GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 8 Jam 16 Menit 22 Detik 

Top 4 Skill Data Scientist Wajib Dikuasai Bagi Pemula

Belajar Data Science di Rumah 01-April-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ab0d679b44e2d94d12bced6c8e8cd38c_x_Thumbnail800.jpg

Sesuai namanya, data scientist bekerja pada bidang data science yang membutuhkan background matematika, statistika, data mining, analisis lanjutan, algoritma machine learning dan artificial intelligence. Dengan latar belakang dan kemampuan tersebut, data scientist dapat memperoleh pemahaman data yang komprehensif dan menerapkan keterampilan tersebut untuk mendapatkan hasil analisis yang relevan. Data scientist akan banyak bekerja untuk mengungkapkan informasi dan insight dalam jumlah besar menggunakan data terstruktur maupun data tidak terstruktur. Dengan analisis berdasarkan data, maka perusahaan bisa memutuskan strategi terbaik yang lebih efektif dan sesuai.


Bagi calon data scientist, ada keterampilan penting yang wajib dikuasai sebelum terjun ke dunia kerja. Keterampilan ini biasanya akan diujikan saat uji kompetensi pada proses rekrutmen. Karena pekerjaan data scientist sangat beragam dan bisa diimplementasikan di bidang apa saja, ada banyak skill yang harus dikuasai oleh calon data scientist. Namun demikian, sebenarnya ada skill basic yang hukumnya wajib dikuasai oleh data scientist karena skill ini nantinya akan digunakan dalam pekerjaan sehari-hari. Penasaran apa saja skill wajib tersebut? Yuk kita bahas bersama!


1. Bahasa Pemrograman

Seorang data scientist harus terbiasa dan akrab dengan coding dan bahasa pemrograman. Hal ini karena dalam pekerjaan sehari-hari data scientist akan banyak menggunakan bahasa pemrograman untuk membangun algoritma, mengotomatisasi pekerjaan agar lebih cepat, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, calon data scientist setidaknya harus menguasai basic-basic bahasa pemrograman. Lalu apa saja bahasa pemrograman yang banyak digunakan oleh data scientist?Dua bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan adalah Python dan R. Survei yang dilakukan oleh Keggle pada tahun 2020 menyatakan bahwa sebanyak 80% responden menggunakan Python dan sisanya menggunakan R.


data scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Machine Learning

Salah satu pekerjaan data scientist adalah mengimplementasikan machine learning. Oleh karena itu, seorang calon data scientist harus menguasai algoritma machine learning yang digunakan untuk mencari pola, anomali, atau insight yang dapat digunakan untuk membangun model analitik. Beberapa algoritma machine learning yang banyak digunakan oleh data scientist dalam pekerjaannya adalah decision tree, random forest, naive bayes classifier, KNN, regresi logistik, regresi linier, K-Means Clustering, dan lain sebagainya.

data scientist


3. Data Wrangling

Lebih dari 80% waktu data scientist dihabiskan untuk mempersiapkan data yang akan dianalisis. Persiapan tersebut bisa berupa pembuatan profil data, cleaning, pemodelan data dasar, dan lain sebagainya. Tujuan data wrangling adalah untuk memastikan kualitas data yang akan digunakan terjamin dan memberikan hasil yang akurat. Selain itu, data wrangling juga terdiri dari manipulasi data untuk memfilter, mengubah, dan menambah data yang akan diolah. Untuk proses ini, biasanya data scientist membutuhkan warehouse data seperti database relasional dan NoSQL, serta platform big data seperti Apache Spark dan Hadoop.

data scientist


4. Statistika

Dalam pekerjaan sehari-hari, data scientist sering kali mengaplikasikan konsep dan teknik statistik. Oleh karena itu, seorang calon data scientist harus memahami konsep dan teknik yang sering digunakan oleh data scientist seperti analisis statistika, kurva distribusi, probabilitas, standar deviasi, varian, dan elemen statistik lain. Hal ini akan membantu data scientist untuk mengumpulkan, mengelola, menganalisis, menginterpretasikan, dan mempresentasikan data.

data scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Yuk Persiapkan Diri Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!

Ingin belajar keempat hal tersebut tapi bingung harus mulai dari mana? Yuk belajar dengan modul dari DQLab! Modul DQLab disusun secara sistematis dan sesuai level sehingga kita bisa belajar mulai dari nol hingga mahir mengaplikasikannya di berbagai bidang industri. Modul DQLab juga dilengkapi dengan live code editor sehingga kita tidak perlu menginstall software tambahan. 


Gimana cara akses modulnya? Gampang! Klik button di bawah ini atau Sign Up melalui DQLab.id dan nikmati modul gratis "Introduce to Data Science" dengan R dan Python serta ebook gratis sebagai pemanasan sebelum meningkatkan skills data scientist!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :