SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

1 Hari 9 Jam 51 Menit 3 Detik

Tools Data Scientist Populer untuk Praktisi Data

Belajar Data Science di Rumah 23-Desember-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/28fad6fbeeb8d8898f82dd0878b813d3_x_Thumbnail800.jpeg

Seorang data scientist memiliki peran penting dalam perusahaan, terutama dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan data. Secara umum data scientist bertugas mengolah data sampai menghasilkan suatu informasi yang dapat digunakan untuk membuat keputusan bisnis. Dalam proses analisis data sampai visualisasi data, data scientist menggunakan bantuan berbagai macam tools data scientist yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. 


Saat ini sudah banyak tools data scientist yang sering kita jumpai, baik itu bersifat open source maupun berbayar. Masing-masing tools memiliki kegunaan, kelebihan, serta kekurangan masing-masing. Ada tools yang sering digunakan untuk pemrosesan database, untuk proses analisis data, untuk proses visualisasi data, dan lainnya. Pada artikel kali ini kita khususnya akan mengenali berbagai macam tools data scientist yang populer di kalangan para praktisi data. Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Python

Python merupakan salah satu tools data scientist yang sangat populer dan sering digunakan oleh praktisi data. Python dikenal sebagai bahasa pemrograman tingkat tinggi yang mudah dipahami, mudah dipelajari serta memiliki banyak library. Selain itu python juga bersifat open source sehingga memudahkan pengguna tanpa harus membeli lisensi terlebih dahulu. Python sering digunakan untuk berbagai keperluan seperti di bidang matematika, menulis skrip sistem, analisis data, machine learning, software development, web development, dan masih banyak lainnya.


Data Scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Tableau

Tableau merupakan suatu tools yang sering digunakan untuk proses visualisasi data. Dengan menggunakan tools ini, hasil analisis data dapat dikemas menjadi informatif dan interaktif. Selain itu Tableau juga dapat digunakan untuk mengelola metadata serta mengimpor berbagai range data dan ukurannya. Untuk memudahkan proses visualisasi data dan analisis data, terdapat berbagai produk dalam Tab;eau seperti Tableau Desktop, Tableau Online, Tableau Server, tableau Mobile, Tableau Public, dan Vizable. Terdapat beberapa kelebihan Tableau yaitu pilihan visual yang interaktif, user friendly, bersifat open source, dapat mengelola banyak sumber data, dashboard mobile friendly, serta terintegrasi dengan bahasa skrip.

Data Scientist

3. Google Data Studio

Google Data Studio merupakan salah satu tools bagian dari Google dan sering digunakan untuk proses analisis data. Google Data Studio ini seringkali digunakan untuk visualisasi data. Namun tidak hanya itu, tools ini dapat digunakan untuk fungsi lainnya seperti integrasi data, transformasi data, dan sharing data. Beberapa keunggulan Google data Studio yang menjadi bahan pertimbangan untuk digunakan para praktisi data antara lain mudah dibagikan, pilihan widget yang lengkap, template gratis, laporan mudah dibaca, bersifat gratis,  memiliki data dari banyak sumber, mudah digunakan, mudah dikustomisasi, dan mudah dipelajari.


Data Scientist


4. SQL

SQL atau Structured Query Language merupakan salah satu bahasa query yang dapat digunakan untuk mengakses database relasional, memanipulasi data, memodifikasi tabel, dan masih banyak lainnya. SQL ini merupakan bahasa pemrograman yang telah ada sejak tahun 1970-an namun sampai saat ini masih sering digunakan oleh para praktisi data. Hal ini dikarenakan beberapa keunggulan SQL sehingga SQL termasuk ke dalam salah satu tools yang eksis sampai saat ini. Beberapa keunggulannya antara lain simpel dan mudah digunakan, terhubung ke berbagai sumber, memiliki kemampuan untuk management user, coco digunakan untuk membangun program aplikasi, dll.


Data Scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Penggunaan tools data scientist merupakan salah satu hal yang perlu dikuasai oleh data scientist. Data scientist umumnya menganalisis data yang berukuran besar dan sangat kecil kemungkinannya jika dilakukan menggunakan cara manual tanpa bantuan software apapun. Kalian bisa mencoba belajar menggunakan beberapa tools data scientist seperti Python dan SQL di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login