useful berdasarkan pattern atau pola yang dihasilkan dari proses analisis data dengan begitu kamu dapat melihat trend yang tidak kamu ketahui dari sekumpulan data-data, dan kembali lagi trend tersebut dapat digunakan untuk proses pengambilan keputusan di suatu perusahaan ataupun organisasi.


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Tools Data Mining – Orange

Aplikasi ini menggunakan Python sebagai bahasa pemrogramannya. Komponen-komponen pada Orange disebut dengan widgets. Fungsi utama widgets adalah menampilkan tabel data dan memilih fitur, menampilkan elemen data, membaca data, dan lain-lain.


Seperti aplikasi Data Mining sebelumnya yang sudah dibahas, Orange juga telah menyediakan beragam algoritma Machine Learning siap pakai. Orange juga memiliki user interface yang menarik serta mudah dioperasikan. Bagi Sahabat DQ, Orange bisa menjadi pilihan untuk memperdalam proses Data Mining. 


Data Science


Aplikasi Orange dikenal ramah bagi pemula dan untuk proses analisis data yang sederhana. Hal ini karena Orange tidak membutuhkan skill coding untuk dapat dioperasikan. Fitur-fitur yang ada juga tinggal dipilih sesuai kebutuhan.


Misalnya, kalian ingin membuat model klasifikasi atau regresi. Sahabat DQ tinggal menambahkan widget seperti KNN atau Naive Bayes dan memberikan data ke model tersebut dengan menghubungkan sumber data ke model dengan cara menarik garis penghubung. 


3. Cara Kerja Tools Orange

Pada Orange, untuk melakukan Data Mining kita akan menggunakan sistem widget. Setiap widget punya fungsinya masing-masing dan dapat menerima input atau mengeluarkan output.


Misalnya kita ingin membaca data dari sebuah file, kita bisa menggunakan widget File untuk membaca data dari file tersebut dan menggunakan widget Data Table untuk menampilkan isi data yang sudah dibaca.


Data Science


Sama halnya jika kita ingin membuat sebuah model untuk melakukan Data Mining seperti klasifikasi atau regresi. Kita bisa menambahkan widget seperti KNN dan Naive Bayes untuk membuat model dan memberikan data ke dalam model tersebut dengan cara menghubungkan sumber data dengan model dengan cara menarik garis penghubung.


4. Algoritma Data Science dalam Data Mining

Pada tahap pengolahan data pada Data Science memerlukan penerapan algoritma-algoritma untuk menjalankan prosesnya. Salah satu ilmu yang termasuk dalam Data Science adalah Data Mining. Proses Data Mining fokus pada menemukan pola-pola tertentu yang ada pada data.


Berikut adalah beberapa algoritma Data Science yang digunakan dalam Data Mining:

  • Naive Bayes

Naive Bayes adalah algoritma untuk mengklasifikasikan data menggunakan metode probabilitas dan statistik yang bertujuan memprediksi peluang di masa depan berdasarkan kejadian atau data di masa lampau.

  • C 4.5

Algoritma C4.5 atau Decision Tree adalah metode yang populer digunakan dengan bahasa pemrograman R. Decision Tree adalah metode pengambilan keputusan dengan mengikuti titik awal alur atau disebut juga dengan root node.

  • K-Means

Algoritma K-Means merupakan metode non hirarki yang membagi data ke dalam satu atau lebih cluster. Data akan dibagi berdasarkan karakteristik yang sama dan dikelompokkan ke dalam cluster sedangkan data yang memiliki karakteristik berbeda akan dikelompokkan ke dalam cluster yang lainnya. Contoh penerapan algoritma ini adalah customer segmentation.


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Ingin mengasah skill dan berkarir menjadi Data Science secara mandiri dan tanpa terikat peraturan, waktu, dan tempat? Apalagi ingin belajar lebih banyak terkait tools-tools yang ada dalam Data Science?


Yuk belajar dengan modul dari DQLab! Modul DQLab disusun oleh expertise yang sudah didesain mulai untuk pemula hingga tingkat lanjut sehingga bisa diakses dan dipelajari oleh siapapun.


Coba modul gratis "Introduction to Data Science" dengan bahasa pemrograman dan tools yang banyak digunakan oleh Data Scientist professional dan nikmati sensasi menggunakan live code editor sehingga kita tidak perlu membuka software tambahan. Selamat belajar sahabat DQLab!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login