GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 0 Jam 30 Menit 48 Detik 

Top 4 Teknik Analisis Data dan Pengertiannya

Belajar Data Science di Rumah 19-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/42560aa70fe4e1a4db595ae1a511ab32_x_Thumbnail800.jpg

Berdasarkan data dari Accenture, 175 zettabyte data akan ada pada tahun 2025, namun kesenjangan nilai dari data dan ketidakmampuan untuk membuka nilai bisnis dari data tetap ada. Accenture melaporkan bahwa hanya 32% perusahaan yang saat ini dapat mengekstrak data yang mereka miliki menjadi suatu nilai bisnis mereka. Untuk memaksimalkan peluang dari data, organisasi harus menggunakan teknik analisis data dan membuat kasus bisnis untuk strategi analisis data yang dapat membantu mengatasi tantangan. Oleh karena itu perusahaan berbasis data dapat mengekstrak nilai bisnis dari data melalui kecerdikan manusia dan analisis data, proses menarik informasi dan data untuk membuat keputusan berdasarkan informasi. Memahami tentang pengertian teknik analisis data untuk pengolahan data yang lebih baik sangat penting untuk dilakukan. 


Metode dan teknik analisis data berguna untuk menemukan wawasan dalam data, seperti metrik, fakta, dan angka. Umumnya metode utama untuk analisis data dibagi menjadi dua yaitu, teknik analisis data kualitatif, dan teknik analisis data kuantitatif. Teknik analisis data ini dapat digunakan secara independen atau dalam kombinasi dengan yang lain untuk membantu para pemimpin bisnis dan pembuat keputusan untuk dapat memperoleh wawasan bisnis dari berbagai jenis data. Dibawah ini, kami akan membahas top 4 teknik analisis data lengkap dengan pengertiannya baik dari data kualitatif atau kuantitatif. 


1. Regression Analysis

Analisis regresi adalah jenis metode analisis statistik dari kubu data kuantitatif yang digunakan untuk menentukan hubungan antara variabel independen dan dependen. Melalui eksperimen yang melibatkan manipulasi nilai variabel independen, analisis data kuantitatif dapat menilai dampak perubahan pada variabel dependen. Proses ini dapat dituangkan dalam sebab akibat, misalnya variabel independen dapat berupa jumlah yang diinvestasikan individu di pasar saham dengan variabel dependen jumlah total uang yang akan dimiliki seseorang ketika mereka pensiun. Dua jenis utama analisis regresi adalah linear sederhana dan beberapa linear.


Teknik Analisis Data


Baca juga : Cara Implementasi Teknik Analisis Data untuk Text Mining 


2. Hypothesis Analysis

Analisis hipotesis adalah teknik analisis data yang menggunakan data sampel untuk menguji hipotesis. Analisis hipotesis adalah metode uji statistik untuk memvalidasi dan menentukan apakah itu masuk akal atau faktual. Dalam pendekatan ini, seorang analis mengembangkan dua hipotesis - hanya satu dari mereka yang bisa benar. Dua komponen dasar analisis hipotesis adalah hipotesis nol dan hipotesis alternatif.


3. Content Analysis

Penelitian dan analis data dapat menggunakan analisis konten untuk mengidentifikasi pola dalam berbagai bentuk komunikasi. Analisis konten dapat mengungkapkan pola dalam komunikasi yang direkam yang menunjukkan tujuan, pesan, dan efek konten. Analisis konten juga dapat membantu menentukan maksud produsen konten dan dampaknya terhadap audiens target. Misalnya, analisis konten pesan politik dapat memberikan wawasan kualitatif tentang kebijakan ketenagakerjaan di tengah pandemi. Seorang analis dapat mengidentifikasi contoh dimasa kata “pekerjaan” muncul di media sosial, berita dan media lainnya dan berkorelasi dengan istilah lain yang relevan, seperti “ekonomi”, “bisnis”, dan “Main Street”. Seorang analisis kemudian dapat mempelajari hubungan antara kata kunci ini untuk lebih memahami niat kampanye politik dengan pesan-pesannya. 


4. Discourse Analysis

Pesan tidak selalu seperti yang terlihat, jadi “membaca di antara garis”, atau kemampuan untuk menentukan pesan yang mendasari dalam komunikasi, sangat penting. ketika komunikasi, baik lisan atau tertulis, memiliki pesan tidak langsung atau mendasar, itu dapat ditafsirkan dengan satu cara oleh satu kelompok dan dengan cara yang sama sekali berbeda oleh yang lain, berbeda oleh yang lain, berpotensi menyebabkan gangguan dalam wacana sipil. Analisis wacana membantu memberikan pemahaman tentang konteks sosial dan budaya komunikasi verbal dan tertulis sepanjang percakapan. analisis wacana bertujuan untuk menyelidiki konteks sosial komunikasi dan bagaimana orang menggunakan bahasa untuk mencapai tujuan mereka, seperti membangkitkan emosi, menabur keraguan, atau membangun kepercayaan. Analisis wacana menganalisis isyarat verbal dan nonverbal. Misalnya, cara pembicara berhenti pada kata atau frasa tertentu dapat menggunakan wawasan tentang maksud atau sikap pembicara  terhadap frasa itu.


Baca juga : Pengertian Teknik Analisis Data Deskriptif Kualitatif


5. Upgrade Skill Analisis Data di Awal Tahun 2022 Bersama DQLab, Yuk!

Belajar python merupakan langkah awal yang tepat untuk memulai karir sebagai seorang data scientist sehingga skill analisis data dan pengolahan data kamu semakin terasah dengan modul dan materi terupdate yang ditawarkan DQLab. Jika, kebetulan kamu pemula yang ingin belajar seputar dasar statistik dengan pemrograman python atau R tetapi bingung harus mulai belajar dari mana. Sudah coba belajar otodidak, malah overdosis informasi?Jangan khawatir yuk, buruan bergabung bersama DQLab. Kamu tidak akan bingung dengan urusan waktu, karena dengan kursus data science online waktu belajar kamu bisa lebih fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. 


Teknik Analisis Data


Dengan materi-materi yang ditawarkan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan industri, disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan! 



Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita




Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!