Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Top 3 Modul Kursus Data Science Jakarta dan Indonesia

Belajar Data Science di Rumah 10-Maret-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/c874e8bcf89b22fac0ffb26b59beb5e4_x_Thumbnail800.jpg

Pertumbuhan lembaga kursus Data Science Jakarta dan Indonesia mengalami peningkatan yang cukup masive. Hal ini dikarenakan trend serta kebutuhan sumber daya manusia yang ahli di bidang data khususnya Data Scientist juga meningkat. Revolusi digital di berbagai sektor industri mendesak perusahaan dan instansi-instansi menjadikan data sebagai pemimpin dalam pengambilan keputusan-keputusan bisnis mereka. Tentunya hal tersebut menandakan bahwa  tugas yang diemban seorang data scientist sangat penting dan tidak mudah, karena melibatkan kelangsungan kemajuan suatu perusahaan. Diperlukan sumber daya manusia yang memiliki keahlian teknis dan non teknis yang mumpuni, untuk itu banyak orang yang memilih untuk berinvestasi di bidang pendidikan dengan mengikuti kursus data science sebagai langkah awal untuk berkarir sebagai praktisi data. 


Tentunya ketika kamu ingin menginvestasikan sesuatu kamu pasti mempertimbangkannya secara matang agar tepat guna. Selain softskill, hardskill juga sangat penting untuk menjadi seorang Data Scientist. Secara garis besar apa saja keahlian yang akan dipelajari ketika kamu mengikuti kursus Data Science ? Untuk itu, simak artikel ini karena artikel ini akan membahas 3 standar modul yang wajib ada di kursus Data Science.


1. Konsep Dasar Python untuk Data Science

Jika kita ingin mulai mempelajari sesuatu pastikan mempelajarinya dari konsep dasarnya, begitu pula ketika kita mengikuti kursus Data Science. Modul pertama yang akan kamu pelajari adalah Fundamental Data Science menggunakan bahasa pemrograman Python. Bahasa pemrograman Python adalah bahasa yang fleksibel karena selain digunakan untuk melakukan analisis data tapi, sekaligus bisa digunakan untuk mendeploy web apps yang bisa kamu gunakan untuk menampilkan dashboard hasil visualisasi kamu. Untuk mendeploy Python web apps biasanya para developer menggunakan flask dan django.


Konsep dasar Data Science menggunakan Python tersebut terdiri dari pengenalan variabel, operator aritmatika dan logika, struktur percabangan, perulangan, function, pemahaman OOP (Object Oriented Programming), package atau library, import dan export data dengan python, hingga memvisualisasikan grafik dasar dengan matplotlib.


Baca juga : Awali Kursus Data Science Gratis Di Era Pandemi Bersama DQLab


2. Konsep Dasar R untuk Data Science

Modul selanjutnya yang biasanya ditawarkan oleh mayoritas kursus Data Science Jakarta dan Indonesia adalah Fundamental Data Science dengan menggunakan bahasa R. Tak kalah populer dengan bahasa pemrograman Python, bahasa R juga populer karena digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti AirBnB, Microsoft, Facebook dan Uber. R merupakan satu kesatuan dari perangkat lunak yang memang memiliki spesialisasi untuk melakukan kegiatan statistik, menguji dan menganalisis data, serta untuk Data Science. Konsep dasar Data Science menggunakan R terdiri dari pengenalan variabel, vektor, list, data frame, deret nilai dengan operator, index, list index, bagaimana cara mengakses data frame, package untuk membuat dasar grafik dan chart.


3. Konsep Dasar SQL untuk Data Science

Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa SQL (Structured Query Language) adalah bahasa yang dirancang untuk berkomunikasi dengan database. Untuk menguasai bahasa ini kamu harus memulainya dari konsep dasar SQL yang terdiri dari syntax-syntax dasar DDL dan DML seperti CREATE, DROP, SELECT, INSERT, UPDATE, DELETE, Filter, sort, group results, use built-in functions, access multiple tables, hingga cara mengcreate dan mengakses database database dari cloud menggunakan SQL. Jika telah menguasai konsep-konsep dasar dari ketiga modul tersebut. Kamu bisa mencoba menggabungkan antara Python dan SQL untuk mengakses database menggunakan Jupyter dan mencoba membuat proyek dengan data real.


Baca juga : Kursus Data Science Jakarta: Tips Cermat Belajar Data Science bersama DQLab!

4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

    Penulis: Rian Tineges

    Editor : Annissawd


    Postingan Terkait

    Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!