Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Topik Course Data Engineer Idaman Pemula, Intip Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 13-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-rabu-04-2023-09-13-171525_x_Thumbnail800.jpg

Seorang data engineer adalah seorang profesional dalam bidang teknologi informasi yang bertanggung jawab untuk merancang, mengembangkan, dan memelihara infrastruktur data yang kompleks dalam suatu organisasi. Tugas utama seorang data engineer adalah mengumpulkan data dari berbagai sumber, mentransformasikannya menjadi format yang sesuai, dan memuatnya ke dalam sistem penyimpanan data seperti basis data, data warehouse, atau sistem penyimpanan data lainnya.


Mereka juga bertanggung jawab untuk memastikan kualitas dan keamanan data serta memungkinkan akses data yang cepat dan efisien untuk analisis. Untuk mengejar karir sebagai data engineer, dibutuhkan suatu skillset yang matang agar nantinya dalam dunia kerja yang sesungguhnya tidak mengalami culture shock saat merampungkan segala tugas-tugasnya.


Dalam mematangkan skillset yang ada, calon data engineer perlu mengikuti course data engineer sebagai salah satu usaha atau effort agar mereka mendapatkan pembekalan secara penuh soal materi, keterampilan, dan praktek secara langsung dan aplikatif dengan real case industry di lapangan.


Course data engineer adalah kursus atau pelatihan yang dirancang untuk membekali seseorang dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menjadi seorang data engineer yang kompeten. Dalam course data engineer biasanya memuat materi atau topik yang diajarkan oleh instruktur berpengalaman sehingga peserta nantinya mendapatkan insight yang bermanfaat untuk keperluan pekerjaan nanti.


Berikut akan dibahas topik yang berkaitan dengan course data engineer. Selengkapnya kamu bisa melihat postingan berikut ini!


1. Pengantar Data Engineering

Pengantar Data Engineering adalah kursus atau materi pembelajaran yang dirancang untuk memberikan pemahaman dasar tentang konsep, teknik, dan praktik dalam bidang Data Engineering. Kursus ini biasanya ditujukan kepada pemula atau mereka yang ingin memahami dasar-dasar pekerjaan seorang data engineer.


Pengantar Data Engineering biasanya merupakan langkah pertama dalam memahami dunia Data Engineering sebelum melanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi dalam kursus atau pelatihan yang lebih spesifik. Hal ini adalah fondasi yang penting bagi siapa saja yang ingin memasuki karir di bidang Data Engineering atau ingin memahami bagaimana data diolah dan dimanfaatkan dalam konteks teknologi informasi dan analitik data.

Data Engineer

Sumber Gambar: DEV Community


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Pemrosesan Data

Pemrosesan data adalah salah satu aspek kunci dalam kursus Data Engineering. Dalam kursus tersebut, mahasiswa atau peserta akan mempelajari berbagai teknik dan konsep terkait pemrosesan data, yang termasuk dalam tahap Transform (T) dalam proses ETL (Extract, Transform, Load).


Pemrosesan data adalah komponen penting dalam pekerjaan seorang data engineer karena memastikan bahwa data tersedia dalam format yang sesuai dan dapat diandalkan untuk analisis lebih lanjut. Dalam kursus Data Engineering, peserta akan belajar bagaimana mengelola data secara efektif dan efisien, sehingga data dapat digunakan untuk menghasilkan wawasan berharga bagi organisasi.


3. Manajemen Data

Manajemen data adalah salah satu aspek kunci dalam kursus Data Engineering. Dalam kursus tersebut, peserta akan mempelajari konsep, teknik, dan praktik terkait dengan manajemen data. Manajemen data adalah elemen kunci dalam peran seorang data engineer karena memastikan bahwa data tersedia, aman, kualitasnya terjamin, dan dapat diakses dengan efisien.


Dalam kursus Data Engineering, peserta akan belajar bagaimana merancang dan mengelola infrastruktur penyimpanan data yang dapat memenuhi kebutuhan organisasi dalam mengelola data mereka.


Baca juga : Data Engineer VS Data Scientist


4. Keamanan Data

Keamanan data adalah prioritas utama dalam dunia teknologi informasi, terutama dalam pengelolaan data yang dapat berisi informasi sensitif dan pribadi. Dalam kursus Data Engineering, peserta akan belajar dan memahami bagaimana cara merancang, mengimplementasikan, dan menjaga tingkat keamanan yang tinggi untuk data yang dikelola oleh organisasi mereka.


Hal ini penting untuk melindungi data dari ancaman dan untuk mematuhi peraturan keamanan data yang berlaku. Dalam kursus tersebut, peserta akan memahami pentingnya melindungi data dari ancaman keamanan dan privasi serta mempelajari berbagai teknik dan praktik untuk menjaga keamanan data.

Data Engineer

Sumber Gambar: LoginRadius


Jika kalian bingung harus belajar dari mana terutama tidak memiliki latar belakang IT, maka tidak perlu khawatir. DQLab bisa menjadi pilihan terbaik kalian untuk memperdalam skill yang dibutuhkan data engineer. Mengapa harus DQLab?

  • Tersedia modul gratis yang bisa diakses sehingga kalian memiliki gambaran struktur modul pembelajaran yang dirancang.

  • Tidak hanya menyediakan pembelajaran bahasa pemrograman Python, DQLab juga dilengkapi pembelajaran R, SQL, dan Excel.

  • Modul pembelajaran disusun sistematis dengan dimulai dari teori atau konsep sampai praktik.

  • Dilengkapi dengan studi kasus beragam industri sehingga kalian terlatih mengaplikasikan data science dimanapun.

  • Tidak perlu install aplikasi coding, karena DQLab menyediakan Live Code Editor yang memudahkan pemula untuk memahami data science.

  • Adanya komunitas dan mentor berpengalaman yang akan membantu kalian ketika kesulitan selama proses belajar.


Bahkan modulnya sudah diintegrasikan dengan ChatGPT. Manfaatnya apa?

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Wah, tunggu apa lagi nih? Dengan keunggulan di atas, kalian akan siap menjadi praktisi data profesional. Yuk, segera berlangganan dan mulai perdalam pemahaman di bidang data. Sahabat DQ tinggal Sign Up di website!


Penulis: Reyvan Maulid



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login